Jum'at, 23 Oktober 2020

Genmuda – Setelah 22 tahun berbakti untuk Arsenal, pelatih Arsene Wenger akhirnya memastikan untuk cabut dari Arsenal. Hal ini dikabarkan Wenger lewat situs resmi Arsenal, Jumat (20/4).

“Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati dan berdiskusi dengan klub, saya merasa saat ini adalah waktu yang tepat untuk mundur di akhir musim. Saya merasa bangga bisa melayani klub selama bertahun-tahun yang penuh kenangan,” ungkap Wenger.

Sebelumnya, pelatih 68 tahun itu emang sering didesak mundur oleh fans lantaran The Gunners belum pernah lagi merasakan gelar liga Inggris sejak musim 2003-2004. Meski The Professor sempat menyumbang gelar piala FA dan Community Sheild, namun banyak fans yang masih belum puas, bahkan menyerukan hashtag #WengerOut.

Berdasarkan sisa kompetisi Opa Wenger bareng Arsenal, gelar paling realistis untuk anak-anak London Utara menangin adalah Piala Europa sekaligus menyelamatkan satu-satunya peluang untuk tampil di Liga Champions musim depan. Arsenal pun masih melaju ke semi final dan akan bertemu dengan lawan kuat, Atletico Madrid.

Sambil menunggu apakah gelar tersebut bisa menjadi trofi terakhir dari Opa Wenger, sekarang Genmuda.com bakal bahas siapa aja yang kandidat kuat pengganti Wenger di Arsenal musim depan. Berikut ulasannya.

1. Patrick Vieira

via: Daily Echo
(Sumber: Istimewa)

Opa Wenger udah ngasih kode keras kalo mantan pemainnya ini dianggap paling pas buat jadi penggantinya di Emirates Stadium. Selama sembilan tahun di Arsenal, Vieira pernah merasakan tiga gelar piala Liga Inggris dan tiga piala FA.

Menurut The Professor, kepiawaian Vieira meracik squad di New York City FC dianggap sangat sesuai dengan filosofi Opa Wenger yang lebih mengembangkan pemain muda, ketimbang membeli ‘pemain jadi’. Kira-kira apakah sang legenda tergoda bersaing di Liga Inggris, ya?

2. Thomas Tuchel

via: Reuters
(Sumber: Reuters)

Entah kebetulan atau emang filosofi kedua tim mirip-mirip, tapi yang jelas dua mantan pelatih Borussia Dortmund, Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel selalu masuk dalam daftar pelatih untuk anak-anak muda Arsenal. Karena Klopp udah menangani Liverpool, maka nama paling ideal adalah Tuchel.

Tuchel sebelumnya dipecat oleh Dortmund pada bulan Mei lalu. Sejumlah kabar menyebut jika pelatih asli Jerman itu udah dideketin oleh PSG meski belum ada keterangan resmi. Karena sepakbola udah jadi bisnis, bisa aja PSG ditikung sama Arsenal.

3. Joachim Low

via: Reuters
(Sumber: Reuters)

Ini gak kalah seru, gengs. Misalnya Arsenal gagal mendapatkan Vieira atau Tuchel, ada nama pelatih Timnas Jerman, Joachim Low yang masuk dalam radar Arsenal. Meski terbilang agak sulit, tapi misi itu bukan enggak mungkin, loh.

Seenggaknya tim Meriam London harus sabar menunggu selesainya Piala Dunia 2018 di Rusia, sambil berharap Jerman kalah dan sang pelatih dipecat atau mengundurkan diri. Bicara soal kontrak dengan Timnas Jerman, Low udah melakukan perpanjangan hingga Juli 2020. Sekali lagi, biarpun itu berat tapi kan enggak ada yang enggak mungkin di sepakbola.

4. Brendan Rodgers

via: Reuters
(Sumber: Reuters)

Fans Liverpool mungkin aja bisa kecewa sama kepelatihan Brendan Rodgers, tapi di balik itu semua, Rodgers lah aktor di balik penampilan gemilang Swansea City musim 2010 hingga 2012. Bahkan saat menggantikan ‘King Kenny’, Rodgers dianggap pelatih paling potensial. Sayang aja doi cuma bertahan tiga tahun di Anfield.

Kalo dilihat dari filosofinya, baik Rodgers dan Wenger juga sama-sama punya kesamaan, yaitu menempa pemain akademi dan mengembangkannya sebagai bintang. Ya, kalo misalkan fans Arsenal mau terima Rodgers yang sekarang melatih Celtic mungkin aja mereka harus siap-siap bersabar buat menangin trofi.

5. Carlo Ancelotti

via: Metro.co.uk
(Sumber: Metro.co.uk)

Nah, misalkan fans Arsenal pengen mau dapetin gelar secara instan, mungkin mantan pelatih Chelsea dan Bayern Munchen ini layak masuk kandidat pelatih baru. Sejarah membuktikan kalo pelatih asal Italia itu gak cuma nyumbangin gelar Liga Inggris ke Chelsea, tapi juga gelar Liga Champions yang belum pernah diraih oleh Opa Wenger.

Metro menyebutkan jika awal tahun ini Don Carlo baru aja memutuskan untuk tinggal London. Wajar aja dong kalo akhirnya banyak isu kalo doi bakal melatih salah satu tim di Inggris musim depan.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.