Kamis, 20 Januari 2022

Genmuda – Sadar engga sih kalo berita di TV sering banget ngebahas permasalahan sungai di tengah kota yang bikin bencana warga sekitarnya. Eh, jangan langsung sentimen sama sungai dulu karena kenyataannya engga semua kayak gitu kok. Ada banyak loh sungai tengah kota di seluruh dunia yang menarik banget diliat bahkan jadi pusat pariwisata lokal dan internasional.

Pemilihan sungai menjadi pusat pariwisata emang engga cuma diliat dari alirannya aja gaes, ada banyak faktor lainnya seperti sejarah hingga bangunan unik di sekitar sungai yang Instagrammable banget. Bukan cuma dari luar negeri aja, di dalam negeri juga ada loh kota yang jadiin sungai sebagai objek pariwisata. Engga percaya? Liat aja di bawah ini.

1. Volga

via cnn.com
Festival perahu layar di Sungai Volga lagi berlangsung. (Sumber: cnn.com).

Sungai Volga adalah sungai terpanjang di Eropa yang mengalir dari tengah Rusia ke Laut Kaspia. Sepanjang perjalanannya, Volga melewati 11 dari 20 kota besar di Rusia, termasuk ibu kotanya, Moskwa. Kenapa sungainya jadi populer? Karena Pemerintah Rusia rutin ngadain festival perahu layar di situ.

2. Donau

via newyearbudapest.com
Sungai Donau di Budapest, Hongaria . Sungainya harus rapi dan selalu bersih karena dilalui kapal kargo. (Sumber: newyearbudapest.com).

Orang Eropa menyebut Sungai Donau dengan nama Danube. Genmuda.com sih nyebutnya itu Sungai Hitam karena mengalir dari Hutan Hitam Jerman ke Laut Hitam Romania. Di kota besar seperti Budapest, Hongaria, bantaran sungainya dijaga bagus supaya engga ngebanjirin kota. Kebersihannya juga dijaga supaya tetep bisa dilalui kapal kargo tanpa ngerusak mesin kapalnya.

3. Rhine di Arnhem

via rhinecycleroute.eu
Turis lokal lagi menikmati jalur sepeda pinggir Sungai Rhine dari Arnhem ke Laut Utara. (Sumber: rhinecycleroute.eu).

Sungai Rhine (baca: rein) mengalir dari Swiss ke Laut Utara Belanda. Sungai itu juga merupakan sungai yang disebrangi Raja Louis XIV Prancis waktu perang sama Belanda pada 1672. Pemerintah Kota Arnhem pada akhirnya ngebangun jalur sepeda dari pusat kota ke pantai Laut Utara di pinggir sungai bersejarah itu. Boleh juga nih idenya.

4. Thames di London

via wikimedia.org
Ini Tower Bridge, bukan London Bridge. (Sumber: wikimedia.org).

Sungai Thames di London Inggris juga termasuk sungai ikonik karena ada di tengah kota dan pernah dilalui kapal kerajaan Inggris dari pusat kota ke laut lepas. Thames juga tenar karena diseberangi Tower Bridge, jembatan ikonik yang jadi ciri khas London.

5. Seine di Paris

via cruisemapper.com
Sungai Seine di Paris, Perancis. Kawan Muda tau kan kenapa Sungai Ini sering jadi tempat foto-foto. (Sumber: cruisemapper.com).

Sungai Seine (atau La Seine biar Prancis banget) bisa tenar jelas karena berada di pusat kota Paris, pusatnya turisme dunia. Turis biasanya jalan-jalan dari Eiffel, Gereja Notre Dame, dan pinggiran Sungai Seine sambil nikmatin pemandangan gedung-gedung bersejarah. Kalo malem, lampu-lampunya indah abis.

6. Kanal-kanal Venesia

via imgur.com.
Selucu ini loh gaes salah satu kanal di Venesia, Italia. (Sumber: imgur.com).

Saking banyaknya kanal (sungai kecil/terusan sungai) di Venesia, mungkin penduduk asli pun engga bakalan apal namanya satu per satu. Data nunjukin kalo di kota ini ada 117 kanal yang misahin 118 pulau. FYI, kota itu lah yang jadi inspirasinya Sensei Eiichiro Oda waktu bikin Kota Water 7 manga dan anime “One Piece.”

7. Kanal-kanal Giethoorn

via unusualplaces.org.
Gokil abis nih sungainya. (Sumber: unusualplaces.org).

Italia punya Venesia sementara Belanda punya Giethoorn, sebuah kota kecil di Provinsi Overijssel, Belanda. Kanal-kanal di sana adalah alat transportasi utama supaya penduduknya bisa berpindah dari satu pulau kecil ke pulau kecil lain. Tiap tahun, ada sekitar 100 ribu – 200 ribu orang Tiongkok berkunjung ke kota yang memiliki 180 jembatan itu.

8. Kali warna-warni di Malang

via genmuda.com
Kampung Jodipan Malang. (Sumber: Istimewa).

Di Indonesia, juga ada kali (bahasa lain dari sungai dan kanal) yang oke dan jadi tempat wisata. Letaknya di bantaran Sungai Brantas, Kampung Wisata Jodipan, Malang, Jawa Timur. Daerah itu hip banget setelah rumah-rumah di sekitarnya dicat rapi dan sanitasinya di benerin.

Tahun lalu aja, Malang sempet jadi fokus di BBC.com, 16 Oktober 2016 gara-gara sungai instagrammable itu dikunjungi ratusan orang tiap weekend. Apa hikmahnya? Indonesia pasti bisa kok nyaingin atau malah lebih bagus dari negara lain. SEDAP! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.