Sabtu, 18 Mei 2024

Genmuda.com – Isep sebatang aja, ratusan racun di rokok langsung menyerang seluruh badan mukai dari mulut dan paru-paru. Flek hitam langsung menutupi paru-paru dan dampak negatif rokok langsung terasa.

Healthline.com, 2014 nyebutin seenggaknya ada 27 masalah serius yang terjadi akibat rokok. Di antaranya adalah kanker, bronkitis, sakit hati, gigi keropos, rambut rontok, hingga bau badan. *Serem,

Meski banyak uji klinis yang bilang rokok itu ‘membunuhmu’, masih ada aja orang yang berdalih sebaliknya. Nikotin yang membuat mereka ketagihan bikin otak engga bisa lagi ngelihat fakta dan logika kayak gitu.

Susah sih, tapi bukan berarti berhenti merokok tuh engga mungkin. Kalo emang kamu peduli kesehatan dan engga mau sebats lagi, ikutin aja tips Genmuda.com di bawah ini:

1. Rajin olahraga

via giphy.com

Sisa nikotin yang ketinggalan di tubuh bisa bikin kamu terus ngerasa ketagihan. Karena itu perlu banget dikeluarin. Cara paling mudahnya dengan berolahraga sampai berkeringat. Mentalhealthdaily.com, 2015 bilang kalo makin banyak berolahraga, makin cepat pula metabolisme mengeluarkan nikotin dari tubuh. Ketika kadar nikotin udah rendah, engga ketagihan rokok lagi deh.

2. Jangan takut nambah berat

Orang yang berhenti merokok juga cenderung nambah berat badan cukup drastis. Kalaupun nambah berat, kan bisa diturunin lagi dengan berolahraga. Jangan parno dulu, karena rasa parno justru memicu kamu pengen merokok.

3. Jangan diet tapi konsumsi gizi seimbang

via giphy.com

Waktu nikotin berkurang itu, badan cenderung lebih mudah stres. Mengurangi porsi makan bikin otak menanggung stres ganda.  Studi dari Duke University Amerika Serikat yang dibahas di TheDailyMeal.com, 2015 nyebutin bahwa minum segelas susu bisa mengurangi dorongan merokok. Berdasarkan pengalaman penulis, susu murni juga berguna menyehatkan paru-paru loh.

4. Cari ‘isepan’ alternatif

Saat mulut jadi asem dan kelakuan mendadak kayak orang lagi sakau, jangan pernah turutin insting buat ngebakar sebatang lagi. ‘Kibulin’ aja perasaan itu dengan makan yang manis-manis, menghisap wortel, atau makan permen karet rendah gula. Sabar, jalan menuju kebaikan emang berat perjuangannya. *sedap

5. Sering-sering sikat gigi

via grolsch.com

Mulut asem juga bisa diakalin dengan menyikat gigi. Kalo bisa, pakai pasta gigi rasa mint supaya mulut terasa segar setelah disikat. Sisa nikotin yang nempel di mulut pun bisa hilang setelah disikat. Mantap. Cara ini direkomendasiin sama Cancer.org.

6. Minta dukungan orang terdekat

Engga mesti dukungan secara material, kok. Dukungan moral juga sebenernya dibutuhin orang yang dalam masa rehabilitasi rokok seperti ini. Jadi, libatkan aja pacar, temen, bos, atau bahkan orang tua kalo kamu emang bertekad berhenti merokok selamanya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.