Selasa, 6 Desember 2022

Genmuda – Meski berada di tengah keramaian, anak remaja bisa ngerasa kesepian apalagi kalo engga ada temen bareng. Ketika bersama temen atau pacar tersayang pun, kadang seseorang masih ngerasa kesepian tanpa meski mereka engga menyadari itu. Kelamaan ngerasa sepi tuh bikin orang rentan stres.

Salah satu cara buat mencegahnya tentu dengan memperbanyak nongkrong dengan temen. (Tapi jangan orang yang itu-itu lagi). Karena, hidup monoton kayak gitu jadi salah satu penyebab kamu merasa sepi di tengah keramaian. Biar tau kapan kamu butuh nongkrong dengan temen baru, kamu perlu perhatikan tanda-tanda berikut ini:

1. Kurang tidur

Riset American Academy of Sleep Medicine (ASM) bilang, kesepian ini bikin seseorang ngerasa galau. Kegalauannya itu kemudian bikin doi susah tidur di malam hari. Riset ASM menyebutkan kalo pun mereka bisa tidur, rasa sepi bakal bikin tidurnya engga nyenyak. Dan, orang itu pun bakal sering kebangun di malam hari.

2. Mandi air hangat dengan waktu lama

Penyebab utamanya sih karena engga ada orang yang nungguin, jadilah doi bisa mandi lama-lama (kasian banget). Alasan yang lebih ilmiahnya dijelasin oleh John A Bargh lewat penelitiannya yang diterbitin di jurnal Emotion, Februari 2012. Kata doi, “Orang kesepian secara engga sadar menggantikan ‘hangatnya’ pergaulan sosial dengan hangatnya air mandi.”

3. Cinta sama barang

Sayang dengan barang atau harta yang kita miliki itu wajar, apa lagi kalo dibeli dengan uang sendiri. Namun, rasa sayang yang berlebihan ke barang-barang pribadi nandain kamu lagi kesepian banget. Itu dijelaskan dalam situs Everyday Health, 27 Maret 2014. Plis deh. Makin kamu cinta sama benda mati, makin sengsara hidupmu. Karena, cinta yang bertepuk sebelah tangan itu selalu menyakitkan. #curcol.

4. Temen di dunia maya lebih banyak daripada di dunia nyata

Coba hitung berapa banyak temen kamu yang biasa kamu hubungi lewat medsos, chatting, atau email-emailan. Apakah jumlahnya lebih banyak daripada temen yang biasa kamu temui bertatap muka? Kalo jawabannya ya, kamu termasuk mereka yang engga sadar ngerasa kesepian. Soalnya, karena kurang interaksi langsung itulah kamu jadi nyari temen lewat medsos.

5. Lebay

Penelitian dari Louise C Hawkley dan John Cacioppo, para peneliti Universitas Chicago AS lebih kurang bilang kalo kesepian bisa bikin orang makin stres. Ketika stres itulah kamu jadi lebih sensitif, baperan, dan akhirnya lebay dalam menghadapi sesuatu. Jadi, kalo kamu nemu temen yang lebay, jangan kamu jauhi. Mungkin doi lagi ngerasa kesepian.

6. Berat badan naik

Karena stres dan galau itu pula seseorang cenderung melampiaskannya dengan cara makan banyak. Selain itu, perasaan kalut akibat kesepian juga bikin orang kehilangan motivasi buat berkegiatan. Hasilnya, doi cuma bisa diem di dalem kamar sambil merenungi nasib. Apa hasilnya ‘banyak makan’ + ‘ga gerak’? Gembrot!

7. Sakit-sakitan

Penelitian dari pakar-pakar Universitas Chicago itu juga menyimpulkan kalo stres akibat kesepian bikin daya tahan tubuh lemah. Ketika itulah seseorang gampang banget terserang penyakit. Mungkin, karena itulah kamu perlu jenguk temen sakit supaya doi gembira dan daya tahan tubuhnya menguat buat ngelawan penyakitnya.

Nah, dari fakta di atas Kawan Muda termasuk salah satunya engga? Kasih tau dong sama Genmuda.com di kolom komentar. He-he. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.