Senin, 15 Juli 2024

Genmuda – Dear, seluruh dunia. Jangan terus-terusan salahin mahasiswa yang lama ngerjain skripsi/tugas akhir. Keterlambatan bisa jadi karena faktor eksternal. Selain perkara virus, komputer mendadak rusak, dan dosen pembimbing yang tau-tau berubah pikiran, nyari sumber ilmiah juga susah, keleus!

Kamu yang udah pernah skripsian pasti ngerti perjuangan nyari sumber ilmiah. Sumber yang pas sama tema skripsi, gampang dipahami, dan gak banyak dipakai ibarat hewan langka. Sekalinya nemu, belum tentu cocok sama dosen pembimbingnya. Kalo mau maksa sih bisa, tapi siap-siap aja dibantai pembimbing sendiri pas sidang.

Pada akhirnya, mahasiswa jadi panik sendiri dan kebanyakan meratapi nasib daripada jalan keliling perpustakaan. Gimana mau jalan kalo ongkosnya udah abis buat ngeprint berlembar-lembar dan bayar biaya fotokopi yang sengaja dimahalin saat mahasiswa butuh. Kalo itu masalah kamu, coba deh nyari sumber di 10 situs ini. Kali aja ngebantu.

1. Onesearch.id

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Onesearch.id tuh ibarat “Googlenya hampir semua perpustakaan Indonesia.” Situsnya bakal nunjukin judul buku yang dicari dan perpustakaan di seluruh Indonesia (termasuk perpustakaan kampus) yang punya koleksinya. Tinggal kamu samperin perpusnya dan minjem sesuai kode katalog. Sangat ngebantu ketika dosen pembimbing pengen ngeliat bukti fisik atau fotokopiannya.

2. Perpusnas.go.id

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kabar gembira untuk kita semua. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) kini ada onlinenya. Situsnya ngasih banyak sumber gratisan. Ngapain bayar kalo semua bisa gratis. Tapi, jelas gak semua terbitan buku, majalah, koran, jurnal, artikel bisa diakses. Kecuali, kamu udah terdaftar jadi anggota perpustakaan nasional.

3. iPusnas

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Atau, kamu bisa pakai iPusnas yang lebih canggih. Nyari bukunya segampang nyari aplikasi kayak Google Playstore. Apliaksinya legal karena buku yang kamu download-pinjam harus dibalikin lagi ke “perpus digitalnya.” Terus, bisa follow dan pamer lagi baca buku apa kayak di medsos.

4. Neliti.com

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Cari berbagai peraturan daerah, peraturan pemerintah pengganti undang-undang, keputusan hakim, dan sekala studi kebijakan Indonesia lewat situs yang hadir berkat kerja bareng LIPI, Perpusnas, dan banyak kampus di Indonesia. Anak Hukum dan FISIP gak bakalan bingung lagi nih.

5. e-journals.org

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Karena gak berbayar, situs e-journals.org jelas lebih ribet dipakai daripada situs penyedia jurnal ilmiah. Karena gak ada search bar di semua halamannya, kamu harus nyari sendiri jurnalnya berdasarkan link kategori, sub kategori, dan sub-sub kategori yang disediakan.

6. OpenStax.org

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Project baik hati Bill Gates dan istrinya ini ngasih kamu sumber ilmiah buatan mereka sendiri. Akurasinya terjamin kok karena sumber-sumber di OpenStax direview sama banyak pakar. Akan tetapi, kebanyakan sumbernya tuh ngebahas Amerika Serikat doang. Cocok buat kamu yang lagi penelitian soal AS.

7. Project Gutenberg

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Apa yang harus kamu lakukan ketika skripsi kamu ternyata butuh sumber klasik yang gak dijual di toko buku mainstream, side-stream, dan tukang buku bekas? Jangan nangis karena masih bisa mencarinya di situs Project Gutenberg yang merumahi banyak buku-buku terbitan tahun jebot.

8. e-booksdirectory.com

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Novel, referensi, kamus, buku teori, atau sumber lain yang engga ketemu di Project Gutenberg mungkin bisa kamu temukan di e-booksdirectory.com. Coba deh siapa tau sumber yang kamu butuhin bisa didownload di situs ini.

9. intechopen.com

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Anak-anak sains, biologi, kedokteran, dan cabang ilmu IPA mungkin bisa andalkan situs yang satu ini buat nyari sumber. Koleksinya terbilang lengkap karena menyediakan buku dari tahun 1990-an sampai buku terbaru. Cuma, gak semuanya bisa didownload gratis.

10. BookFi

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

BookFi 10 tahun lalu punya puluhan juta koleksi buku. Setelah situsnya “digerebek” FBI dan pihak berwajib dari seluruh dunia, web download buku PDF gratisan itu sempet down. Kini, udah naik lagi tapi koleksi bukunya berkurang jadi tinggal 2 jutaan. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.