Selasa, 23 April 2024

Genmuda – Baru aja 2 hari yang lalu Instagram memperbaharui fiturnya, hari ini aplikasi tersebut juga bikin sesuatu yang baru lagi, loh! Kalo kemarin yang diperbaharui adalah fitur Direct Messagenya, maka hari ini Instagram memperbaharui fitur Instastory atau Snapgram­-nya.

Dari awal kemunculan fitur ini di tanggal 2 Agustus 2016, Instagram memperkenalkan fitur barunya ini dengan nama Instagram Stories, atau yang sekarang lebih sering kita sebut dengan nama Instastory. Walaupun banyak yang bilang kalo fitur ini terlalu menyamai Snapchat dalam banyak hal, tapi nyatanya banyak kok penggunanya yang suka sama fitur baru ini.

Dengan tujuan awalnya biar para penggunanya engga kebanyakan posting di akun pribadi mereka, akhirnya Instagram bikin fitur Instagram Stories ini. Seperti yang kita tau, fitur ini memberikan kita kebebasan buat posting kegiatan kita, lewat gambar, dan video dengan tanpa batasan. Semua foto dan video pun akan terhapus dengan sendirinya dalam rentang waktu 24 jam.

Engga cuma sampe situ aja. Instagram terus menambahkan hal-hal menarik yang bisa kita lakuin sama fitur Instastory ini. Mulai dari bikin “Boomerang”, yang semula cuma bisa kita bikin lewat aplikasi yang terpisah dari Instagram itu sendiri.

Terus di saat yang bersamaan, kita juga bisa mention nama temen kita di Instastory tersebut pake fitur “Mention” dengan tinggal tambahin “@” disebelum namanya. Salah satu gebrakan baru yang dibikin sama Instagram adalah fitur “Live Video”, dimana kita bisa siaran Live, langsung di fitur Instastory kita.

via: Giphy

Nah semenjak itulah Instagram terus menerus melengkapi fitur Instastory, seperti penambahan opsi stiker. Stiker ini gak cuma berisikan emoji atau emoticon aja, tapi juga tentang lokasi, jam, suhu dan stiker lainnya yang berhubungan sama hari, misalnya “TGIF” di hari Jumat dan “It’s Saturday” di hari Sabtu.

Dan hari ini, 14 April 2017, Instagram memperbarui lagi fitur Instastory-nya di bagian stiker. Coba deh sekarang kamu buka Instastory kamu dengan cara swap ke kanan di home feed. Then, take a selfie! Kalo udah, kamu tap di bagian stikernya ya. Udah? Kalo udah, di pilihan stiker-stiker itu akan ada yang lambangnya kamera, langsung kamu tap di situ.

Di fitur ini kamu bisa selfie sekaligus pake selfie foto kamu itu sebagai stiker. Engga dibatasi berapa foto yang bisa kamu ambil di fitur ini, dan foto kamu itu pun bisa diganti-ganti frame-nya. Bisa bentuknya bulat dan juga kotak. Wah, seru ya!

Fitur lain yang diperbaharui selain stiker ini adalah fitur “Hands Free”. Kalo biasanya kamu langsung rekam video selama 20 detik tanpa ada count down-nya, sekarang kamu bisa loh ubah pengaturannya. Caranya, kamu tingal tap yang agak lama di tombol “Hands Free” kamu, terus udah deh, akan ada hitungan mundur dari 3… 2… 1, baru si “Hands Free” tadi akan mulai merekam. Jadi sebelum kamu ngerekam, kamu bisa tuh siap-siap dulu dalam 3 hitungan itu, baru bikin video yang ciamik.

A post shared by Instagram (@instagram) on


Jadi gimana nih menurut kamu soal pembaharuan fitur di Instastory ini? Seru kan? Segera update Instagram kamu an mulai seru-seruan pake fitur ini ya, guys! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.