Selasa, 16 Juli 2024

Genmuda – Tato sering dianggap sebagai karya seni atau simbol kebebesan ekspresi seseorang. Makanya engga heran kalau ‘karya seni’ yang satu ini ngehits banget di kalangan cowok dan cewek.

Selain alasan di atas banyak juga orang yang beranggapan kalau tato bikin tubuh mereka kelihatan lebih seksi. Engga percaya? Coba aja lo lihat lagi tato Om Becks atau Katy Perry? Hmm… hot banget engga sih gaes? He-he.

Penting benget buat lo tahu, kalau dari zaman dahulu sampai sekarang udah banyak banget analisa ilmiah, maupun analisa gembel buat ngebuktiin manfaat serta alasan orang memiliki tato, termasuk hubungan tato dengan kesejateraan hidup. Loh apa ngaruhnya ya? Jelas ada sob!

(Sumber: Getty Images)

Jadi sebuah studi terbaru dari Texas Tech University berusaha membuktikan hal ini. Mereka menemukan kalau jumlah tato di tubuh perempuan juga berpengaruh pada harga diri mereka. Ini bisa aja terjadi karena berkaitan erat dengan tingkat percaya diri, rasa depresi, atau kecendrungan buat bunuh diri.

Penelitian tersebut juga menemukan kalau cewek yang punya empat tato atau lebih di badan mereka justru memiliki ‘substansi dan secara signifikan memiliki harga diri yang lebih tinggi’ dibandingkan mereka yang punya tato sedikit atau tidak sama sekali.

Dari 2.395 peserta yang dikumpulkan dari enam perguruan tinggi negeri Amerika, 59 persen adalah cewek; 82 persen antara usia 18 dan 20. Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Jerome Koch, berspekulasi kalau tato juga menjadi salah satu upaya untuk mengembalikan rasa percaya diri para cewek.

Sebelumnya ada juga penelitan dari Anglia Ruskin University yang mengatakan kalau orang bertato memiliki tingkat agresifitas verbal, kemarahan, dan pemberontakan secara signifikan dibandingkan mereka yang tidak memiliki tato.

Hmm.. menarik juga ya? Serius engganya, mungkin kamu yang punya tato atau punya cewek/gebetan bertato bisa sharing pengalaman kamu buat Kawan Muda yang lainnya? Silakan aja kasih komentar di bawah ini!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.