Rabu, 19 Desember 2018

Genmuda – Siapa bilang hal-hal ilmiah bikin boring? Buktinya masih banyak ‘segaban’ fakta ilmiah yang jarang diketahui banyak orang, termasuk kamu. Iya kamu yang lagi baca tulisan ini di Genmuda.com dong.

Gak pake lama, berikut 15 fakta ilmiah yang jarang orang tau dan siap bikin kamu ‘blown mind’. Cekidot!

1. Bersin manusia secepat mobi Formula 1

via: Metro.co.uk

Receh sih ya, tapi secara ilmiah kecepatan udara saat kamu bersin itu mencapai 70 meter per detik atau sekitar 250 km/jam. Bahkan dalam sekali bersin kamu udah mengeluarkan 40.000 butiran air. Waw!

2. Makhluk hidup terbesar di dunia adalah jamur

via: Tenor

Kalo kamu pikir mahkluk hidup terbesar di dunia adalah ikan paus biru, kamu salah. Nyatanya makhluk hidup terbesar di dunia adalah jamur dengan nama latin Armillaria ostoyae yang berada di Malheur National Forest, Oregon, Amerika Serikat. Jamur yang berada di bawah tanah ini punya ukuran 890 hektare dan berusia lebih dari 2.400 tahun.

3. Kutu lebih cepat daripada pesawat luar angkasa

via: Giphy

Biarpun kecil seekor kutu ternyata bisa melompat sejauh 3,14 inci per milidetik. Jika dihitung secara matematika hasilnya lompatan kutu 50 kali lebih cepat ketimbang pesawat luar angkasa.

4. Paru-paru manusia seukuran lapangan tenis

via: Tumblr

Serius. Tubuh manusia butuh oksigen 2-3 liter/menit, dan paru-paru harus siap memasoknya secara terus menerus jika tidak tubuh akan mengalami hipoksia atau kekurangan oksigen dalam jaringan. Jika luas paru paru 50 cm² itu baru bisa memenuhi 2-3 liter oksigen permenit belum termasuk cadangan bisa mencapai 6 liter/menit. Untuk memungkinkan hal itu paru-paru harus berukuran 70 meter² atau seukuran lapangan tenis.

5. Cowok lebih banyak menurunkan sel genetik ke anaknya

via: Tenor

Percaya atau engga, para sebuah peneliti genetika menemukan jika sel genetik laki punya pengaruh besar dalam gender anak mereka. Biasanya pria yang punya saudara perempuan lebih banyak akan lebih banyak punya anak perempuan, begitu juga sebaliknya.

6. Ikan sumpit dapat mengingat wajah orang

via: giphy

Ikan kecil yang suka menyemburkan air ke atas permukaan ini ternyata punya kemampuan mengingat wajah banyak orang. Bahkan tingkat akurasinya mencapai 80% berdasarkan hasil penelitian dari Universitas Oxford.

7. Menara Eiffel bertambah tinggi

via giphy.com

Hal ini bisa dijelasin karena besi pada menara Eiffel memuai jika terkena panas. Otomatis menara ikonik di kota Paris ini bakal bertambah tinggi sekitar 5,9 inci setiap musim panas.

8. Ada ikan yang bisa berjalan dengan sirip

via: earthsky.org/

Ikan yang Genmuda.com maksud adalah Cryptotora thamicola atau yang dikenal dengan nama ikan malaikat gua. Spesies ini adalah satu-satunya ikan yang bisa berjalan karena punya panggul yang dikembangkan dan menggunakan sirip mereka layaknya sebuah reptil yang menggunakan anggota badan mereka buat berjalan.

9. Monalisa punya alis

via: Medium
(Sumber: Istimewa)

Seorang spesialis seni, Pascal Cotte meneliti lukisan Monalisa dengan perlataan khusus. Dari situ Cotte menemukan fakta bahwa awalnya Leonardo da Vinci melukis Monalisa dengan alis. Cuma, karena kondisi cuaca dan berjalannya waktu, gambar alist tersebut menjadi samar. Fakta lainnya, ternyata Monalisa punya wajah lebih lebar dan warna langit dalam lukisan itu awalnya lebih biru.

10. Kopi mengecilkan ukuran payudara

via: Tenor

Ini bukan mitos ya. Secara ilmiah 3 cangkir kopi dalam sehari akan membuat ukuran payudara wanita mengecil. Hal ini disebabkan oleh kafein yang membakar lemak dalam tubuh, termasuk pada jaringan adiposa yang membentuk payudara.

11. Otak butuh energi setiap saat

Tau gak, saat terjaga maupun lagi tidur, ternyata otak kita tetap membutuhkan energi setara dengan bola lampu berukuran 10 watt.

12. Suara bising dari gambar semut di TV adalah jejak Big Bang

via: Tenor

Big Bang atau ledakan cahaya yang diyakini beberapa orang sebagai awal mula terbentuknya alam semesta dipercaya masih bisa kita temu. Sebuah peneliti dari Universitas of California tahun 2010 beranggapan jika suara bising yang dihasilkan oleh saluran tv kosong (gambar semut) adalah jejak peninggalan Big Bang.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.