Sabtu, 8 Agustus 2020

Genmuda – Ngaku deh. Tugas presentasi pasti selalu jadi momen yang bikin kamu para anak sekolah dan mahasiswa deg-degan di kelas. Buat ngomong di depan kelas aja rasanya minder, apalagi menyampaikan materi ilmiah yang belom tentu bener isinya.

Tenang. Kalo dalam public speaking kaya gini, materi yang diomongin bisa dibilang nomor dua. Nomor satu dan yang terpenting adalah penampilan. Gak percaya? Coba deh inget-inget sepak terjang seleb tukang ngibul (tanpa nyebut nama) yang berhasil ngegaet penyanyi cakep karena jago ngomong meski omong kosong.

Karenanya, Genmuda.com punya tips yang bisa dilakuin buat mempergokil penampilan kamu waktu presentasiin tugas di depan kelas. Udah siap? Yuk, mari kita bahas sama-sama.

1. Ulangi poin terpenting di awal, tengah, dan akhir presentasi

via tumblr.com

Poin pentingnya bisa berupa kesimpulan, fakta menarik, ataupun pernyataan pribadi. Apapun itu, poin tersebut baiknya diulang paling engga di awal, tengah, dan akhir presentasi. Kalo takut penontonnya bete, poin yang diulang itu ‘kan bisa disampaikan dengan kalimat yang beda.

Kenapa gitu? Soalnya, manusia cenderung cepet lupa. Kalo kata pakar periklanan Inggris Ian Moore di buku yang berjudul ‘Does Your Marketing Sells?’ orang cuma punya waktu rata-rata dua detik buat fokus ke satu hal.

2. Inget 3L

Apa itu 3L? Latihan, Latihan, dan Latihan! Kalo materi presentasinya udah dipahami di luar kepala, makin ringan beban kamu di hadapan temen-temen sekelas atau bahkan orang lain yang pengen denger presentasi kamu.

3. Kunjungi dulu tempatnya

Kalo kamu presentasi di tepat baru, baiknya sih kunjungi dulu tempat itu sebelum hari H. Tujuannya adalah supaya kamu bisa ngerasa familiar dengan tempat itu atau bahkan ngerasa at home dan gak nervous.

Jangan lupa buat nyari jalan yang gak macet supaya gak terburu-buru atau bahkan terlambat di kala presentasi. Gak asik banget ‘kan kalo yang punya hajatnya malah yang terlambat.

4. Jangan bikin presentasi pakai pointers/bullet point

via quotesforbros.com
Bikin presentasinya kayak gini dong biar kekinian. (Sumber: quotesforbros.com)

Situ pikir ini tahun 2005? Zaman udah kekinian gini, jangan lagi dong jadi pelajar/mahasiswa pasaran yang bikin presentasi pakai pointers/bullet points. Mendingan, kamu cari gambar yang bagus dan mewakili materi, terus tulis kalimat pendek yang mudah dimengerti.

Kalo kata Ian Moore, kalimatnya dibuat paling banyak 15 kata. Soalnya, makin panjang kalimatnya makin ribet dimengertinya. Kalimat yang seperti itu efektif banget dalam public speaking.

5. Fokus sama penonton

Apa jadinya kalo pacar kamu tiba-tiba main handphone pas kamu lagi cerita? Bete toh karena kamu ngerasa dicuekin? Penonton presentasi kamu pun begitu. Kalo kamu presentasinya sambil sibuk sendiri sama komputer, penonton bisa bete.

Daripada liat komputer, mending tegapin badan buat liat penontonnya langsung. Biar gak minder bertatapan langsung sama mata penonton, liat aja idung atau ke arah beberapa jengkal di atas kepala penonton.

6. Jangan buru-buru

via tumblr.com

Selain sulit dimengerti, ngomong terlalu cepet bisa diartikan sebagai nervous. Kalem aja. Ngomong dengan santai dan lantang waktu presentasi. Biarpun terasa janggal, penonton malah suka ngeliatnya. Percaya.

7. Bercerita

Tau ga apa persamaannya dongeng waktu kecil, vlognya artis medsos, novel best seller, dan presentasi memukaunya Steve Jobs? Semuanya bercerita. Karenanya, presentasi kamu baiknya dilakuin nyantai aja tapi tetep sopan dan sesuai aturan.

Tujuh hal itu yang bisa disimpulin dari bukunya Ian Moore soal cara marketing yang baik. Kata doi, tujuan marketing dan presentasi tuh sama. Sama-sama bikin orang percaya sama hal yang lain disampaikan. Menurut Kawan Muda, apa lagi nih tips supaya presentasi tugas makin gokil? (gac)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.