Kamis, 22 Agustus 2019

Genmuda  Di jaman millenial seperti sekarang, pasti engga ada dong Kawan Muda yang engga punya satu pun akun di media sosial? At least, kita punya satu akun di sosmed macam FB, Twitter, Snapchat, Instagram, Path, atau medsos lainnya.

Lewat media sosial kita bisa dapet berbagai informasi mulai dari berita yang penting sampe gak penting. Tapi ternyata dengan main sosial media tersebut ada efek buruknya. Yuk kita tengok apa aja efek negatif sosmed buat kalian.

  1. Membuat kamu menghabiskan uang lebih banyak

Riset terbaru menunjukan kalo penggunaan media sosial secara berlebihan mengacu kepada kontrol diri yang menurun. Dengan kata lain, hal ini dapat membuat seseorang engga sadar buat menghabiskan uang lebih banyak.

Menurut Prof. Keith dari Columbia University, dikutip dari Told Today, cara mengatasi hal tersebut dengan meningkatkan kesadaran diri Kawan Muda. Jadi jangan sering sering liat online shop atau main medsos ya nanti uang kamu cepat habis dan bikin laper mata.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Dilansir dari Women’s Healt, foto-foto ‘food porn’ dapat memaksa orang buat makan berlebih. Selain itu, sebuah studi menunjukan kalo kamu melihat postingan makanan yang terlihat enak dapat memicu rasa lapar bahkan setelah makan. Jadi kalau kamu lagi menjalani diet, mainan sosmednya juga harus diet ya.

  1. Engga berpikir independen

Pernah engga kamu ngerasa kalau apa yang kamu suka atau pilih tuh pasti ngikutin arus dari sekitar kamu? Sebuah studi dari HP Labs bilang, bahwa seseorang akan cenderung mengikuti apa yang sebagian besar orang lain pilih dalam sebuah jaringan (media) sosial. Dengan pola tersebut seseorang menjadi sulit buat berpikir secara jernih dan independen.

  1. Merasa engga pede

Dilansir dari Healthland Time, sebuah riset yang dilakukan oleh dua universitas di Jerman mengemukakan bahwa satu dari tiga orang merasa lebih buruk (kesepian, marah, rendah diri, frustasi) setelah menghabiskan waktu di Facebook. Sebagian besar hal ini terjadi karena mereka membandingkan hidup mereka dengan orang lain yang lebih baik.

5.    Mengurangi konsentrasi

Ini adalah efek yang paling ngena banget buat Kawan Muda. Bermain sosial media pasti kita multi-tasking dong, engga lama sehabis bales komentar temen langsung liat video postingan yang lain, eh terus ada notifikasi pesan baru dari teman yang lain.

Nah, hal ini ternyata berdampak sama tingkat konsentrasi kita Kawan Muda. Dengan begitu kita jadi lebih mudah bosan apalagi kalau membaca teks-teks panjang atau membaca buku. Bahkan ini membuat kita engga nyaman ketika hanya duduk diam dan engga melakukan apa-apa. (sds)

Comments

comments

Wisnu
An average joe lives in the value of curiosity/orang biasa tukang kepo.