Kamis, 13 Juni 2024

Genmuda – Sejak album ‘Lemonade’ dirilis, banyak pihak engga henti-hentinya ngebahas dan muji album terbaru Beyonce tersebut. Album itu pun ternyata punya segudang fakta menarik, yang mungkin sampai sekarang masih belum kamu tahu.

Dirilis pada 23 April yang lalu, album ‘Lemonade’ merupakan album studio keenam sekaligus album visual kedua Beyoncé. judul album tersebut kabarnya terinspirasi dari nenek Beyoncé, Agnéz Deréon dan nenek suaminya Jay Z, Hattie White. Tidal pun ngedeskripsiin konsep album tersebut sebagai “perjalanan pengenalan dan penyembuhan diri dari setiap perempuan”.

Nah, di samping fakta-fakta tersebut, masih ada lagi nih beragam fakta lainnya seputar album ‘Lemonade’ yang sayang buat kamu lewatin, Kawan Muda. Mulai dari beberapa prediksi jitu sampai siapa aja yang terlibat di album tersebut, berikut ini Genmuda.com rangkumin 7 di antaranya:

1. Prediksi jitu Nana JJ

Entah beliau orang dalamnya Beyoncé atau gimana, yang jelas nenek sekaligus pengguna Twitter yang ngeklaim dirinya sebagai seorang produser berusia 68 tahun ini ternyata udah ngeprediksiin sejumlah detail dari album ‘Lemonade’ dari bulan Agustus tahun lalu. Tapi, jangan kamu coba-coba nanya ke beliau soal Lady Gaga atau album barunya, soalnya beliau bakal langsung ngeblok kamu.

2. Tweet pertama Beyoncé dalam tiga tahun terakhir

‘Lemonade’ tampaknya jadi alasan yang cukup baik bagi Beyoncé buat mainan Twitter lagi. FYI, doi terakhir kali muncul di Twitter buat nge-retweet tentang World Humanitarian Day di tahun 2013. Tapi, setelah nge-tweet tentang ‘Lemonade’, doi sampai sekarang sama sekali belum nge-tweet lagi.

3. Kumpulan penulis single ‘Hold Up’

Engga tanggung-tanggung, single ‘Lemonade’ yang satu ini ternyata ditulis oleh lebih dari 15 orang. Mereka antara lain terdiri dari Beyoncé, vokalis dan gitaris Vampire Weekend Ezra Koenig, Diplo, dan Father John Misty. Bahkan, menurut penuturan Ezra, Yeah Yeah Yeahs dan single ‘Maps’ mereka juga punya andil dalam kelahiran single ini.

4. Arti mangkok di lagu ‘Sandcastles’

(Sumber: Tidal)

Mangkok pada gambar di atas merupakan sebuah hasil karya seni keramik Jepang, kintsugi. Dalam kintsugi, terdapat filosofi bahwa memperbaiki keramik yang pecah dengan lem atau logam mulia merupakan cara buat nunjukin kalau sesuatu yang jauh lebih indah dan berharga bisa dihasilin dari hal yang awalnya udah rusak itu. Singkatnya, kerusakan dan perbaikan lebih dianggap sebagai bagian dari sejarah, bukan sesuatu buat disembunyiin. Well, mungkin ini bisa dihubungin sama hubungan rumah tangga Beyoncé dan Jay Z, Kawan Muda.

5. Keterlibatan Paulette Leaphart

(Sumber: Parkwood Entertainment/Screenshot)

JSYK, wanita ini adalah seorang penyintas kanker payudara. Dalam bagian ‘Hope’ pada film ‘Lemonade’, beliau nunjukin bekas luka masektomi ganda yang dimilikinya. Kepada People, beliau ngungkapin bahwa, “Apa yang diperbuat Beyoncé merupakan hal yang penting. Setiap wanita yang ada video tersebut merupakan wanita yang kuat. Kami adalah pejuang.” Beliau pun baru-baru ini memulai perjalanan telanjang dada sejauh seribu mil dari Mississippi ke Washington, D.C. buat ningkatin kesadaran akan kanker payudara, yang terekam dalam dokumenter berjudul ‘Scar Story’.

6. Yeezy vs. Ivy Park

Sipping' on some Lemonade this morning…. ??? ?? #BeyInYeezy #WCW

A post shared by Kim Kardashian West (@kimkardashian) on

Dalam ‘Don’t Hurt Yourself’, Beyoncé tampil dengan berbalut athleisure Yeezy dan mantel bulu Hood by Air. Padahal, doi beberapa waktu yang lalu baru aja ngeluncurin sebuah merek activewear bernama Ivy Park. Kira-kira, kenapa ya doi engga pakai lini pakaiannya sendiri aja, Kawan Muda?

7. Kredit penulis super panjang

(Sumber: exclusiveworldpremiere.tv)

Kayak yang udah diungkapin Billboard, panjang kredit ‘Lemonade’ mencapai 3.105 kata. Mulai dari The Weeknd sampai Jack White dan sederetan nama kolaborator lainnya yang terlibat, semuanya itu nunjukin bahwa Beyoncé punya selera dan pengaruh yang beragam. Tapi, ini jangan ditiru buat nulis ucapan terima kasih di skripsi ya, Kawan Muda. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer