Rabu, 19 Februari 2020

Genmuda – Kebanyakan anak muda memandang jomblo sebagai prinsip (baca: momok). Namun siapa sangka ada banyak manfaat di balik lamanya menjadi jomblo. Salah satunya kamu bakal punya waktu luang dan tabungan lebih banyak daripada mereka yang punya pacar.

Serius. Daripada kamu baper ngeliat orang di sekitar kamu pacaran dan pergi tarawih bareng (kamu kapan?), kamu bisa ngelakuin sejumlah kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan sewaktu menjomblo.

1. Kejar karir

Jadikan masa jomblo kamu buat fokus mengejar karir dan prestasi. Kamu mau kuliah, bisa. Mau kerja, bisa. Mau tinggal di luar negeri terus punya pacar bule, juga bisa. Intinya dunia engga cuma urusan cinta-cintaan doang kok.

2. Sekolah lagi

Buat sebagian orang, pendidikan adalah nomor satu. Karena menjomblo, kamu bisa gunain waktu luang ekstra buat belajar. Kalo perlu, kamu ambil beasiswa dan banyak jurusan biar gelar di nama kamu makin panjang dan terlihat kece di mata calon mertua nanti.

3. Flirting sama banyak orang

Ngumpul dengan sahabat sendiri emang seru. Tapi, nongkrong bareng lawan jenis tuh punya rasa menyenangkan yang engga bisa diungkapkan lewat tulisan. Karena kandidat pacar selanjutnya makin banyak, kamu pun makin bisa milih pasangan yang paling tepat. #maritebarjala

4. Jalan-jalan sepuasnya

Daripada waktu ‘me time’ kamu kelewat banyak dipakai buat tidur, main game, atau bengong jorok, kamu bisa cabut dan menikmati hidup dengan jalan-jalan. Ada banyak banget loh keindahan alam, budaya, juga manusia di kota lain yang bisa meningkatkan mood dan bikin kamu lebih baik. Kalo perlu, kamu jalan-jalan ke luar negeri untuk ngebuka pikiran kamu. Siapa tau bisa ketemu jodoh di perjalanan.

5. Mendalami hobi

Karena punya lebih banyak waktu dan uang tabungan relatif lebih banyak dari yang punya pacar, kamu bisa juga mendalami hobi kamu. Kamu yang hobi ngegame di komputer bisa upgrade komputer dengan VGA card, Mother Board, dan Processor teranyar. Sementara yang hobi motor bisa modifkasi motor jadi versi klasik, bobber, japstyle, atau racing. Pokoknya masih banyak lagi.

6. Banyak nabung

Buat yang engga suka nongkrong-nongkrong mungkin bisa mengalokasikan dana demi masa depan. Asalkan kamu engga boros dan engga suka bakarin duit. Kalo ada rezeki lebih, kamu juga bisa ikutan investasi biar dapat hasil lebih besar di kemudian hari. Begitu ada orang yang cocok, kamu engga perlu kelamaan pacaran dan bisa langsung gunain tabungan buat nikah. Mantap kan?

Dengan ngelakuin enam hal itu, pikiran kamu bakal teralihkan dari kegalauan jomblo yang biasa menyerang anak muda. Tapi, bukan berarti kamu harus terus-terusan mengalihkan pikiranmu hingga akhirnya kamu jadi jomblo selamanya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.