Rabu, 19 September 2018

Genmuda – Namanya bisa berubah tiap tahun tapi ujian masuk perguruan tinggi negeri selalu ngasih pengalaman yang sama. Demi hadapi deretan soal dengan tingkat kesulitan tertinggi pada usia sekolah, banyak anak kelas XII ikut bimbel di luar sekolah.

Daya saing peserta bimbel jelas meningkat jauh, sebanding sama biaya yang dikeluarin. Namun demikian, bukan berarti anak kelas XII yang bujetnya ngepas gak bisa punya daya saing serupa.

Cobalah tengok AppStore atau PlayStore. Di situ banyak aplikasi persiapan ujian masuk perguruan tinggi, try-out ujian, dan pastinya kumpulan rumus untuk dipelajari. Download aja aplikasi di bawah ini.

1. SBMPTN 2018 – Xpressia5

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Aplikasi dengan nama simpel dan gampang di inget ini menyediakan fitur Try Out online dan sistem ranking kayak game online. Soalnya ada lebih dari 1.000 yang dihimpun dari ujian zaman dulu sampe ujian terkini lengkap sama kunci jawabannya. Soal-soal ujian STAN juga ada di dalamnya, loh.

2. Soal SBMPTN dan SNMPTN – AlienDroid

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Bukan cuma ngasih berbagai latihan soal ujian hardskill beserta kisi-kisi, aplikasi keluaran AlienDroid ini juga punya berbagai koleksi Tes Potensi Akademik. Ujian softskill itu biasa digelar buat menyeleksi penerima beasiswa atau mahasiswa yang keterima tanpa ujian tulis.

3. Try Out SBMPTN -Minterin Studio

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Aplikai keluaran Minterin Studio ini dipilih karena punya sistem penilaian try out ala ujian masuk perguruan tinggi. Soal benar bernilai 4, sementara soal salah bernilai -1. Setelah nilai passing grade muncul, aplikasinya bakalan ngasih rekomendasi jurusan dan kampus. Benar-benar membantu!

4. Lolos SBMPTN SainTek / SosHum – Grasindo

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Penerbit Grasindo udah jadi pemain lama dalam urusan modul persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Aplikasinya menyediakan latihan soal TKPA dan TKD lengkap dengan pembahasan di setiap bidangnya. Selain punya maskot yang mirip kayak teman belajar, aplikasinya juga bisa dihubungin langsung ke medsos kamu.

5. TuneSkill SBMPTN – Gadgetium

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Kayak main game, aplikasi keluaran Gadgetium sajiin soal dari urutan paling gampang sampai paling susah. Terus, aplikasinya juga bisa dipake untuk memperdalam satu jenis soal tertentu hingga akhirnya bisa dikerjain di luar kepala.

6. Bintang SBMPTN – Penerbit Bintang Wahyu

via play.google.com
(Sumber: play.google.com)

Aplikasinya punya paket try out SBMPTN saintek / soshum, ada juga paket try out TKPA, terus appsnya dilengkapi batas waktu pengerjaan. Di akhir try out, skor langsung muncul untuk menilai mata pelajaran. Sebagai bahan pembelajaran, aplikasnya ngasih pembahasan di tiap soal yang salah. Asik!

7. Materi SBMPTN UNBK SMA – Instama

via play.google.com
(Sumber: Play.google.com)

Misalnya soal dari enam aplikasi sebelum ini dianggap kurang, langsung aja download apps keluaran Instama. Saking banyaknya kumpulan soal, aplikasi ini juga bisa dipakai jelang ujian kelas, UNBK, hingga ujian masuk perguruan tinggi nanti. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.