Sabtu, 13 Juli 2024

Genmuda – AriReda, duo folk yang terbentuk sekitar 34 tahun lalu akan menjalani tur tiga pulau, yakni Pulau Jawa, Pulau Bali, dan Pulau Sulawesi selama satu minggu dalam tur yang bertajuk ‘Still Crazy All These Years Tour 2016’.

Seperti diberitakan Rolling Stone, AriReda akan menyambangi enam kota dari ketiga Pulau tersebut, antara lain Jakarta, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, dan Makassar dari tanggal 13 Mei hingga 19 Mei 2016 mendatang. Sebagai langkah awal, Ari Malibu dan Reda Guidarmo akan melantunkan karya mereka di Coffeewar, Jakarta, pada 13 Mei 2016.

(Sumber: felixdass.com)

Dalam setiap kota yang disinggahinya, AriReda juga akan merilis Tour EP yang dicetak secara terbatas, sebanyak 500 keping. EP tersebut berisi empat lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya dari dua album yang sudah dilahirkan AriReda. Penjualannya pun tak dapat ditemukan di toko, selepas tur baru akan diperjual belikan secara online. Selain itu, sejumlah merchandise pun telah disediakan, termasuk kaos tur.

“Gue pengen AriReda menemukan pendengar yang baru, mereka yang muda dan nggak punya singgungan dengan kami di kampus dulu. Dan gue pengen jalan-jalan main musik,” ujar Reda kepada Felix Dass, selaku orang ketiga (promotor) tur, dikutip dari situs pribadinya.

Menurut Felix Dass, ide menggelar tur ini termasuk ‘gila’, karena dalam kurun waktu 6 hari, terdapat 3 pulau, dan 7 pertunjukan. Mengharuskan setiap hari berpindah dari kota ke kota.

Dalam situs miliknya, Felix selaku orang ketiga yang membantu gelaran tur ini pun membocorkan sedikit rahasia, yakni seluruh waktu pertunjukan akan berlangsung sekitar pukul 20.00 waktu setempat, pertunjukan akan berakhir pada pukul 22.30 setiap harinya, dan perjalanan terjadi di interval pukul 06.00 hingga 09.00 pagi dengan mode transportasi yang kebanyakan menggunakan pesawat terbang.

Ari Malibu dan Reda Gaudiamo pertama kali bertemu pada tahun 1982, dan mulai membawakan musikalisasi puisi sejak tahun 1988 silam. Dua buah album telah mereka gelontorkan, yaitu ‘Becoming Dew’ (2007) dan ‘Menyanyikan Puisi’ (2015). Di dalamnya, AriReda melantunkan puisi-puisi dari pujangga besar di Indonesia, seperti Sapardi Djoko Darmono, Mozasa, Goenawan Mohammad dan lainnya.

Berikut rangkaian tur AriReda “Still Crazy All These Years Tour 2016”:

Jumat, 13/5 – Jakarta, Coffeewar

Sabtu, 14/5 – Malang, Folk Music Festival 2016

Minggu, 15/5 – Surabaya, C20 Library (*)

Senin, 16/5 – Jogjakarta, Kedai Kebun Forum

Selasa, 17/5 – Denpasar, Teras Gandum at Rumah Sanur

Rabu, 18/5 – Makassar, Makassar International Writer’s Festival 2016

Kamis, 19/5 – Makassar, Makassar International Writer’s Festival 2016

(sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis