Selasa, 19 Januari 2021

Genmuda – Saat alam kembali tumbuh rindang di atas puing-puing peradaban, manusia terpinggirkan ke dalam kelompok-kelompok kecil. Spesies mereka terancam punah oleh robot-robot misterius yang menyerang saat mereka berburu dan meramu di alam bebas.

Seorang perempuan pemburu bernama Aloy perlu berhati-hati tiap doi mencari hewan buruan setiap hari. Bermodalkan busur-panah, akurasi jitu, kecekatan, dan kecerdikannya, doi diberi tugas penting sebagai pelindung sukunya dari serangan Machines ataupun suku lain.

Pada akhirnya, Aloy justru perlu berpetualang ke sarang para Machine buat menyelamatkan sukunya sekaligus menguak sejarah kehancuran dunia yang hilang ratusan tahun silam. Berhasilkan doi menunaikan amanat sukunya?

Jawabannya cuma Kawan Muda yang bisa jawab dengan mainin game “Horizon Zero Dawn,” yang bakal rilis khusus PS4, 28 Februari. Game besutan developer Guerrilla Games itu udah dirilis terbatas buat sejumlah reviewer. Di bawah ini adalah review yang berhasil Genmuda.com tampung. Awas ngiler!

1. Perpaduan masa paleolithikum dan futuristik

via playstation.com.
(Sumber: playstation.com).

Elemen estetis game buatan orang-orang Belanda itu bakalan beda banget dari yang pernah ada karena gabungin unsur purba dan masa depan. Aloy berpakaian dengan baju kulit hewan seperti orang di era paleolithikum, tahun 10 ribu SM tapi senjatanya pakai panah robotik.

Musuh yang perlu dihadapi juga bentuknya seperti dinosaurus, badak, atau harimau robot. Di game itu, peradaban manusia pernah mencapai masa ‘robot-robotan.’ namun secara cepat musnah hingga tersisa robot dan segelintir orang doang.

2. Open world

via playstation.com.
(Sumber: playstation.com).

Pastinya konsep open-world yang dipakai di “Horizon Zero Dawn.” Game-play di alam terbuka juga lebih mendominasi daripada di dalam ruangan. Dengan kata lain, engga bakal banyak loading screen saat berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain.

3. Simulasi survival

via playstation.com.
(Sumber: playstation.com).

Supaya nuansa neolithiknya terasa, Guerrilla Games juga nambahin unsur simulasi survival. Kamu perlu manfaatin segala sumber alam yang ada buat bertahan hidup atau gunain ceruk batu, semak, dan pohon rindang buat sembunyi dari pengawasan Machines yang engga punya perasaan.

4. Strategi banget

via playstation.com.
(Sumber: playstation.com).

Gawatnya, semua robot buas di game ini jauh lebih kuat dari manusia. Sementara itu, Aloy cuma sendirian dalam petualangannya. Karena itulah, kamu perlu mengatur strategi berburu, tau tempat ngumpet yang pas, dan pastinya mengantisipasi gerak lawan supaya engga gampang tewas.

Untunglah Aloy dibekali pengetahuan yang luas dalam membuat banyak banget jenis perangkap, senjata, dan skill supaya game-playnya seimbang. Berbagai review bilang kalo suasananya seperti berburu hewan buas beneran.

5. Api unggun = fast travel

via playstation.com.
(Sumber: playstation.com).

Engga afdol kalo game open world alam bebas engga ada api unggunnya. Bedanya, api unggun di “Horizon Zero Dawn” bukan cuma sebagai hiasan, tapi merupakan save-point dan titik fast travel. Kalo udah “berkemah” di salah satu api unggun, kamu cuma perlu ngeklik lokasi api unggun itu lagi di menu kalo mau balik ke situ lagi.

Dengan fitur-fitur seperti di atas, game-nya bisa dikategorikan sebagai Role Playing Game. Gambarnya engga usah ditanya lagi. Pasti bagus karena dibuat berdasarkan arsitektur terbarunya Sony. Tertarik mencoba? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.