Minggu, 17 Januari 2021
Kekinian

Babak Penyisihan Regional Pertama Startup World Cup Digelar, Saatnya Startup Indonesia Buktikan Diri pada Dunia

Acara peluncuran Startup World Cup 2017 di Jakarta, Jumat (22/7) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Genmuda – Perusahaan modal ventura yang berbasis di Silicon Valley, Amerika Serikat, Fenox Venture Capital (Fenox VC) mulai nyelenggarain babak penyisihan regional Startup World Cup nih, Kawan Muda. Indonesia pun dapat kehormatan sebagai negara pertama dari rangkaian tersebut.

Startup World Cup 2017 (SWC) merupakan konferensi dan kompetisi global yang diselenggarain di Indonesia, Jepang, Cina, Israel, Australia, Republik Ceko, India, Chili, Inggris, Afrika Selatan, Taiwan, dan Amerika Serikat (Texas, Boston, dan Silicon Valley). Nantinya, pemenang regional bakal berkompetisi di babak final di Silicon Valley, Amerika Serikat pada 24 Maret 2017 mendatang.

Menariknya, Startup World Cup diluncurin di Jakarta, Indonesia, yang dianggap sebagai penghubung wirausaha terbesar di Asia Tenggara. Startup World Cup Indonesia sekaligus jadi realisasi kerja sama antara Fenox VC dan Badan Kreatif Ekonomi Indonesia (BEKRAF). Kerja sama itu pun berperan sebagai katalis bagi ekosistem bisnis wirausaha di Indonesia dalam rangka ningkatin angka pengusaha startup yang lagi berkembang supaya bisa sukses di skala regional dan global lewat SWC.

Kepala Startup World Cup 2017 sekaligus General Partner dan CEO Fenox VC, Anis Uzzaman di acara peluncuran Startup World Cup 2017 di Jakarta, Jumat (22/7) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Kepala Startup World Cup 2017 sekaligus General Partner dan CEO Fenox VC, Anis Uzzaman di acara peluncuran Startup World Cup 2017 di Jakarta, Jumat (22/7) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

“Kami mau menciptakan kesempatan yang dimulai dari Jakarta, Indonesia,” kata Kepala Startup World Cup 2017 sekaligus  General Partner dan CEO Fenox VC, Anis Uzzaman di acara peluncuran Startup World Cup 2017 di Jakarta, Jumat (22/7).

Ini juga kesempatan untuk membuktikan negaramu… Potensi dunia startup di indonesia sangat besar. Program ini juga dimaksudkan untuk mendukung local entrepreneur,” tambahnya.

FYI, pendaftaran Startup World Cup 2017 udah dimulai dari tanggal 21 Juni yang lalu di situs resmi startupworldcup.io. Anis berharap bakal ada lebih dari 750 startup Indonesia maupun negara Asia Tenggara lainnya yang ngedaftar sebelum 10 Agustus. Total 10 peserta terbaik dari tiap regional kemudian bakal diundang buat presentasi di hadapan sejumlah juri internasional ternama dan berkesempatan buat menangin hadiah satu juta dolar (sekitar 14 miliar Rupiah).

Namun demikian, para pemenang regional Startup World Cup 2017 sebenarnya bakal dapat banyak hal berharga lainnya di samping dana investasi. Lewat ajang kompetisi tersebut, mereka bisa ngebangun koneksi dengan investor potensial maupun sesama pelaku startup dari berbagai negara lainnya serta ngedapetin pengetahuan seputar startup dan pengembangan bisnis dari sejumlah narasumber yang udah berpengalaman di bidangnya.

Founder & CEO HijUp.com, Diajeng Lestari di acara peluncuran Startup World Cup 2017 di Jakarta, Jumat (22/7) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Founder & CEO HijUp.com, Diajeng Lestari di acara peluncuran Startup World Cup 2017 di Jakarta, Jumat (22/7) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Nah, terkait dengan keterlibatan Indonesia di Startup World Cup 2017, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf berpendapat bahwa Indonesia punya potensi yang besar dan Startup World Cup 2017 bisa jadi salah satu sarana pengembangan Generasi Muda di 16 subsektor ekonomi kreatif. “Jaman saya dulu belum ada yang kayak begini. Sekarang ini sudah luar biasa percepatan dan perubahannya. Bagi saya ini mengerikan karena sangat menantang, tapi pasti ada hasilnya,” ujarnya.

Senada dengan Pak Triawan, Founder & CEO HijUp.com, Diajeng Lestari, juga yakin bahwa Indonesia memang punya potensi startup yang besar. “Saat saya di San Fransisco, bakat-bakat Indonesia sangat kompetitif dan difavoritkan mentor-mentor di sana. Bakat-bakat indonesia sangat brilian, cuma kita mungkin butuh sistem pendukung yang lebih banyak. Kita harus mencoba menyebar ilmu ke daerah-daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam rangka ngedukung penyelenggaraan Startup World Cup 2017 di Indonesia, bakal ada roadshow mulai dari tanggal 24 sampai 29 Juli di enam kota di Tanah Air, yaitu Yogyakarta, Balikpapan, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar. Babak pitching-nya sendiri bakal diadain pada 23 Agustus di Teater Nusa Indah, Balai Kartini, di mana para peserta harus presentasi di hadapan sejumlah juri top, termasuk Pak Triawan.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf di acara peluncuran Startup World Cup 2017 di Jakarta, Jumat (22/7) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf di acara peluncuran Startup World Cup 2017 di Jakarta, Jumat (22/7) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

JSYK, Pak Triawan secara khusus yakin bahwa kita punya kekuatan pasar yang luar biasa buat bisa bersaing dengan para peserta dari negara lain di Startup World Cup 2017. “Ide apapun yang bagus kalau diluncurkan di Indonesia, itu akan jadi karena pasar kita besar. Pasar Indonesia yang besar ini bisa menjadi bahan bakar untuk ide-ide yang lahir di sini. Kalau kita berhasil melahirkan dan meluncurkan ide di sini, itu bekal yang luar biasa untuk kita ke luar negeri,” jelasnya saat ditemui Genmuda.com.

Meski begitu, engga lupa pula Pak Triawan ngingetin para pemilik startup supaya bisa tetap bersaing dan ngembangin bisnisnya dengan cerdas. “Kegiatan ini sebenarnya memperkenalkan kepada para anak muda seperti apa di luar yang sudah maju. Jangan lupa, ide-ide kita di sini untuk mereka di luar negeri itu merupakan tambang emas juga. Jadi, jangan begitu mudah juga kita nanti ‘menjual diri’, harus pintar-pintar. [Startup World Cup 2017] ini mengajarkan kepintaran itu,” tandasnya.

So, buat kamu yang lagi ngembangin startup, tertarik buat ikutan Startup World Cup 2017, Kawan Muda? Buruan daftar mumpung masih ada waktu. Sayang banget loh kalau kesempatan besar tersebut kamu sia-siain begitu aja. Selamat mencoba! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer