Sabtu, 27 Februari 2021

Genmuda – Selain keluarga, katanya sih orang yang paling bisa kamu andelin itu biasanya adalah teman-teman kamu. Tapi, kamu udah yakin belum kalau teman-teman yang kamu punya sekarang ini memang teman-teman yang tepat buat kamu?

Pas lagi pengen ketawa atau butuh bahu buat bersandar, di situlah peran seorang teman bakal kamu butuhin. Kalau engga ada teman yang selalu setia setiap saat di samping kamu, kamu mungkin bakal kayak kehilangan arah dan tujuan hidup. Setuju engga tuh, Kawan Muda?

Namun demikian, engga bisa diungkiri pula kalau di sisi lain pertemanan yang kamu jalin selama ini bisa aja udah nyakitin dan ngasih pengaruh yang engga sehat buat kamu. Yang lebih parahnya lagi, ada kalanya kamu pun malah terkesan ngebiarin dan seakan engga mau tahu soal hal itu.

So, gimana nih, Kawan Muda? Masih mau terjebak dalam hubungan pertemanan yang ngejerumusin kamu? Well, kalau kamu masih ragu atau belum percaya juga, mending kamu cek dulu deh 5 dari sekian banyak tanda kalau hubungan pertemanan kamu udah engga sehat berikut ini:

  1. Mereka engga ngedukung kamu apa adanya

Ceng-cengen sebenarnya memang merupakan hal yang wajar di kalangan teman apalagi anak muda. Yang engga wajar adalah kalau ejekan dan kritik yang engga ngebangun lama-kelamaan jadi bagian dari sebagian besar percakapan kamu dan teman-teman kamu.

FYI, ada loh orang yang suka ngejatuhin orang lain supaya bisa ninggiin dirinya sendiri. Kalau kamu ngerasa ada teman-teman kamu yang udah kaya gitu, mending kamu kasih tau mereka supaya lebih ngehargain kamu atau engga ya udah kamu mundur perlahan aja kalau mereka engga mau berubah.

  1. Mereka cuma mentingin diri sendiri

Mentingin diri sendiri di sini maksudnya adalah teman-teman kamu cuma pengen nerima aja, tapi engga mau berusaha buat balik ngasih sesuatu ke kamu. Dengan kata lain, mereka cuma bakal nyari kamu pas ada perlunya aja dan bakal jarang ada pas kamu lagi ngebutuhin mereka.

Coba deh kamu omongin dan perjelas lagi ke mereka kalau kamu juga perlu hubungan pertemanan yang lebih seimbang. Ingat, yang namanya pertemanan itu seharusnya engga berat sebelah.

  1. Mereka bikin kamu ngeluarin semua hal buruk dalam diri kamu

Ngeluarin hal buruk pada dasarnya bisa berarti dua hal, yaitu teman-teman kamu ngepengaruhin kamu atau mereka justru maksa kamu buat nunjukin perilaku tertentu, kayak misalnya pakai narkoba. Kamu awalnya mungkin engga sadar akan hal ini, tapi ada saatnya kamu pasti bakal pengen ngelepasin diri dari jeratan mereka. Kamu sebenarnya bisa aja balik ngepengaruhin mereka dengan hal-hal positif, tapi jangan lupa kalau ngubah seseorang jadi lebih baik itu engga semudah ngebalikin telapak tangan.

  1. Mereka bikin kamu makin engga percaya diri

Kalau kamu udah mulai ngeraguin dan ngebanding-bandingin diri kamu sama teman-teman kamu atau ngerasa engga bisa mencapai sesuatu karena mereka bilang kamu engga bakal mampu, kamu harus waspada. Teman yang baik seharusnya bisa memotivasi kamu, bukan bikin kamu ngeremehin diri kamu sendiri. Oleh karena itu, lagi-lagi kamu harus ngomongin semuanya ke teman kamu biar semuanya jelas dan cobalah buat selalu ngelihat diri kamu secara positif dengan motivasi yang sehat.

  1. Mereka terus-terusan ngecewain kamu

 

Entah suka bikin keputusan sepihak atau engga bisa ngejaga rahasia, yang jelas kedua contoh tersebut sama-sama berbahaya buat hubungan pertemanan kamu. Kalau hal-hal semacam itu terus-terusan berulang, kamu ujung-ujungnya pasti bakal capek sendiri. Daripada kayak gitu, mending kamu aja yang pergi dan ngehabisin waktu kamu sama orang-orang yang memang lebih bisa kamu percaya. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer