Minggu, 25 Februari 2024

Genmuda – Hayo ngaku, siapa yang perasaan baru sebentar isi kuota internet buat handphone tau-tau udah abis dalam beberapa hari? Jangan kebiasaan kayak gini nih, nanti pengeluaran kamu malah membengkak terus karena harus isi paket kuota, lagi dan lagi. Jadi sayang kan?

Nah, buat menjaga penggunaan kuota internet, lebih baik kamu unduh nih aplikasi keluaran Google yang terbaru, yaitu Google Triangle. Perusahaan raksasa Google baru-baru ini meluncurkan aplikasi terbarunya, yang bisa ngasih tau penggunaan konsumsi data yang dipake sama penggunanya.

Image result for google triangle

Lagi diuji di Filipina dengan menggandeng dua operator selular besar di sana yaitu Global dan Smart, nyatanya aplikasi ini bisa menunjukkan aplikasi apa aja yang ngambil banyak konsumsi data, baik di home, maupun di background. 

“Kita sekarang masih menguji aplikasi ini di Filipina dengan tujuan membantu pengguna dalam mengatur penggunaan mobile data mereka. Tapi kami masih belum punya informasi lebih lanjut buat diumumin,” kata salah satu perwakilan Google, yang dilansir dari TechCrunch.

Terus gimana cara kerja si Google Triangle ini?

Image result for google triangle filipina

Google Triangle ini bakal bertindak sebagai Data Saver dengan membatasi aplikasi tertentu supaya gak terus-terusan online selama lebih dari 10 atau 30 menit. Ini jelas bakal menghemat penggunaan paket data atau kuota kamu.

Di percobaan yang dilakukan di Filipina, Google ngasih 100 GB data sebagai hadiah buat para pengguna kartu Smart dan Globe di sana. 100 GB data yang dikasih secara cuma-cuma sama Google ini merupakan ‘hadiah’ awal dan bakal dikasih lagi ke penggunanya yang udah melakukan registrasi.

Di tampilannya awalnya, kamu bisa tau tuh berapa jumlah data yang udah kamu pake. Di situ juga ada keterangan berapa aplikasi yang si Google Triangle ini udah di-block penggunaan datanya. Kamu juga bisa nih dapet ‘reward’ dari si aplikasi ini, dengan tinggal masuk aja ke menu yang ada gambar hadiahnya.

Bukan baru kali ini aja Google ngasih aplikasi pengirit data…

via: giphy

Sebelumnya, Google juga ngasih kemudahan para penggunanya buat mengirit penggunaan kuota internet secara efisien, namanya ‘Data Saver’. Data Saver untuk Chrome ini ngebantu mengurangi jumlah data dari pengguna Chrome untuk ‘me-load’ halaman situs secara lebih cepat. Pengguna juga bisa tau berapa jumlah data atau kuota yang udah mereka hemat.

Walau belum resmi beredar di negara lain, namun aplikasi ini udah tersedia di berbagai situs online bagi pengguna Android. Kalo kepo buruan aja coba sendiri. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.