Kamis, 13 Mei 2021

Genmuda – Selamat memperingati Hari Raya Waisak 2565 buat Kawan Muda beragama Budha. Di Indonesia, peringatan perayaan tahap kehidupan sang Budha itu biasanya gak lepas dengan tradisi pelepasan lampion di Candi Borobudur.

1. Festival Lampion di Candi Borobudur

via Istimewa
Prosesi nerbangin lampion yang paling ditunggu (Sumber: Istimewa).

Gak hanya umat Budha, festival lampion di Candi Borobudur mampu menarik perhatian banyak wistawan lokal dan asing. Keindahan festival lampion seolah memberikan suasana keagamaan yang damai, khusyuk, dan pastinya jadi pengalaman seru buat kamu yang suka traveling.

Namun kamu juga perlu tau jika perayaan kayak festival lampion Borobudur ternyata ada juga di berbagai negara Asia loh. Gak usah lama, mending langsung cek daftarnya di bawah siapa tau bisa masuk list destinasi liburan kamu tahun ini!

2. Festival Hoi An di Vietnam

(Sumber: Istimewa)
Festival Lampion di kota Hoi An, Vietnam

Festival lampion ini diadain setiap bulan saat bulan purnama. Saat festival berlangsung, listrik di seluruh kota tua Hoi An sengaja dipadamkan dan lampu lalu lintas dialihkan, sehingga jalanan menjadi milik masyarakat pada hari tersebut. Selain lampion, ada juga tradisi melepas lilin pada kertas warna-warni berbentuk perahu.

3. Festival Lampion Kue Bulan di Singapura

via: Wikipedia
Chinatown di Singapura (Sumber: Istimewa)

Dirayakan saat puncak bulan purnama setiap bulan, festival ini menjadi acara berkumpulnya keluarga sambil makan kue bulan dan minum teh. Hiasan lampion yang digantung di setiap rumah dan sudut jalan di semua kota pun menambah hangat suasana. Kamu gak perlu jauh-jauh ke China buat ngerasain festival ini, karena hampir area Pecinan di Singapura juga udah ada kok.

4. Perayaan Diwali di India

via: Dhinal Chheda/flickr
Perayaan Diwali di India (Sumber: Dhinal Chheda/flickr)

Di India umat Hindu menandai kemenangan kebaikan atas kejahatan dengan perayaan Diwali. Filosofi peryaannya, akan ada cahaya Diyas (lampu bumi) dan Pooja (ritual pemujaan) untuk mengundang kebaikan, kekayaan dan kesehatan dalam kehidupan. Di malam hari, gemerlap cahaya lampion Diwali bisa kamu liat di berbagai rumah. Tempat terbaik untuk menikmati Diwali adalah kota Jaipur di Rajasthan.

5. Seoul Lantern Festival di Korea Selatan

via: Ed Jones/AFP Photo
Festival Lampion di Korea Selatan (Sumber: Ed Jones/AFP Photo)

Ratusan lampion raksasa bergantungan di sepanjang jalan distrik Cheonggyecheon, Seoul pada pawai tahunan yang digelar tiap Jumat pertama hingga Minggu ketiga November. Kamu juga bisa ikutan menuliskan harapan di lampion kertas yang akan dilepas ke angkasa. Romatis nih buat yang pengen jalan-jalan bareng pasangan kamu.

6. Festival Loy Krathong di Thailand

via: Bangkok.com
Festival Loy Krathong (Sumber: Bangkok.com)

Loy Krathong atau Festival Cahaya di Thailand selalu identik sama upacara sesaji di danau atau sungai, sambil melepas lampion. Pelepasan lampion ke sungai menyimbolkan pembersihan diri dari segala hal buruk dan berharap kebaikan serta keberuntungan di masa depan. Pusat keramaian festival ini bisa kamu temuin di dermaga Phra Athit tepi sungai Chao Praya, kota Bangkok.

7. Festival Lampion Nagasaki di Jepang

via: AFP
(Sumber: Istimewa)

Awalnya diperingati sebagai perayaan tahun baru Cina, festival ini kemudian jadi Festival Nagasaki di tahun ’90-an dan digelar 15 hari pertama setelah pergantian tahun baru. Pusatnya di area Pecinan kota Nagasaki, dimana terdapat lebih dari 15.000 lampion kertas warna warni. Saat festival berlangsung kamu juga bisa menikmati kembang api, tarian naga, upacara tradisional, dan beragam seni acrobat Cina.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.