Senin, 15 Juli 2024

Genmuda – “Black Panther” (2018) menginspirasi produsen garmen mereplika pakaian adat Wakanda yang dipakai T’Challa di beberapa adegan film. Dengan sedikit modifikasi, replika dalam bentuk baju koko itu bisa terlihat lebih seperti baju adat Wakanda daripada baju koko dari pasar.

Momen kemunculan film itu juga pas, yaitu beberapa bulan jelang Idul Fitri, momen ketika sebagian besar Umat Muslim di Indonesia belanja baju baru. Jadi, wajar kalo baju koko Black Panther warna hitam atau putih laris manis.

Mumpung masih ada beberapa bulan sebelum Idul Fitri, modifikasi ini yang harus lo lakuin.

1. Beli ukuran gamis

via Istimewa
Tuh, baju adat Wakanda pasti panjang-panjang. (Sumber: Istimewa)

Kenapa ukuran gamis? Karena baju tradisional Wakanda sejatinya adalah baju panjang, alias robe. Jadi, dipakai sampai lewat dari lutut. Sayangnya, desain kebanyakan baju koko Black Panther di toko online cuma kayak baju koko biasa. Karena itu, beli ukuran gamis, alias ukuran besar.

2. Perkecil gamisnya biar bodyfit

via Istimewa
Punggung T’Challa (kiri) terlihat keren berlekuk karena baju yang body fit. (Sumber: Istimewa)

Setelah beli baju yang panjangnya sampai melewati lutut atau minimal sedikit di atas lutut, saatnya kecilin sisi-sisi baju itu supaya body fit, alias membentuk lekuk badan. Coba liat filmnya lagi. Baju adat Wakanda yang T’Challa pakai, baik yang warna putih atau hitam, ngepas sama badan doi semua, loh!

3. Pakai kalung taring

via hautecorals.com
(Sumber: hautecorals.com)

Kalo lo inget adegan di filmnya, T’Challa selalu memakai kalung taring pemberian adiknya. Meski gak memiliki teknologi nano yang mampu mengeluarkan jubah vibranium, kalung taring yang sekarang berdebu di tempat pakaian lo adalah pelengkap style ala Wakanda.

4. Pakai gelang tasbih

via solussamurai.com
(Sumber: solussamurai.com)

Misalnya lo gak mampu menciptakan tasbih teknologi tinggi berkemampuan komunikasi hologram layaknya Tasbih Kimoyo Kerajaan Wakanda, tasbih biasa pun cocok dengan penampilan lo. Biar makin mirip T’Challa, pakailah gelang tasbih bermanik-manik besar di tangan kiri.

5. Pakai syal Ikire Jones

via konbini.com
Tuh lihat! Keren banget kainnya, kan!? (Sumber: konbini.com)

Semacam kain batik yang dipake T’Challa saat mengunjungi PBB di akhir film adalah kain bermotif suku-suku Afrika buatan Ikire Jones. Yaudah, pakai kain-kain buatan desainer asal Nigeria itu biar penampilan lo makin Wakanda!

6. Pakai celana hitam

via cassius.com
Tuh, lihat! Cowok-cowok di film “Black Panther” pada pakai celana hitam. (Sumber: cassius.com)

Bawahan yang cocok buat segala jenis baju koko Black Panther adalah celana hitam. Soalnya, celana putih di sangka saingan sama anak TPA. Sementara itu, celana jeans pastinya gak cocok disandingkan sama baju koko sekeren itu.

7. Jangan lupa “sendal bokap”

via kaskus.id
Sendal macam ini yang dimaksud. (Sumber: kaskus.id)

Coba inget-inget lagi adegan saat T’Challa berkunjung ke laboratorium teknologi Wakanda untuk kali pertama di film. Doi masuk dengan sandal selip yang kelihatan jari-jari kakinya, mirip bentuk sendal yang biasa dipakai bokap-bokap kalo lagi buru-buru mau ke luar rumah.

8. Pakai sneakers juga bisa

via sneakerfinders.com
Air Jordan Black Cat. (Sumber: sneakerfinders.com)

Apabila “sendal bokap” terlalu tua bagi lo, pakailah sneakers warna hitam dengan corak keungu-unguan. Biar apa? Biar mirip kayak sepatu vibranium canggih yang dipakai Black Panther di medan pertempurannya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.