Minggu, 11 April 2021

Genmuda – Main game jadul juga bisa bikin bernostalgia nginget kebahagiaan masa dulu selain dengan ngepoin medsos. Sayangnya, game macam ‘Grand Theft Auto III,’ ‘Final Fantasy VII,’ ‘King of Fighters,’ atau ‘Metal Slug 3’ engga gampang dimainin karena kepingan CD dan konsolnya udah tergolong langka.

Untungnya para developer game paham soal kerinduan netizen dan berusaha bikin game versi remake di Android. Kamu yang belum pernah main juga bisa ngerasain game-game remake di bawah ini yang bikin generasi 90-an doyan nge-game.

1. Final Fantasy VII

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Final Fantasy VII rilis pertama kali 31 Januari 1997 di PlayStation dan pertama kalinya menggunakan grafis 3D, mengisahkan Cloud Strife, seorang tentara bayaran yang gabung sama organisasi pemberontak penyayang lingkungan, AVALANCHE.

Sepanjang hidup PS, FFVII original udah terjual hingga 11 juta dan kalo ditotal sama penjualan kepingan CD bajakan, jumlahnya bisa mencapai 20 jutaan kopi. Game dengan storytelling menyentuh ini tersedia di Google PlayStore dengan harga 239 ribu rupiah.

2. Final Fantasy Tactics

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Final Fantasy Tactics yang rilis perdana di Amerika 28 Januari 1998 juga jadi salah satu pionir di PS. Gameplay RPG itu bener-bener lain dari serial FF sebelumnya. Pemain cuma butuh fokus bertarung di field seperti papan catur tanpa perlu jalan-jalan mengelilingi dunianya.

Metacritic ngasih skor 83/100 dan GameRankings berikan 85%. Dalam waktu setahun setelah rilis perdana, FF Tactics terjual sampai 2 juta kopi. Kini, Square Enix me-remake-nya dengan nama ‘FF Tactics: War of the Lions’ di Android seharga 189 ribu rupiah.

3. Metal Slug 3

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Developer game SNK bikin Metal Slug 3 buat lanjutin kesuksesan Metal Slug 2/Metal Slug X. Rilis perdana di PS2 dan Arcade (ding-dong) sekitar 2000, game ini langsung laris sehingga dibuat juga versi Neo Geo, Xbox, Wii, PSP, PS 3, PS Vita, bahkan PS 4.

Sekarang, pengguna Android juga bisa mainin game tembak-tembakan dengan karakter Marco, Fio, Eri, dan Tarma ini dengan harga 45 ribu rupiah. Keren loh gamenya, sob. Lawannya antara monster, zombie, alien, dan Nazi.

4. The King of Fighters 98

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

SNK juga punya ‘kartu AS’ lain, yaitu game ‘The King of Fighter 98,’ mengisahkan perjalanan protagonis Kyo Kusanagi menangin turnamen bela diri dunia demi ngalahin rival terberatnya Iori Yagami. Siapa sangka, di tengah kompetisi ada kelompok iblis Orichi yang mengganggu keselamatan dunia.

Kyo dan Iori sebagai petarung terkuat akhirnya kerjasama agar Orochi bisa dimusnahkan. Drama yang dalem itu pun akhirnya di-remake jadi versi Android dengan harga 45 ribu rupiah.

5. Tomb Raider

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Jangan harap kamu bisa mainin ‘Uncharted 4’ kalo engga ada yang namanya ‘Tomb Raider’. Square Enix me-remake petualangan Lara Croft di Atlantis dan Mesir supaya bisa dimainin di Android seharga 15 ribu.

Tahun pertama rilis di PS 25 Oktober 1996, ‘Tomb Raider’ dibuat sama Eidos Interactive dan dalam kurun waktu setahun bisa ngasilin keuntungan hingga 14,5 juta dolar AS. Berbagai media juga ngasih Tomb Raider penghargaan Game of the Year.

6. Tomb Raider II

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Tahun berikutnya, ‘Tomb Raider II’ rilis masih di bawah naungan Eidos Interactive. Kali itu, Lara Croft perlu bertualang ke Asia Timur hingga Italia demi menguak misteri ‘Dagger of Xian,’ belati magis yang dipakai Kaisar Tiongkok buat memimpin kerajaannya dulu.

‘Tomb Raider II’ dapet skor 85/100 di Metacritic dan 8/10 di IGN. Di  Android, gamenya bisa dibeli seharga 12 ribu rupiah. Engga bakalan nyesel deh.

7. Grand Theft Auto III

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Claude, mantan pembalap liar dikhianati Catalina, pacarnya setelah merampok Bank Liberty City, bikin doi digerebek polisi sementara pacarnya kabur. Setelah berhasil cabut dari penangkapan polisi, Claude memulai lagi karirnya di dunia kriminal dari nol, sekaligus nyari cara buat bales dendam.

Di Android, petualangan doi dihargain sebesar 75 ribu rupiah. Bagi developer Rockstar, plot itu yang ngebawa GTA III laris di PS2 hingga terjual 2 juta kopi selama setahun di Amerika Serikat doang.

8. GTA Vice City

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Dengan 75 ribu juga, kamu bisa mainin ‘GTA Vice City’ di Android. Di PS2 dulu, gamenya laris sekitar 1,4 juta kopi cuma dalam dua hari. Di game itu, kamu bakal mainin Tommy Verceti supaya survive di dunia mafia tahun 1980-an. Sumpah deh, game ini keren abis.

9. GTA San Andreas

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Pertama kalinya Rockstar gabungin unsur RPG, action, dengan plot menarik adalah di game ‘GTA San Andreas’ yang nyeritain kisah Carl Johnson mudik ke San Andreas dan kaget kalo kota itu jadi lebih terjerumus ke gembong narkoba dan perang antar geng.

Pada akhirnya, Carl terserap lingkar setan itu. Tapi, dari kerja jahatnya doi justru berhasil nemuin pelaku pembunuhan ibunya. Game ini bisa kamu lego di PlayStore seharga 79 ribu rupiah.

10. Bully

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Gameplaynya mirip GTA, tapi nyeritain Jimmy Hopkins perlu memilih jalan hidup antara terus-terusan jadi bully atau akhirnya mau turun tangan membantu anak-anak yang suka dijailin. Di game ini, ada banyak minigames loh.

Penjualan perdananya pada 2006 langsung tinggi dan raih skor 83% di Metacritic. Awal Desember lalu, Rockstar juga nge-remake game-nya buat nongol di Android seharga 95 ribu rupiah.

Kalo beruntung, mungkin aja kamu nemuin file APK game-game di atas yang bisa didownload gratis. Gimana? Tulis komentar kamu di bawah ini dong. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.