Selasa, 4 Agustus 2020

Genmuda – Pas deket suka nyebelin, tapi pas jauh ternyata malah ngangeninnya minta ampun. Hal tersebut mungkin pernah atau bahkan sering Kawan Muda alami dalam kehidupan sehari-hari kamu bersama dengan kedua orang tua kamu.

Pas kamu lagi ngabisin waktu di rumah, sadar engga sadar pasti ada aja kelakuan ortu kamu yang bikin kamu kesel sekesel-keselnya. Mau ngamuk tapi kamu segan dan takut durhaka sama mereka, mau diam aja tapi kamu bete dan baper parah.

Meski begitu, lama kelamaan kamu akhirnya malah jadi terbiasa dengan berbagai lika-liku yang dibuat oleh ortu kamu. Pas mereka engga ngelakuin hal-hal itu, kamu pun bisa jadi malah bakal ngerasa ada yang aneh atau ada yang kurang dari mereka.

Mau tahu apa aja kelakuan khas ortu yang nyebelin tapi bakal ngangenin? Berikut ini adalah 5 di antaranya versi Genmuda.com:

 

  1. Nanya nyokap, disuruh tanya bokap. Nanya bokap, disuruh Tanya nyokap

Lagi butuh jawaban yang singkat, padat, dan jelas, eh dua-duanya malah saling lempar dan engga ada yang mau langsung kasih jawaban. Padahal pertanyaan kamu pun mungkin engga ribet-ribet amat, misalnya cuma seputar minta izin buat pergi.

Well, di-php-in memang engga ngenakin, walaupun yang php-in kamu itu ortu kamu sendiri. Tapi, nanti bakal ada masanya dimana kamu bakal pengen di-php-in ortu kamu lagi. Masih bagus loh mereka cuma lempar-lemparan jawaban pertanyaan kamu, bukan lempar-lemparan hak asuh kamu.

 

  1. “Ajarin lagi dong…”

Namanya juga orang tua, faktor U alias Umur sering kali udah susah banget buat dilawan. Apalagi kalau menyangkut hal-hal yang berbau teknologi atau yang mereka anggap super canggih, siap-siap aja jadi guru yang baik deh, Kawan Muda.

Tapi, coba deh bayangin gimana sabarnya ortu kamu pas ngadepin kamu dulu yang masih kecil dan engga tahu apa-apa. Kekekian kamu yang harus berkali-kali ngasih tahu ortu kamu tentang hal baru yang menurut mereka wah jelas masih belum ada apa-apanya dibanding kesabaran mereka itu.

 

  1. Kemarin ngebangga-banggain, sekarang ngejatuhin

Ortu mana sih yang engga bangga kalau anaknya berhasil meraih prestasi tertentu? Biar sampai mulut berbusa juga asalkan satu dunia tahu keberhasilan kamu pasti ortu kamu engga bakal berhenti ngomongin prestasi kamu di berbagai kesempatan.

Sayangnya, engga jarang ortu kamu juga gampang berpindah haluan buat ngebeberin keburukan kamu di depan banyak orang. Tengsin sih pasti, tapi anggap aja ini berarti ortu kamu udah paham betul gimana baik dan buruknya kamu.

 

  1. “Pakai uang kamu dulu, nanti diganti”

Masalah duit sering kali engga gampang buat diselesaiin, engga terkecuali dalam lingkup keluarga. Ngomongnya sih memang “Pakai uang kamu dulu, nanti diganti”, tapi kenyataannya ortu kamu malah suka melakukan kebalikan dari omongannya itu.

Wajar-wajar aja kalau kamu kesal karena merasa rugi bandar. Tapi, lagi-lagi kamu dihadapkan pada kenyataan bahwa ortu kamu udah ngelakuin banyak hal buat kamu secara cuma-cuma. Apalagi kalau kamu masih ditanggung ortu kamu, mending jangan terlalu perhitungan.

 

  1. Kepo dan SKSD sama teman-teman kamu

Ini dia kelakuan ortu yang paling bisa bikin anak-anaknya kesal. Setiap ada teman datang atau ketemu di jalan, ada aja hal yang ditanyain ke kamu atau langsung ke teman kamu, mulai dari nama, alamat, bahkan sampai bibit, bebet, dan bobot keluarganya.

Kamu pun mungkin bakal merasa bahwa ruang pribadi kamu udah dijajah habis-habisan sama ortu kamu. Kendatipun demikian, kekepoan dan ke-SKSD-an ortu kamu sebenarnya merupakan salah satu bentuk perhatian mereka ke kamu supaya kamu engga salah bergaul.

 

Finally, terlepas dari nyebelin tapi ngangenin atau engga nyebelin dan engga ngangenin sama sekali, segala hal yang dilakuin ortu buat kamu tentu ada maksudnya. Sekarang kamu mungkin belum tahu, tapi suatu hari nanti kamu pasti bakal mensyukurinya. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer