Jum'at, 23 Oktober 2020

Genmuda – Masa remaja dan muda bukan cuma jadi masa yang penuh pesta dan cinta, tapi juga masa perbatasan hadapi dunia dewasa. Maksudnya, ada banyak tuntutan keuangan yang menghantui tiap orang selepas masa mudanya.

Makin menantangnya lagi, Bank Indonesia nunjukin kalo kenaikan harga barang jumlahnya 2,7% hingga 4,5% sepanjang 2016. Itu lebih besar daripada kenaikan gaji pegawai yang dalam setahun aja belum tentu naik, loh.

Buat mengatasi kondisi tersebut, kamu pastinya langsung kepikiran nabung atau malah ngumpulin modal buat bikin usaha sendiri. Bener, kok. Cuma, kamu bisa ngelakuin beberapa hal di bawah ini selain nabung sebagai bentuk perencanaan keuangan di masa depan.

1. Nabung emas

via rahmatmuntaha.wordpress.com.
(Sumber: rahmatmuntaha.wordpress.com).

Meski kamu masih belum mapan banget, engga ada salahnya loh buat nabung emas. Kalo kamu pengen, kamu bisa nabung emas minimal 0,01 gram atau seharga 5 ribuan rupiah di Pegadaian. Serius. Kalo ada duit jajan lebih, beli emasnya diperbanyak aja.

Tiap tahun, tren harga emas bakal naik menyesuaikan kenaikan harga barang loh. Bulan Desember aja, harga jual emas Pegadaian masih sekitar 5.200-5.300 rupiah per 0,01 gram. Pada Minggu (29/01), harganya udah jadi 5.410 rupiah.

2. Asuransi

via riskwisdom.com.au.
(Sumber: riskwisdom.com.au).

Tiap konsultan keuangan yang kamu datengin pasti bakal ngomong betapa pentingnya asuransi, terutama asuransi kesehatan karena sakit engga kenal permisi. Berhubung biaya dokter juga makin mahal, alangkah baiknya pengeluaran tak terduga itu dibayarin asuransi. Pilih aja BPJS kesehatan yang harganya jauh lebih terjangkau biar kantong engga jebol.

3. Dana pensiun

via genmuda.com.
(Sumber: Istimewa).

Meski kamu masih SMA atau kuliah, kamu udah perlu siap-siap bikin yang namanya dana pensiun. Dananya bisa disiapin dengan ngebuka tabungan khusus pensiun atau dengan buka tabungan jangka panjang seperti deposito. Yang jelas, jangan sampe kamu engga punya aset lagi ketika masuk usia produktif.

4. Sertifikasi keahlian

via time.com.
(Sumber: time.com).

Ilmu yang bermanfaat selain bikin kamu dapet pahala juga bisa jadi modal utama di dunia kerja. Sertifikat keahlian yang kamu punya, baik itu berbahasa Inggris, ngitung matematika, atau berorganisasi bisa bikin kamu lebih gampang dapet kerja.

Kathy Robinson, career coach Amerika, dikutip Time.com, Mei 2016, bilang kalo sertifikasi skill yang cocok sama bidang kerja bakal bikin seseorang lebih dilirik sebuah perusahaan. Jadi, engga ada salahnya buat ikut bimbel selagi masih ada kesempatan.

5. Jual-beli ‘barbeku’

via bestfinds.org.
Berdasarkan pengalaman, alat musik adalah barang second yang paling rame diperjual-blikan di forum online. (Sumber: bestfinds.org).

Barbeku adalah singkatan dari barang bekas berkualitas. Kalo kamu pengen dagang di usia muda, barang seperti itu yang harus kamu jual. Kamu bisa masuk forum jual-beli terus beli barang second dengan harga murah dan kamu jual lagi dengan harga lebih tinggi. Lebih aman kan?

Itulah lima hal yang bisa kamu lakuin selain nabung supaya masa depan keuangan kamu semakin cerah. Kalo kamu punya ide investasi lain yang mudah dilakuin anak muda, langsung aja tulis komentar kamu di bawah ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.