Sabtu, 18 Mei 2024

Genmuda – Siapa bilang kemeriahan Imlek udah berakhir selepas 27 Januari? Berdasarkan kepercayaan masyarakat Tionghoa, kemeriahannya masih bisa dirasain hingga 15 hari berikutnya. Di hari terakhir, festival Cap Go Meh bakal dibuat untuk menutup perayaannya.

Selama hari itu pula, Kawan Muda masih punya kesempatan mengonsumsi makanan di bawah ini karena dipercaya bakal membawa hoki hingga Imlek berikutnya. Mau bener atau engga, Genmuda.com saranin kamu mencobanya karena emang enak. Cekidot.

1. Ikan

via resepdanmasakan.com.
(Sumber: resepdanmasakan.com).

Dalam bahasa Mandarin, pengucapan ikan (Yu/yoo) mirip banget sama pengucapan kata untung. Kabarnya, ikan yang bawa hoki adalah ikan karper (Carassius carassius), ikan mas, dan ada juga yang bilang ikan lele. Lebih hoki lagi kalo makan ikannya sampai dua ekor. Mumpung tanggal muda kan.

2. Dimsum pastel

via chinahighlights.com.
(Sumber: chinahighlights.com).

Makan dimsum berbentuk pastel juga bisa bikin hoki karena bentuk pastelnya mirip banget sama bentuk kepingan perak klasik Tiongkok. Kabarnya, makin banyak dimsum pastel yang dimakan saat suasana Imlek, makin banyak pula rejeki yang bisa diraih sampe tahun depan.

3. Lumpia goreng

via YouTube.com.
(Sumber: YouTube.com).

Lumpia goreng juga merupakan makanan pembawa hoki yang dipercaya masyarakat di timur Tiongkok. Biasanya, lumpianya berisi sayuran, daging, atau kombinasi keduanya. Biar hoki, kulit lumpianya harus digoreng sampe keemasan sebelum disajikan.

4. Wedang Ronde

via resepcaramemasak.info.
(Sumber: resepcaramemasak.info).

Temen kamu yang ngerayain Imlek pasti juga nyediain wedang ronde di rumahnya. FYI, ronde merupakan kue beras yang dibentuk bulat seperti bakso. Di Tiongkok, ukurannya jauh lebih besar dari yang di Indonesia. Dipercaya, makanan itu bisa bikin hubungan keluarga makin erat sepanjang tahun.

5. Kue keranjang

via tempo.co.
(Sumber: tempo.co).

Masyarakat Tiongkok meyakini, pengucapan Bahasa Mandarin kue keranjang (Nian Gao) mirip seperti ucapan “semoga sukses dari tahun ke tahun.” Dipercaya, kue keranjang juga ngebawa hoki bukan cuma dalam bisnis, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari, termasuk percintaan kamu loh.

6. Mie udon

via pergikuliner.com.
(Sumber: pergikuliner.com).

Ada yang bilang namanya mie karet, ada yang bilang mie udon, dan ada yang bilang namanya mie aja. Yang jelas, kebudayaan Tionghoa percaya kalo mie yang engga putus-putus menandakan keberuntungan dan panjang umur bagi siapapun yang memakannya.

7. Jeruk

via khasiat.co.id.
(Sumber: khasiat.co.id).

Sementara itu, jeruk dipercaya bisa bikin hoki karena pelafalannya dalam Bahasa Mandarin mirip pelafalan kata sukses.  Karena itu lah periode-periode Imlek identik juga sama yang namanya jeruk mandarin.

Kawan Muda udah nyobain salah satu dari tujuh makanan di atas belum? Ayo, cepetan dimakan sebelum momen Imleknya lewat. “Semoga jadi makin hoki ya!” (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.