Selasa, 28 Mei 2024

Genmuda – Hal-hal sepele yang biasanya kamu lakuin ke rambut yang masih basah, sebenernya gak baik loh buat kesehatan rambut itu sendiri. Ngaku deh, kamu pasti pernah kan langsung tidur dengan keadaan rambut masih basah? Atau mungkin, kamu pasti pernah deh ngebungkus rambut kamu sama handuk?

Ternyata, kebiasaan-kebiasaan receh itulah yang harusnya kamu kurang-kurangi. Kesehatan rambut dan kepala kamu juga mesti diperhatiin ya gengs! Dan catet nih, 7 hal yang gak boleh kamu lakuin ke rambut ketika kondisinya lagi basah.

1. Dibungkus pake handuk

Ngaku, ini sering banget kita lakuin. Niatnya sih supaya cepet kering dan airnya gak netes kena baju. Etapi, Kawan Muda tau gak kalo hal ini tuh bisa ngerusak rambut kamu? Serius lo? Ya, serius lah!

Bahan handuk yang kasar ternyata bisa bikin rambut kamu gampang patah ketika dibungkus. Oleh sebab itu, para ahli kesehatan menganjurkan untuk menggunakan handuk berbahan katun untuk mengeringkan rambut basah.

2. Disisir

Emang sebenernya lebih gampang buat menyisir rambut yang kusut ketika lagi dalam keadaan basah. Tapi nyatanya, banyak penata rambut yang setuju kalo menyisir rambut dalam keadaan basah akan bikin rambut kamu rontok.

Solusinya, coba deh buat ngeringin dulu rambut kamu dan sisir dalam keadaan setengah kering. Hindari juga sisir yang jaraknya terlalu kecil. Justru sisir dengan sekat besar lebih gampang mengatasi rambut kusut.

3. Dikuncir

Ketika rambut dalam keadaan basah, elastisitas rambut pasti dalam keadaan yang maksimal, jadi ketika lagi basah-basahnya terus kamu kuncir maka rambut kamu bakal lebih mudah patah. Kalo kamu gak betah, sebaiknya angin-anginin aja dulu di tol hair dryer biar cepet kering, baru deh dikuncir.

4. Pake alat keriting atau pelurus rambut

Ngeritingin atau ngelurusin rambut kamu pake alat yang jelas-jelas panas bisa bikin rambut kamu rusak. Kalo kamu ngerasa buru-buru dan mesti nyatok rambut kamu dalam keadaan basah, mending gak usah ya. Hal ini sama juga berlaku saat pake hair dryer yang terlalu panas. Niatnya sih pengen rambut kamu cepet kering, tapi ini malah bisa bikin rambut kamu kering dan rusak.

Intinya, pakai alat untuk rambut yang masih basah itu gak baik, karena sama aja kayak lagi manggang rambut kamu sendiri. Emang mau rambutnya gampang patah dan cepet botak?

5. Pake masker rambut

Banyak yang ngegunain masker rambut dalam keadaan basah. Faktanya hal ini gak cukup efektif loh supaya kandungan maskernya meresap ke rambut. Buat memaksimalkan efek dari masker rambutnya, coba keringin dulu rambut kamu sebelum kamu mengaplikasikan produk favorit kamu.

6. Pakai kebanyakan produk

Terlalu banyak pake produk rambut dalam kondisi basah sama aja kayak nyampurin minyak sama air. Gak akan nyampur dan PERCUMA AJA. Sebaliknya saat kamu pake produk kayak vitamin rambut jangan langsung keringin pake hair dryer, karena akan menghilangkan khasiat vitaminnya. Jadi jangan terlalu banyak mengaplikasikan produk-produk tambahan lain di rambut kamu ketika dalam keadaan basah ya.

7. Langsung tidur

Emang sih kalo mandi dan sampoan dulu sebelum tidur itu seger banget. Apalagi kalo mandinya pake air hangat. Namun jangan biarin rambut kamu basah sebelum tidur ya. Kenapa? Karena selain bikin kamu kedinginan, tidur dengan rambut yang masih basah akan bikin rambut kamu kusut di pagi harinya.

Gimana? Setelah baca tulisan ini jangan sampe ngulangin kebiasaan buruk di atas ya!

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.