Kamis, 29 Februari 2024

Genmuda – Cara kerja badan manusia jauh beda dari cara kerja kendaraan bermotor. Dalam keadaan “tidur,” motor dan mobil gak akan mengonsumsi energi. Tapi, manusia membutuhkannya meski lagi mimpi indah sambil ngorok dan meler di bantal.

Energinya dibutuhin supaya organ macam jantung, paru-paru, otak, dan ginjal punya tenaga penuh untuk melakukan fungsi penting saat tidur. Yaitu, bersihin pikiran, balikin kesegaran, dan pastinya jalanin proses netralisir racun. Efek terbesarnya, kamu sehat.

Itulah sebabnya Kawan Muda sebaiknya jangan ninggalin makan malam. Misalnya takut berat badan melambung, tinggal kurangi porsi dan percepat waktu makan, misalnya dari pukul 21.00 ke pukul 17.00. Selain itu, lakuin beberapa hal ini biar efek makan malam lebih terasa.

1. Makan bareng lebih enak

via Istimewa
Nyatanya, Sushi dan Sashimi juga bisa bikin kamu cacingan. (Sumber: Istimewa)

Penelusuran TheAtlantic.com, 2014, bilang bahwa makan bersama keluarga punya efek positif. Menurut data, pemuda yang sering makan bareng bokap, nyokap, sodara, atau semuanya, punya prestasi terbilang bagus di kampus.

Sementara itu, anak-anak yang lebih sering makan sendirian daripada bareng cenderung lebih sering cabut kelas cuma karena malas. Udah gitu, mood-nya juga gak karuan.

Argumennya, makan malem sama keluarga ngasih kesempatan seseorang buat curhat colongan. Dengan begitu, beban batin bakal tersalurkan keluar. Sebagai gantinya, dia dapat banyak masukan.

2. Atur menu makan malam dengan ini

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Biar tubuh bisa berfungsi dengan baik saat tidur, Kawan Muda harus pilih-pilih asupan makanan supaya tetap bergizi seimbang. Kalo bingung, coba makan malam pakai menu di bawah ini:

  • Yoghurt polos
  • Buah ceri
  • Selai kacang + roti gandum utuh
  • Protein (kalau kamu sempat berolahraga)
  • Pisang
  • Susu
  • Kacang almond
  • Sereal berserat (bukan yang manis)

Bahan-bahan makanan di atas mengandung serat, protein, karbohidrat, bakteri baik, kalsium, vitamin, dan antioksidan yang dibutuhin banget.

3. Jangan makan berlemak

©Genmuda.com/2018 TIM
©Genmuda.com/2018 TIM

Misalnya kamu gak bisa memperoleh menu sehat pada poin 2, gak ada salahnya makan menu lain. Seperti bubur kacang ijo pakai roti, wedang jahe, atau nasi goreng secukupnya.

Apapun boleh dimakan saat makan malam, kecuali makanan berlemak. Soalnya lemak bikin kamu kayak mabuk. Badan bakalan terasa berat, susah melek, dan kelelahan keesokan paginya. Kenapa begitu, karena sistem  pencernaan kamu bekerja ekstra keras sehingga kelelahan tanpa sadar.

4. Ngemil sebelum tidur

via IG @surabayasnowcake
(Sumber: IG @surabayasnowcake)

Serius! Pembawa acara sekaligus konsultan diet Food Network, Ellie Krieger bilang, ngemil malam-malam itu dibutuhin. Supaya apa? Supaya kamu mengantuk dan bisa tidur tanpa insomnia.

Tapi, perlu diingat bahwa makanan yang dimakan harus yang minim lemak. Rasanya juga harus yang tawar, kecuali rasa manisnya berasal dari buah. Terus, porsi makan malam juga harus dikurangi.

5. Minum air madu

via dabur.com
(Sumber: dabur.com)

Saat lidah mulai memaksa kamu untuk ngopi apalagi makan yang manis-manis, cepat-cepat seduh air madu. Tambah lemon, maka rasanya lebih sedap. Kenapa madu dibolehin padahal manis? Karena manis gula lebih jahat daripada manis madu. #aih. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.