Selasa, 23 April 2024

Genmuda – Sejak single ‘Rather Be’ dirilis di bulan Januari 2014, nama Clean Bandit emang makin dikenal luas di berbagai penjuru dunia. Tapi, sebenarnya banyak loh hal-hal menarik seputar Clean Bandit yang masih belum diketahui publik.

Clean Bandit merupakan kelompok musik elektronik yang terdiri dari Jack Patterson, Luke Patterson, Grace Chatto, dan Neil Amin-Smith. Dibentuk di Cambridge, Inggris di tahun 2009, para personil kelompok musik tersebut ketemu pas sama-sama kuliah Jesus College, University of Cambridge.

Nama Clean Bandit diambil dari terjemahan sebuah frasa dalam bahasa Rusia, yang artinya mirip dengan frasa “complete bastard”. Tapi, Patterson kemudian bilang kalau sebenarnya istilah yang mereka pakai itu lebih mirip sama frasa “utter rascal”.

Menyusul perilisan single perdana mereka, ‘Mozart’s House’, di tahun 2010, Clean Bandit akhirnya ngeluncurin album debut mereka yang bertajuk ‘New Eyes’ di tahun 2014. Album yang terdiri dari 13 trek itulah yang turut ngemuat single ‘Rather Be’, kolaborasi pertama Clean Bandit bersama Jess Glynne.

Nah, selain fakta-fakta yang mungkin udah banyak kamu ketahui itu, berikut ini adalah 6 fakta menarik lainnya seputar Clean Bandit yang terungkap di acara jumpa pers konser Clean Bandit di Sheraton Jakarta Gandaria City, Selasa (7/12):

  1. Vokalis ilmuwan
Grace Chatto (Foto: Genmuda.com/2015 Aditya Soeprapto)
Grace Chatto (Foto: Genmuda.com/2015 Aditya Soeprapto)

Seperti yang udah diungkapin sama Grace, “Awalnya kami punya satu penyanyi. Tapi, dia juga berprofesi sebagai peneliti di bidang teknologi laser dan dia memutuskan untuk mengambil gelar doktor.” Otak kiri sama kanannya kayaknya seimbang banget tuh, Kawan Muda.

  1. Senang sama cuaca Indonesia
Shaane Harjani, Clean Bandit, dan Aldo Menayang (Foto: Genmuda.com/2015 Aditya Soeprapto)

Siapa sangka, para personil Clean Bandit ternyata senang dengan cuaca Jakarta yang hangat loh, Kawan Muda. “Kami langsung dari bandara ke sini. Jadi kami belum banyak lihat-lihat. Tapi cuacanya bagus. Cuacanya terasa menyenangkan karena di London sekarang rasanya membeku.”

  1. Inspirasi di balik ‘Rather Be’

“Sebenarnya lagu ini tidak punya inspirasi spesifik. Jack terobsesi melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum dan dia menulisnya saat sedang melakukan perjalanan dengan kereta. Dia menunjukkan sedikit musiknya kepada kami dan kemudian kami kembangkan.”

  1. Jake dan Luke Patterson = Liam dan Noel Gallagher
Clean Bandit (Foto: Genmuda.com/2015 Aditya Soeprapto)
Clean Bandit (Foto: Genmuda.com/2015 Aditya Soeprapto)

Ketika ditanya argumen seperti apa yang biasanya terjadi di antara mereka, Grace sempat bilang kalau, “Jake dan Luke sebagai kakak beradik tidak jauh berbeda dari Gallagher bersaudara.” Tapi, doi kemudian bilang juga kalau mereka semua hanya ngelontarin “argumen profesional”.

  1. Lagu paling berkesan
Jack Patterson (Foto: Genmuda.com/2015 Aditya Soeprapto)
Jack Patterson (Foto: Genmuda.com/2015 Aditya Soeprapto)

Kalau kamu nebak ‘Rather Be’, maka kamu keliru, Kawan Muda. Selama enam tahun di industri musik, Clean Bandit punya kenangan yang lebih kuat di lagu ‘Dust Clear’, yang syuting video klipnya berlangsung di Swedia. “Saya bisa bermain skate sampai beberapa mil di atas permukaan danau yang beku,” kata Jack. 

  1. Kolaborasi dengan Elton John
Clean Bandit (Foto: Genmuda.com/2015 Aditya Soeprapto)
Clean Bandit (Foto: Genmuda.com/2015 Aditya Soeprapto)

Ternyata engga cuma kita-kita doang yang suka sama Clean Bandit, penyanyi dan penulis lagu sekelas Elton John juga demikian. Gara-gara engga sengaja ketemu di sebuah pesta, Clean Bandit dan Elton John pun akhirnya mutusin buat kolaborasi.

“Beliau menyanyikan ‘Rather Be’ dan kami tidak menyangka beliau mengetahui karya-karya kami. Kami terkejut ketika mengetahui bahwa beliau ingin berkolaborasi dengan kami di album terbaru kami nanti,” kata Grace. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer