Sabtu, 25 Juni 2022

Genmuda – Bersih-bersih rumah tuh emang kadang jadi hal yang menjemukan. Apalagi kalo males tuh udah sebagian dari passion hidupmu. Mau angkat kaki buat ambil sapu aja terasa berat, kayak mikirin masa lalu kamu sama mantan. Berat banget.

Bersih-bersih emang bikin males banget, secara itu tuh repot. Belum lagi kalo misalnya kamu moody-an, lengkap sudah alasan kamu buat menunda-nunda. Akhirnya rumah kamu jadi kotor dan jadi dipenuhi sarang laba-laba, nyamuk, bahkan kecoa.

Eh, ngebahas ini jadi inget lagunya Enno Lerian, liriknya gini, “banyak nyamuk di rumahmu… gara-gara kamu… males bersih-bersih.” Tuh kan, Enno Lerian aja curhat lewat lagu. Kalo kamu males bersih-bersih, yaudah deh rumah kamu pasti jadi kapal pecah. Tinggal nunggu aja kecoa terbang ke arah kamu.

Buat kamu yang menjunjung tinggi rasa males, Genmuda selalu punya solusi. Nih, 5 jurus ampuh yang bisa dipake bersih-bersih sambil males-malesan. Tips ini berguna dan bisa ngerubah hidup kamu selama-lamanya, wahai pemalas.

 

1. Jalan-jalan pake kaos kaki di dalam rumah

(anenglishaccent.blogspot.com)

Males banget bersihin lantai? Kamu tau kan kaos kaki tebel yang hangat dan nyaman dipake itu? Pake langsung waktu di rumah, dan jalan-jalan. Selamat! Kamu baru aja nyapu lantai dan bersihin debu-debu juga kotoran.

2. Mengkilap dengan sekali semprot

(smithocracy.com)

Namanya juga rumah, pasti isinya banyak perabotan aka furniture-furnitur, dan kebersihan benda itu tuh jadi salah satu yang harus diperhatiin. Repot kan kalo di rumah ada banyak? Apalagi papa kamu kolektor apa gitu.

Tipsnya, pake aja semir furniture. Beli satu, terus semprot-semprotin ke semua furniture di rumah kamu biar tetep keliatan mengkilap walaupun engga dibersihin bertahun-tahun. Dalam sekejap barang-barang di rumah lebih cetar daripada muka kamu.

3. Jangan pake alat makan di rumah kecuali kedatangan tamu

(buzzfeed.com)

Piring, mangkok, sendok, garpu, gelas, kubur semuanya dalam-dalam. Mencuci alat makan tuh jadi salah satu hal yang malesin. Kalo begitu ya jangan pake! Atau seenggaknya minimalisir penggunaannya, biar kamu juga jadi jarang nyuci.

Hindarin minum pake gelas, langsung aja minum dari dispenser atau langsung dari galonnya. Bikin kopi? Seduh langsung di mulut kamu. Biar greget.

4. Masukan ‘Lakban’ atau isolasi raksasa ke daftar belanja bulanan

(whisper.sh)

Bersihin debu di meja atau di jendela engga repot lagi. Rekatkan aja semua permukaan benda di dalam rumah dengan lakban, dan tarik lepas semuanya, debu pun hilang dengan sekejap.

 

5. Masukin plastik food wrap ke daftar belanja bulanan

(mommysavers.com)

Gunain barang yang satu ini buat ngelapisin semua perabotan rumah yang terbilang gampang banget kotor, kayak oven, kulkas, tempat piring dll. Food wrap bisa bikin kamu yang super males jadi solusi buat bersih-bersih tanpa harus ngelap sana-sini. Kalo kotor? Tinggal ganti lagi kan.

Gimana? Udah ada semangat buat bersih-bersih? Apa kamu masih tiduran sambil megang HP? (sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis