Senin, 26 Juli 2021

Genmuda – Momen paling ditunggu tapi juga ditakuti tiba. Yaitu, momen hari raya dan libur panjang yang biasanya diiringi tukar-menukar hadiah. Ditunggu karena akan dapat hadiah. Ditakuti karena harus beli hadiah.

Cuma orang tercinta yang patut diberi hadiah mewah tanpa pandang harga. Kalo cuma rekan kerja yang gak begitu dikenal dan disukain sih, kasih aja hadiah formalitas.

Begitu cara supaya tabungan kamu tetep utuh hadapin fenomena yang enggak cuma nongol jelang Natal tapi juga Idul Fitri itu. Di antara banyak barang yang bisa Kawan Muda beli buat orang gak begitu spesial, di bawah ini adalah barang yang lebih baik di beli buat diri sendiri aja.

1. Sony Alpha A7R III

via: Time in cuk
(Sumber: Istimewa)

Kamera anyar garapan Sony ini disebut paling bagus di antara mirrorless lain. Gambarnya bisa ngejepret dua kali resolusi Sony A9, –yang tahun lalu disebut kamera tercanggih.

Dengan harga standar 3.198 dolar AS, kamera ini mampu menghasilkan karya artistik meski dijepret tanpa bekal fotografi sedikitpun. Kesulitan cari latar belakang, pose foto, dan sudut pandang adalah masa lalu.

2. Apple Watch 3

via: Boy Genius Report
(Sumber: Istimewa)

Usaha ketiga biasanya buahin hasil terbaik. Apple Watch generasi tiga mirip kayak gitu. Lain dari generasi sebelumnya, jam tangan pintar Apple ini dilengkapi fitur LTE, sehingga bisa terima telepon dan pesan masuk meski berada jauh dari ponsel.

Sebagai gadget pelengkap iPhone, fitur-fitur yang disediain Apple Watch generasi 3 sesuai banget sama orang-orang yang lebih suka ponsel mahalnya ditinggal di rumah biar gak ribet. Misalnya, saat pengen olahraga. Harga 329 dolar AS kayaknya sebanding.

3. Xbox One X

via: Microsoft
(Sumber: Microsoft)

Pengen rasain serunya nge-game standar PC tercanggih dengan harga lebih miring? Jangan bingung. Cari aja Xbox One X, saudara jauhnya PC. Sama-sama berbasis sistem operasi Microsoft, sebagian besar game populer di PC juga keluar di konsol itu.

Dalam bodi relatif ramping dan mulus itu, Xbox One X nyimpen prosesor grafis berkekuatan 6 teraflop (6 triliun putaran per detik). Gak jauh beda dari salah satu prosesor grafis terbaik NVidia GTX 1080, yang berkekuatan 8,9 teraflop. Prosesor grafis PS4 Pro aja cuma berkekuatan 4,2 teraflop.

4. Super Nintendo Entertainmen System (SNES) Klasik

via: Gamespot
(Sumber: Gamespot)

Siapapun yang belum rela lepas kenangan era 1990-an perlu jajal konsol anyar yang Nintendo rilis lagi bersama 21 judul game. Beberapa di antaranya, adalah judul andalan SNES, yaitu “Super Mario World,” “The Legend of Zelda: A Link to the Past,” “Donkey Kong Country,” dan “Star Fox.”

Konsol sebesar genggaman tangan yang dijual seharga 155,90 dolar AS itu merupakan konsol terlaris kedua sepanjang Oktober 2017. Saking larisnya, konsolnya langsung jadi barang langka beberapa bulan kemudian.

5. Nintendo Switch

(Sumber: Istimewa)

Sepanjang sejarah perkonsolan, belum pernah ada produk yang nawarin pilihan mainin game di TV atau layar kecil bawaan. Cuma Nintendo Switch yang berani kasih kebebasan segila itu pada gamers di seluruh dunia.

Game barunya pun ngejutin banyak kritikus, misalnya “The Legend of Zelda: Breath of the Wild” yang tawarin realisme api pada gamenya atau “Super Mario Odyssey” yang suguhin konsep open world dipadu teka-teki.

Jadi, wajar aja kalo konsol seharga 299 dolar AS ini dinobatin sebagai konsol terlaris sepanjang Oktober 2017 dan dapet predikat console of the year dari berbagai pihak.

5. Samsung Galaxy S8

via: Digital Trends
(Sumber: Digital Trends)

Samsung kembali jadi trensetter dengan luncurin teknologi layar tanpa bingkai samping (bezelless) di Galaxy S8. Janji memproduksi ponsel bebas meledak pun ditepatin lewat Android berbaterai 3.000mAh yang tahan lama.

Layar LED organik (OLED) Galaxy S8 hasilin warna cerah, malah mungkin lebih cerah dari masa depan kamu (canda). Desainnya yang simpel tapi elegan adalah keunggulan lain yang bikin ponsel ini patut dihargai 950 dolar AS.

6. iPhone X

via Apple
Sumber: Apple

Ponsel yang dibilang mahal oleh manusia dari berbagai kasta ekonomi ini gak bisa dipandang sebelah mata. Di balik harganya yang mahal, ada prosesor canggih bebas lag, fitur scanner wajah, kualitas kamera ngalahin DSLR, dan baterai yang terbilang tahan lama.

Sensor wajah ponsel ini pun dimanfaatin beberapa aplikasi pengedit foto selfie buat optimalin fitur edit otomatis. Berbagai stiker wajah dari aplikasi itu bisa ditempel lebih sesuai bentuk wajahnya.

7. Microsoft Surface Laptop

via: Microsoft
(Sumber: Microsoft)

Pembatasan fungsi sistem operasi di MS Surface justru jadi keunggulannya. Karena cuma bisa download dan pakai program yang tersedia di MS App Store, maka makin ringan kerja komputer. Umur baterai pun makin panjang.

Kalo pengen fungsinya diperluas kayak laptop pada umumnya, cukup upgrade sistem operasinya dari Windows 10 S ke Windows 10 Pro. Jadi, wajar kalo laptop seharga 799 dolar AS ini masuk daftar terbaik 2017. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.