Selasa, 23 April 2019

Genmuda – Seorang warga negara Afrika jadi viral di medsos lantaran doi bernama Uvuvwevwevwe Onyetenyevwe Ugwemubwem Osas. Di video itu, doi diminta nyebutin namanya yang ribet disebut itu berkali-kali. Si Osas juga engga mau mengeja namanya waktu diminta.

Well, sebenernya banyak juga loh orang yang namanya ribet meski engga sepanjang ituMisalnya aja, seperti artis-artis di bawah ini. Cek aja kalo kamu masih engga percaya:

1. Chiwetel Ejiofor

via kweiquartey.com
(Sumber: kweiquartey.com)

Nama aktor yang dapet peran di film ‘The Martian’ ini bagi orang Indonesia mungkin engga sulit ditulis tapi mengejanya perkara lain. Berdasarkan logatnya, nama aktor Inggris itu engga dieja “choo-ih-tell edge-ee-oh-for” atau kalo orang Indonesia ngomongnya ‘chu-i-tel ej-i-oh-for.”

2. Nikolaj Coster-Waldau

via theoutsiderarg.wordpress.com
(Sumber: theoutsiderarg.wordpress.com)

Nikolaj Coster-Waldau serasa jadi nama orang Rusia tapi doi sebenernya berdarah Denmark. Aktor yang dikenal sebagai Ser Jaime Lannister di serial ‘Game of Thrones’ ini namanya dieja dalam logat Indonesia jadi ‘ni-ko-lai kos-ter-wol-dow’ bukan ‘wal-dau’ ya.

3. Quvenzhane Wallis

via hollywoodlife.com
(Sumber: hollywoodlife.com)

Orang Inggris awam bakalan nyebut nama aktris film ‘Beasts of Southern Wild’ ini dengan ‘qu-ven-zen wol-lis.’ Berhubung kata Zhane dalam namanya berasal dari Bahasa Swahili yang berarti ‘peri,’ nama doi harusnya dieja ‘kwuh-ven-jah-nei wol-iss.’ Sementara nama ‘Quven’ berasal dari gabungan nama orangtuanya, yaitu Qulyndreia dan Venjie. Ribet ya.

4. Arnold Schwarzenegger

via huffingtonpost.com
(Sumber: huffingtonpost.com)

Bukan cuma sulit diomongin, nama panjang Arnold juga susah ditulis. Butuh bolak-balik liat Google atau kopas aja biar gampang nulis namanya. Ejaannya agak ribet bagi orang Inggris karena pakai nama khas Jerman-Austria. Dalam logat Indonesia, cara ngomong Schwarzenegger adalah ‘shwort-sen-e-ger’ bukan ‘swat-se-ne-ger’ apalagi ‘swa-sa-na-se-ger’. *canda.

5. Zach Galifianakis

via rollingstone.com
(Sumber: rollingstone.com)

Suka engga pede kalo lagi bikin status yang ada nama Zach Galifianakis. Nama belakangnya itu loh sangat engga awam bagi orang Amerika Serikat, engga kayak Garcia-Rulfo, Pratt, Depp, atau Hemsworth. Meski pakai akhiran ch, nama doi engga dieja ‘Zakh’ tapi ‘Zak.’ Terus, cara ngeja nama belakangnya adalah ‘ga-li-fe-na-kis’ huruf ‘a’ yang ada di tengahnya ilang.

6. Matthew McConaughey

via vinnieh.wordpress.com
(Sumber: vinnieh.wordpress.com)

Nulis McConaughey juga mesti banyak googling biar engga salah. Beberapa karakter di nama aktor Amerika yang jadi pemeran utama film ‘Interstellar’ ini jadi huruf mati karena nama belakang doi dieja ‘ma-ko-ne-hei.’

7. Prilly Latuconsina

©Genmuda.com/2016 Everlyn
Prilly Latuconsina dalam acara promo film ‘Surat Untukmu’ ©Genmuda.com/2016 Everlyn

Untuk ukuran orang gagap seperti penulis, nama aktris sinetron ‘Ganteng-Ganteng Serigala’ itu cukup sulit dieja. Biasanya tersumbat setelah ngomong ‘pri’ karena pengucapan ‘l’ terasa tebel dan berlipat-lipat.

8. Sissy Priscillia

via harnas.co
(Sumber: harnas.co)

“Cara nulis namanya gimana deh? Nama belakangnya dobel ‘s’ atau engga? Priscillia atau Priscilla ya?” Yah, begitu lah kebingungan yang biasa dirasa waktu pertama kali nulis nama pemeran Milly di film ‘Ada Apa dengan Cinta?’ ini. Kalo dieja mah namanya asik banget. ‘si-si pri-si-li-a.’

9. Samuel Zylgwyn

via cekricek.co.id
(Sumber: cekricek.co.id)

Seperti halnya Schwarzenegger, nama Zylgwyn rada susah ditulis dan dieja orang Indonesia lantaran ada pengaruh bahasa Jermannya. Lagian, nama belakang model dan aktor ini engga ada huruf vokalnya. Kalo dieja sih jadi simpel, ‘zilg-win’ cuma ditulisnya aja rada repot.

10. Tamara Bleszynski

via liputan6.com
(Sumber: liputan6.com)

Kalo dieja dengan loga Indonesia jadi ‘bles-zin-ski,’ tapi kalo ditulis rada ribet. Soalnya, nama Bleszynski ini berasal dari bokapnya, Zbigniew Bleszynski yang berdarah Polandia. Jangan-jangan doi masih ada hubungan sodara lagi sama Lukas Podolski? (Yakali)

Sepuluh artis inilah yang menurut Genmuda.com rada ribet namanya. Sama sekali engga salah kok punya nama seperti itu. Menurut Kawan Muda, siapa lagi artis yang bernama unik? Tulis komentar kamu di bawah ini, ya.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.