Senin, 1 Juni 2020

Genmuda – Apple baru aja merilis iPhone anyar mereka, iPhone XR, XS, dan XS Max pada acara Apple Event di Apple Campus, AS, Rabu (12/9) pagi waktu setempat. Sekilas tampilan ketiganya emang gak jauh beda sama iPhone X, baik dari segi bezeless edge-to-edge dan notch, sampe posisi vertikal untuk kamera utamanya.

Tapi apa aja sih keunggulan dari tiga lini terbaru iPhone tersebut? Nih, Genmuda.com rangkum ulasannya buat Kawan Muda.

iPhone XS dan XS Max

via: www.digitaltrends.com
(Sumber: digitaltrends)

Sama dengan seri iPhone Plus, perbedaan signifikan antara XS dan XS Max ada pada ukuran layar, sebesar 5,8 inci dan 6,5 inci dengan mengusung panel OLED. Selain itu pula kapasitas baterai XS Max diklaim 1 jam lebih lama ketimbang XS.

Badan iPhone XS dan XS Max dilapisi sama stainless steel dan kaca. Keduanya dibekali sama prosesor paling canggih dari Apple, yaitu A12 Bionic. Menurut SVP Worldwide Marketing Apple, Phill Schiller, kinerja A12 bikin iPhone XS dan XS max mampu menjalankan iOS 12 secara maksimal.

Untuk kamera depan keduanya menggunakan kamera beresolusi 7MP dan kamera belakang dengan kamera ganda 12MP yang udah dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization dan sensor baru.

Keduanya hadir dalam tiga pilihan kapasitas memori, 64 GB, 256GB dan 512 GB. Dalam acara pihak Apple juga bilang bahwa iPhone XS Max akan mendukung Dual SIM khusus wilayah China.

Harga yang ditawarin emang gak beda jauh dari harga debut iPhone X tahun lalu, yaitu 999 dollar AS sekitar Rp 14,7 juta untuk iPhone XS dan 1.099 dollar AS sekitara Rp 16,2 juta untuk iPhone XS Max.

iPhone XR

via: techcrunch
(Sumber: Tech Crunch)

Badan iPhone XR menggunakan alumunium dengan layar LCD 6,1 inci, lebih besar sedikit dari XS. Untuk dapur pacu XR juga udah diusung oleh prosesor A12 Bionic.

Namun demikian, kamera utama XR cuma mengusung satu kamera dengan resolusi 12 MP dan kamera depan 7 MP. Biarpun demikian, Schiller bilang bahwa iPhone XR mampu melakukan fitur Portrait Mode seperti yang ada pada kamera ganda di iPhone X.

iPhone XR hadir dalam tiga pilihan kapasitas memori, mulai 64GB, 128GB, dan 256GB. Perangkat ini pun mendukung Dual SIM. Karena diklaim sebagai iPhone entry-level perangkat ini dijual dengan harga lebih murah, yaitu 749 dollar AS sekitar Rp 11 juta.

iPhone XS dan XS Max baru akan mulai nongol di Amerika Serikat pada 21 September 2018. Sedangkan untuk XR dirilis satu bulan kemudian, mulai 26 Oktober 2018. Tentunya Kawan Muda yang mau membelinya secara resmi di Indonesia harus lebih bersabar.

Ada hikmah buat kamu yang pengen ganti iPhone

via Apple
Sumber: Apple

Kehadiran ketiga perangkat baru itu juga membuat Apple menghentikan penjualan tiga iPhone mereka, yaitu iPhone X, iPhone SE, dan iPhone 6s dalam situs resmi Apple. Kebijakan itu baru berlaku di pasar Amerika dan kemudian bertahap ke pasar Asia.

Dengan demikian makan harga ketiganya (iPhone X, iPhone SE, dan iPhone 6s) bakal lebih murah. Barangkali kamu mau ganti iPhone, gak ada salahnya loh buat meminang salah satu dari iPhone tersebut. He-he.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.