Minggu, 26 Juni 2022

Genmuda  Usaha jadi hal paling penting buat hidup Kawan Muda. Dengan berusaha kita bisa mencapai tujuan hidup yang kita inginkan. Mulai usaha cari uang sampe usaha cari jodoh.

Tapi kadang lewat usaha yang keras aja masih suka gagal, iya gak sih? Terus salahnya di mana ya? Bisa jadi kamu tipe orang yang kerja keras tapi engga kerja cerdas.

Nah, dari pada penasaran kali ini Genmuda.com bakal ngebantu Kawan Muda buat cari tahu perbendaan tersebut:

  1. Beristirahat
(Sumber: apairofpears.com)

Kedengerannya kontra produktif ya? Tapi jangan salah, dengan beristirahat secara berkala selama bekerja sebenarnya udah meningkatkaan produktifitas kamu setiap hari. Entah kamu kerja sebagai karyawan atau wirausaha coba deh istirahat sejenak dari aktivitas yang lakuin istirahat sederhana kayak duduk atau jalan-jalan kecil. Intinya jangan kerja dulu aja.

  1. Buat ritual sebagai bagian dari harimu
(Sumber: Scholastic)

Mulai lah hari dengan ritual pagi. Seperti meditasi, olahraga, atau cara-cara lain supaya dapat menyehatkan tubuh atau spiritualitas Kawan Muda. Selain itu, buat orang kantoran, coba deh bersihkan meja kerja kamu seminggu sekali biar terlihat lebih rapi. Karena secara gak langsung cara ini dapat meningkatkan mood kerja kamu.

  1. Do not disturb time
(Sumber: Etsystatic.com)

Buatlah waktu di mana kamu harus 100% persen bekerja tanpa ada gangguan dari orang lain. Buat yang kerjanya di rumah, biasanya ada tetangga yang ngajak rumpi atau kalau kerja di kantor kadang temen meja sebelah suka ngajak ngobrol. Mungkin kamu bisa buat warning ke mereka supaya gak menganggu di jam-jam tertentu supaya kamu tetap fokus bekerja.

  1. Cek Email dan Medsos di waktu tertentu

Dengan adanya smartphone kita jadi ketagihan buat cek email atau medsos terus kan. Coba kamu buat kebiasaan dengan hanya mengeceknya sekali ketika pagi dan sekali saat makan siang. Dengan begitu kamu tetap bisa fokus kerja dan gak bakal ketinggalan berita-berita di medsos. Jadi balance aja guys.

  1. Buat 3 urutan prioritas utama
(Sumber: healifyyourlife.com)

Memulai hari sebaiknya dengan perencanaan. Kawan Muda bisa membuat urutannya di pagi hari atau malam sebelumnya supaya hal-hal penting di esok hari gak bakal kelewatan. Dengan membaginya menjadi tiga akan membuat pekerjaan kamu terlihat gampang dan terencana.

  1. Buat kartu pengingat

Dengan menulis di secarik kertas/post-it dapat meningkatkan memori. Tapi kalau kamu emang anaknya gadget banget, ada aplikasi semacam Trello yang bisa digunakan. Simpelnya menggunakan kartu pengingat bisa membuat kerja kamu lebih baik dan on-time.

  1. Rapihkan tempat kerja
(Sumber: phuketmymac.com)

Dengan secara berkala menata folder yang ada di desktop atau dokumen dalam komputer bisa membuat kerja lebih tertata. Buat segalanya jelas, seperti dengan melabeli folder kantor hingga folder dari email pribadi. Percaya deh, manfaatnya dapat membuat kamu lebih efektif dalam bekerja. (sds)

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.