Sabtu, 17 April 2021

Genmuda – Dari masa ke masa, kopi selalu hadir sebagai salah satu jenis tanaman sekaligus minuman yang paling populer. Di Indonesia aja misalnya, belakangan ini kopi jadi makin diminatin sama sejumlah kalangan dan bahkan sampai dijadiin media buat ngilangin nyawa orang.

Seiring dengan maraknya kasus kopi sianida yang udah newasin Wayan Mirna, popularitas kopi di Tanah Air bisa dibilang kian hari juga kian meningkat. Hal itu pun antara lain terbukti dengan kemunculan menu Kopi Sianida di Warung Kopi Sweetness 588 di kota Parepare yang terinspirasi dari kasus tersebut.

Well, terlepas dari itu semua, sebenarnya masih ada beragam fakta mengejutkan lainnya seputar kopi yang wajib kamu tahu, apalagi kalau kamu termasuk penggila kopi. Berikut ini adalah 5 di antaranya, yang udah Genmuda.com rangkum dari Seventeen:

  1. Kopi bakal bekerja dengan sangat baik kalau kamu minum di antara jam 09:30 sampai 11:30

Hal ini terjadi karena tingkat kortisol (hormon yang ngendaliin jam biologis kamu) ngalamin penurunan dan kafein berinteraksi sama kortisol. Kalau kamu minum kopinya kepagian pas kortisol kamu masih tinggi, kamu nantinya bakal butuh lebih banyak kopi buat ngerasain pengaruh yang sama.

  1. Webcam pertama dibuat gara-gara kopi
(Sumber: Quentin Stafford-Fraser/Seventeen)

Ini agak random sih, tapi sebenarnya masuk akal. Di tahun 1991 di University of Cambridge, Inggris, orang-orang udah muak banget gara-gara harus jalan jauh-jauh cuma buat nemuin teko kopi yang udah kosong. Mereka pun akhirnya ngebuat sebuah webcam yang bakal nunjukin keadaan teko kopi tersebut pada jendela hitam putih berukuran 128×128. Cikal bakal Skype sama FaceTime nih, Kawan Muda!

  1. Kopi paling mahal di dunia diekstrak dari kotoran gajah

Di Thailand, gajah-gajah ternyata dikasih makan biji kopi yang nantinya bakal diambil lagi dari kotoran mereka. Minuman kopi yang dibuat dari biji-biji tersebut katanya sih punya rasa yang sederhana dan lembut. Kira-kira enakan mana ya sama kopi luwak?

  1. Orang Amerika paling banyak ngekonsumsi kopi per tahun

FYI, orang Amerika ternyata bisa ngekonsumsi sampai 400 juta gelas kopi per hari. Dengan kata lain, mereka mampu ngabisin sekitar 146 miliar gelas kopi per tahun. Mereka engga kembung kali ya minum kopi terus, Kawan Muda? Ya pantas aja Starbucks masih laris manis tanjung kimpur.

  1. Alasan di balik rasa kopi yang engga seenak wanginya

Menurut para ahli, hal ini terjadi karena kamu sebenarnya punya dua rasa penciuman, yaitu bau yang kamu hirup dari lingkungan dan ledakan aroma yang dikirim lewat bagian belakang hidung dari bagian dalam mulut saat kamu menelan. Ludah kamu bakal ngilangin sekitar setengah rasa harum pada kopi, sehingga pada dasarnya kopi terasa lebih enak pas kamu hirup ketimbang pas kamu rasain di dalam mulut kamu. Ludah kamu ngelawan kamu banget deh pokoknya. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer