Rabu, 27 Januari 2021

Genmuda – Coba pikir deh. Apa jangan-jangan makhluk hidup berakal budi selain manusia emang engga ada meski para pakar antariksa udah berkali-kali coba mengontak alien sejak 1960an? Para peneliti juga masih berdebat hingga hari ini.

Meski engga nemu jawaban soal keberadaan alien, mereka punya beberapa teori soal alesan bermacam pesan yang dikirim manusia ke luar angkasa itu engga dapet balesan. Di bawah ini adalah dalih mereka.

1. Planet Bumi planet langka

via tumblr.com

Pendapat ini intinya menyatakan kalo engga bakalan ada makhluk hidup berakal budi di galaksi manapun selain manusia yang udah berevolusi seiring dengan perubahan penampang Bumi selama ribuan tahun. Peneliti bilang kalo kejadian itu adalah hal langka yang cuma terjadi di planet ketiga sistem tata surya.

Teori ini terus diperbarui hingga yang terakhir dijelasin sama Peter Ward (ahli geologi dan paleontologi) dan Donald Brownlee (ahli astronomi dan astrobiologi) dari Universitas Washington di buku ‘Rare Earth: Why Complex Life Is Uncommon in the Universe’, 2000.

2. Teori ‘Gaian Bottleneck’

via giphy.com

Ada lagi teori ‘Gaian Bottle Neck’ yang nyimpulin kalo planet seperti Bumi sebenernya ada tapi kondisinya berubah-ubah dalam waktu relatif cepet, bikin makhluk hidup bersel satu sulit berevolusi hingga jadi bersel banyak. Akibatnya, alien simply belum terbentuk karena para nenek moyang mereka engga dapet kesempatan beradaptasi sama dunianya.

Untung aja perubahan penampang Bumi berlangsung ribuan tahun lamanya sehingga manusia punya kesempatan beradaptasi. FYI, teori kenihilan alien itu adalah yang terbaru, buatan pakar astrobiologi Australian National University, Aditya Chopra bersama rekannya Charles H Lineweaver, tahun 2016.

3. Tersaring secara alami

via tumblr.com

Theori ‘The Great Filter’ juga bilang kalo planet seperti Bumi sebenernya ada beberapa. Semuanya sama-sama mengalami rentetan bencana, seperti tertimpa asteroid, terbakar radiasi bintang terdekat, gempa dahsyat dan tsunami, serta kerusuhan internal dari penduduknya sendiri. Tapi, cuma Bumi yang bisa selamat dari rangkaian peristiwa itu.

Dengan kata lain, Robin Dale Hanson dari George Mason University Amerika Serikat yang bikin teori ini pada 1998 bilang kalo alien dan Bumi lain pernah ada tapi sekarang kehidupan mereka punah. Kalo emang begitu, planet yang kita huni sekarang emang bakal kiamat seperti planet terdahulu. Serem.

4. Cuekin Bumi

via imgur.com

Pakar astronomi Uni Soviet, Nikolai Kardashev pada 1964 yakin kalo perkembangan makhluk hidup di Bumi atau manapun harus melalui beberapa tahapan. Tahap satu (Type I) adalah makhluk hidup yang udah mampu manfaatin energi yang masuk planetnya dari bintang terdekat. Alhamdulillah, manusia udah sampai tahap paling primitif ini berkat penggunaan solar panel.

Tahap dua (Type II) tercapai waktu penghuni planet sukses manfaatin energi dari bintang tetangga (manusia masih jauh dari sini). Sementara itu, tahap tiga (Type III) adalah tahap puncak, ketika penduduk sebuah planet berhasil manfaatkan energi dari seluruh galaksinya berada.

Nah, para peneliti yakin kalo teknologi alien udah mencapai Type III atau bahkan lebih. Jauh lebih maju dari Bumi, mereka engga sudi lagi deh berhubungan sama ‘makhluk purba’ dari planet yang tergolong masih ‘bau kencur’ di antara milyaran planet lainnya.

5. Mereka yang masih purba

via giphy.com

Kebalikan dari kepercayaan di atas, Peter Behroozi dari Space Telescope Science Institute Amerika Serikat sekitar akhir 2015 bilang kalo Bumi sebenernya adalah planet layak huni pertama. Beberapa ratus tahun ke depan ada kemungkinan lahir ‘Bumi-Bumi’ lain di sistem tatasurya tetangga.

Seandainya mereka udah ada sekarang, mungkin hidupnya masih di zaman pra sejarah. Seandainya manusia masih ada ribuan tahun ke depan, manusia lah yang bakal dipandang sebagai alien sama penduduk planet itu.

6. Mereka bener-bener lain dari makhluk Bumi

via giphy.com

Di Bumi, karbon jadi komponen dasar pembentuk makhluk hidup. Air jadi pelarutnya dan DNA/RNA yang mengatur pola kehidupannya. Belum tentu, kan kehidupan alien berlangsung dengan rumus serupa. Bisa aja komponen dasar mereka adalah silikon, polonium, atau bahkan zat lain yang engga ada di bumi.

Max Bernstein, petinggi astro-kimia NASA sekitar 2015 negesin kalo sangat engga bijak bila manusia menganggap alien punya struktur dasar yang sama. Doi yakin kalo silikon bisa gantiin peran karbon bagi alien.

Sejak 2011 teori serupa udah dibilang Stephen Hawking, pakar matematika dunia. Beliau berpendapat kalo bisa aja nitrogen atau fosfor lah yang jadi bahan dasar pembentuk tubuh alien. Jadi, hati-hati kalo ada alien dateng ke Bumi. Kita bisa terjangkit penyakit aneh yang engga ada penawarnya.

7. Langit ini terlalu luas

via giphy.com

Pada intinya, ilmuwan yang percaya keberadaan alien yakin mereka berada nun jauh di sana. Teknologi manusia saat ini belom cukup canggih buat jalin komunikasi. Selain itu, manusianya sendiri juga lagi pada sibuk nyebar hate speech daripada nyari kehidupan di luar Bumi.

8. George Lucas yang bener

via giphy.com

Atau jangan-jangan, film ‘Star Wars’ buatan George Lucas ada benernya juga. Para alien engga bisa mengontak Bumi karena lagi sibuk perang antara golongan Jedi lawan Sith, Rebel lawan Empire, Luke lawan Vader, Rey lawan Kylo Ren. May the force be with you….

Menurut Kawan Muda, teori mana yang paling logis dan bener? Jangan lupa tinggalin komentar kamu di bawah ini dan pantengin terus Genmuda.com buat tau berita-berita ‘SERIUS LO?’ selanjutnya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.