Minggu, 20 September 2020

Genmuda – Engga kerasa tiba-tiba udah weekend lagi aja nih, Kawan Muda. Kalau udah hari Sabtu kayak gini, enaknya sih kalau mau beraktivitas sambil nyantai ya mending berenang aja (kalau engga ujan).

Sama kayak jenis olahraga lain pada umumnya, renang pada dasarnya memang punya sejumlah manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga kamu. Mulai dari bikin rileks dan ningkatin mood sampai ngebantu ngelatih jantung dan paru, semua bisa kamu peroleh dengan berenang secara rutin.

Namun demikian, ada satu hal penting lagi yang perlu kamu tahu, Kawan Muda. Di sisi lain, renang juga bisa jadi bumerang buat kamu loh. Lebih tepatnya, bukan olahraganya yang bermasalah, tapi justru tempat kamu ngelakuin olahraga tersebut alias kolam renangnya yang perlu kamu waspadain.

Lah, emangnya ada apa, kenapa, mengapa sama kolam renang? Well, kolam renang ternyata jauh lebih jorok dari yang kamu kira. Kolam renang yang dimaksud di sini adalah fasilitas kolam renang umum, yang antara lain terdiri dari pemandian air panas, Jacuzzi di tempat nge-gym, dan taman air.

FYI, sebuah ulasan terbaru dari Centers for Disease Control udah ngelibatin 84 ribu pemeriksaan terhadap 48.632 fasilitas kolam renang umum di seluruh Amerika Serikat. Siapa sangka, sekitar 80% dari pemeriksaan tersebut nemuin seengganya satu pelanggaran kesehatan — kayak misalnya tingkat pH atau desinfektan yang berbahaya — dan masalah dengan peralatan keselamatan kolam renang.

Dengan demikian, saat kamu masuk ke kolam renang umum, kamu sebenarnya engga usah heran lagi kalau (amit-amit!) tiba-tiba mata dan kulit kamu ngalamin iritasi atau kamu bahkan sampai ngalamin infeksi. Meski begitu, mengingat riset tersebut diadain di Amerika Serikat, ya semoga aja hal serupa engga terjadi di Indonesia, apalagi lebih buruk dari itu. *berdoa keras* *finger crossed*

Tapi, kalau kamu mau lebih aman, mending kamu melipir berenang di kolam renang di rumah teman kamu aja, Kawan Muda. Lebih bagus lagi sih kalau kamu beli atau pinjam kolam renang karet buat berenang di rumah kamu sendiri. Sementara itu, misalnya kamu berencana liburan ke Amerika, sekalian aja deh kamu langsung berenang di laut dari pada di kolam renang umum. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer