Rabu, 19 Juni 2024

Genmuda – Nervous masih jadi masalah besar buat berkenalan dengan orang baru di sekolah atau kampus baru. Padahal, nyari temen di lingkungan yang asing tuh gak susah-susah banget karena semua orang pada akhirnya butuh punya banyak teman.

Buat membantu kamu yang sedang bingung, di bawah ini ada 8 cara berkenalan yang seru. Bisa bikin kamu dan orang lain punya obrolan juga, loh. Bahkan, bisa dipergunakan juga untuk berkenalan dengan gebetan. Gak percaya? Coba aja sendiri!

1. Jelasin ejaan nama kamu

via imgur.com

Selain perpanjang obrolan, ngasih tau ejaan nama kamu juga bermanfaat supaya kenalan baru ini gak salah manggil nama. Kamu yang namanya sejenis Uvuvwevwevwe Onyetenyevwe Ugwemuhwem Osas pasti punya banyak obrolan daripada mereka yang namanya Adele doang.

2. Ngomongin pop-culture

Coba sama-samain nama kamu kayak tokoh terkenal di sebuah film, buku, band, atau segala karya terkenal lainnya. Misalnya gini. “Hai, gue Dilan. Tapi, bukan Dilannya Milea. Gue Dilan Satyagama.” Obrolannya pasti ngalir ngomongin seputar buku dan film karya Pidi Baiq itu.

3. Langsung kasih tau nama panggilan

via tumblr.com

Punya nama panggilan aneh harus disyukuri karena bisa mancing obrolan saat perkenalan pertama. Kasih tau aja kalo kamu biasa dipanggil Marjo meski nama kamu secantik Maria Sari. Si kenalan baru ini biasanya bakal nanya, “Kok dipanggilnya Marjo?”Lalu, kamu ceritain deh alesannya.

4. Jangan lupa nanya

Setelah kamu ngomong panjang lebar tentang nama panggilan aneh atau nyeritain nama kamu yang mirip karakter populer, jangan lupa balik nanya supaya temen baru ini juga ngobrol.

5. Cari kesamaan

via tenor.com

Pertanyaan-pertanyaan yang kamu ajuin tuh berguna buat nyari kesamaan di antara kalian berdua. Apakah kalian sama-sama suka musik K-Pop? Sama-sama kenal orang yang bernama Dilan? Suka nonton film yang sama? Atau, jangan-jangan, malah udah sama-sama suka?

6. Minta bantuan wing-man

Ada baiknya ngajak temen ketika pengen kenalan sama orang baru. Ketika kamu mati gaya dan obrolan udah mau habis, temen kamu yang lagi jadi wing man kan bisa gantian nyari topik. Begitu pula sebaliknya. Jadi, obrolan gak bakalan habis-habis.

7. Pakai kaos bertuliskan “Eh, Kenalan, yuk!”

via giphy.com

Serius, loh! Siapa tau kan ada yang ngebaca tulisan itu lalu ngajak kenalan, atau paling gak doi bakalan bilang “Yuk!” gitu. Setelah itu, tinggal olah obrolannya dengan enam cara di atas dan dapet temen baru.

8. Bantuin doi

Bantuin apa? Ya bantuin apa aja. Entah itu ngambilin pulpen doi yang jatuh, nyingkirin beberapa motor di parkiran biar motor doi bisa keluar, atau bisa juga dengan berhentiin angkot yang nyelonong waktu doi minta berhenti.

Doi kan bakalan bilang “Terima kasih” tuh. Abis itu, kamu sikat aja kayak gini:

Kamu: “Eh, lo yang namanya Rani anak X-5, ya?”

Doi: “Rani? Bukan, kok.”

Kamu: “Oh, sori salah orang. Emang, nama lo siapa?”

Gimana? Gak ngeri lagi kan saat harus ketemu orang atau ngajak gebetan berkenalan? Jangan lupa tulis komentar tentang cara kamu kenalan sama orang, ya.

via giphy.com

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.