Kamis, 3 Desember 2020

Genmuda – Kerja keras emang bukan satu-satunya penentu kesuksesan seseorang. Soalnya ada faktor koneksi, sikap, dan keberuntunganNamun banyak juga anak muda yang akhirnya salah tangkap kalo kerja keras itu ‘satu-satunya’ yang mempengaruhi kesuksesan semua orang.

Logikanya, mana mungkin ada yang mau ngasih tanggung jawab lebih ke orang yang engga pernah nunjukin usaha terbaiknya. Kalo motivasinya bener, orang pasti rela banting tulang dan memeras otak sekeras apapun. Betul engga?

Meski begitu, di dunia ini ada loh motivasi salah yang bisa jadi ‘jebakan batman’ supaya anak muda rela kerja keras. Kalo diikutin pasti malah menyesal dan sia-sia. Biar Kawan Muda engga kejebak oleh kasus kayak gitu nih Genmuda.com kasih contoh-contoh motivasi yang sering disalahartiin.

1. “Ini tuh satu-satunya jalan gue buat nyalurin passion dan ngeraih impian gue!”

via giphy.com

Kan udah Genmuda.com bilang kalo ada faktor lain penentu kesuksesan. Udah, deh jangan terlalu muluk-muluk. Bagus sih punya passion, tapi banyak juga kok orang yang nemuin passion seiring pekerjaan yang sekarang mereka lakuin.

2. “Ya, gue pengen kaya raya!”

FYI, hukum ekonomi dan sejarah udah buktiin kalo nilai materi selalu merosot dari tahun ke tahun. Cita-cita mengejar kekayaan pun engga bakal pernah tercapai hingga kiamat sekalipun. Jangan buang-buang tenaga dalam hal ini.

3. “Biar bikin bangga lah”

Mau kerja keras atau mau pamer sih? Kalo mau pamer, minta tolong aja temen buat fotoin kamu yang lagi pura-pura sibuk kerja, terus fotonya di-upload ke medsos. Jadi deh.

4. “Biar dapet jodoh dengan cepat.”

via giphy.com

Really!? Mana ada hubungannya kerja keras sama dapet jodoh. Disukai banyak orang karena kerja keras sih mungkin banget, tapi jodoh urusan lain sob. Kamu perlu luangin waktu lagi buat ketemu sama orang yang tepat, pedekate, nembak, terus jadian.

5. “Pengen buktiin diri”

Iya, Genmuda.com paham kok kali semangat muda kerap jadi alesan orang kerja engga kenal waktu dan porsi demi ngebuktiin diri mereka. Tapi kamu engga perlu selebay itu lah. Dunia ini engga butuh bukti apapun soal kemampuan kamu. Kalo emang mampu, ya mampu aja. Biar orang lain yang menilai diri kamu.

6. “Berusaha membuat dunia lebih baik! Preeett

Kerja di bidang sosial emang baik, tapi kamu bukan superhero yang punya energi engga terbatas demi dunia yang lebih baik. Istirahat sebentar dan kerja lagi tuh jalan paling bijak. Energi barunya kan bisa bikin kamu tetap kreatif.

7. “Biar cepat naik pangkat dong!”

via tumblr.com

Seiring berjalannya waktu pun kamu bakal sadar kalo jabatan tinggi itu engga cuma dipegang sama para pekerja keras. Tapi, mereka yang tepat di posisinya. Lagi pula setinggi apapun jabatannya, kamu kan tetap pegawai. Presiden aja pegawai yang bekerja untuk rakyatnya. Betul engga?

Intinya, kerjalah seperti seniman yang bekerja keras bukan demi mendapatkan pujian, tapi demi hasil terbaik. Karena cuma dengan begitu master piece bisa tercipta. Tsah! Kalo kamu ada komentar jangan sungkan-sungkan tulis dong! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.