Jum'at, 12 April 2024

Genmuda – Pasti kamu sering liat kan cewek yang pake masker wajah tapi mendadak serem karena wajahnya kayak ada busanya gitu. Nah, itu yang disebut “Bubble Mask” asal Korea Selatan yang lagi viral banget di dunia maya. Bahkan brand kosmetik ternama kaya e.l.f pun ngeluarin jenis masker busa ini loh!

Eits, meskipun keliatan aneh manfaat maskernya bisa membersihkan pori-pori wajah kamu dari noda, minyak, hingga sisi makeup yang masih menempel. Kalo dipake secara rutin, wajah kamu akan jadi lebih bersih, dan mengkilap kayak eonni di drama Korea.

Lebih lanjut, masker viral ini bereaksi saat terkena oksigen. Sehingga ketika dipakai otomatis bikin busa-busa kecil yang bisa membantu si komposisi masker lebih menyerap ke dalam kulit. Jadi gak cuma buat lucu-lucuan atau kekinian doang, ya.

“Bubble Mask” juga bukan satu-satunya masker aneh yang ada di dunia kecantikan, karena sebelumnya udah ada 5 masker “aneh” yang layak kamu coba di rumah!

1. Mud mask (masker lumpur)

via: Style Craze
(Sumber: Style Craze)

Bukan terbuat dari tanah yang kena air terus jadi lumpur ya, tapi lumpur ini adalah lumpur dari laut mati. Lumpur mineral alami ini juga diambil dari tanah liat, vitamin E, tanaman ayurvedic, dan antioksidan.

Sama kayak bubble mask, masker lumpur bikin pori-pori wajah kamu lebih bersih dan mengurangi minyak. Kegunaan lainnya adalah untuk melembabkan dan mencerahkan kulit karena kandungan antioksidan tadi. Vitamin E-nya berfungsi buat menjaga kesehatan dan keelastisan kulit kamu.

2. Caviar mask (masker telur ikan)

via: Nifymag.com
(Sumber: Nifymag.com)

Setelah lumpur, sekarang giliran kaviar alias telur ikan. Iya, gak salah kok. Bahan yang biasanya dijadiin makanan dan vitamin ini ternyata punya khasiat ampuh buat kecantikan wajah. Menurut seorang ahli kulit, kaviar punya antioksidan yang bisa menjaga kulit dari bahaya sinar UV-A dan UV-B.

Kandungan Omega 3 dan Omega 6 di dalam telur ikan bisa menyeimbangkan kulit, menghindari peradangan kulit, dan menstimulasi pembentukan kolagen sehingga meminimalisir timbulnya kerutan di wajah.

3. Green tea mask (masker teh hijau)

via: bellevuemassagespa.com
(Sumber: bellevuemassagespa.com)

Ini juga asalnya dari negeri gingseng, girls! Teh hijaunya bukan berbentuk bubuk teh yang langsung dikasih air ya, tapi masker ini bener-bener ngasih kamu serpihan-serpihan teh hijau sesungguhnya.

Masker hydrogel ini telah dibuat sedemikian rupa dengan serpihan daun teh hijau alami, supaya hasilnya lebih maksimal ketika diaplikasikan ke wajah. FYI, teh hijau kaya akan kandungan antioksidan alami yang memberikan sensasi dingin dan dapat menyamarkan luka bekas jerawat.

4. Sulfur mask (masker belerang)

via: Pinterst
(Sumber: Istimewa)

Selain jadi campuran di tempat pemandian air panas untuk menyembuhkan penyakit kulit, belerang bisa dijadiin sebagai masker untuk wajah. Spesialisasinya sendiri adalah untuk kulit yang berjerawat akut.

Sebuah penelitian tahun 1981 dilakukan dengan membandingkan kulit berjerawat yang dimasker dengan belerang dan tanpa belerang. Hasilnya, masker belerang bekerja lebih baik dari untuk wajah berjerawat dibanding masker tanpa belerang.

Tapi perlu diperhatikan juga, masker belerang ini gak bisa dibarengi sama produk lainnya. Pencampuran produk yang gak tepat malah bisa bikin kulit kamu iritasi dan menambah jerawat.

5. Clay mask (masker tanah liat)

via: naturalbeautytips.co
(Sumber: naturalbeautytips.co)

Mirip-mirip masker lumpur, masker ini terbuat dari tanah liat yang berfungsi menghaluskan kulit. Terbuat dari campuran air soda, tanah liat, dan ekstrak daun centella, khasiatnya bisa menghilangkan minyak, komedo, makeup, dan sel kulit mati di permukaan kulit hingga ke pori-pori bagian dalam.

Masker tanah liat juga efektif buat kulit berminyak dan kombinasi. Soalnya tanah liat bekerja buat mengeluarkan minyak dan kotoran lain, sambil memberikan nutrisi buat kulit dengan ekstrak tumbuhan.

Pokoknya biarpun masker-masker di atas aneh, khasiatnya tetep sama loh buat kecantikan kamu. Kamu udah pernah coba yang mana nih? Kasih tau Genmuda.com dong!

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.