Senin, 17 Desember 2018

Genmuda – Kepindahan Thibaut Courtois ke Real Madrid, Rabu (8/8) malam akhirnya menjawab teka-teki kiper baru Les Blues musim depan. Sosok itu kemudian jatoh sama kiper muda, Athletic Bilbao, Kepa Arrizabalaga.

Dalam situs resmi Chelsea, Kepa dikontrak dengan durasi panjang di Stamford Bridge hingga 2025 atau selama tujuh tahun. Gilanya lagi, pemain 23 tahun ini sekaligus mecahin rekor transfer kiper termahal di dunia dengan nilai 71,5 juta poundsterling.

Terus apakah harga mahal itu sebanding sama kualitas sang kiper? Berikut Genmuda.com ajak lo kenalan sama kiper baru Chelsea tersebut!

Jebolan Bilbao yang nyaris dibajak Madrid Madrid

via: Independent.co.uk
(Sumber: Independent.co.uk)

Cowok jebolan akademi Athletic Bilbao pada tahun 2004 ini memulai debut seniornya bersama tim feeder Bilbao, Basconia yang bermain di Divisi Tercera pada Januari 2012. Empat bulan kemudian, Kepa dipanggil untuk masuk ke tim utama Bilbao dalam laga kontra Getafe di La Liga.

Musim berikutnya Kepa dipromosikan ke tim cadangan buat menggantikan Jon Ander Serantes yang cedera. Debutnya di tim Bilbao B pada 16 Februari 2013, berbuah satu kemenangan tipis 1-0 saat melawan UD Logrones di Segunda Division B. Dua bulan kemudian dia mengalami cedera panjang hampir setahun, mulai dari hernia hingga cedera metacarpal di tangan kanannya.

Di tahun 2015, Kepa kemudian dipinjamkan ke tim Segunda Division, SD Ponferradina hingga akhir musim. Dia kemudian menjalani debut profesionalnya pada 11 Januari, ketika bermain imbang 1-1 melawan Racing Santander.

Pada 20 Juli 2015, Kepa pindah ke Real Valladolid dengan status pinjaman jangka panjang. Saat itu, dia menjalani pertandingan kompetitif pertamanya pada 22 Agustus ketika kalah 0-1 dari Cordoba CF, dan sejak itu hanya tiga kali absen bermain dan membawa Valladolid finis di posisi 16.

Setelah dipinjamkan ke banyak tim, barulah di tahun 2016 Kepa masuk dalam skuat Athletic Bilbao sebagai kiper ketiga. Pada bursa transfer bulan Januari kemarin, sang kiper pernah diincar oleh Real Madrid. Namun pihak Bilbao langsung memperpanjang kontraknya hingga Juni 2025.

Suksesor De Gea di Timnas Spanyol

via: Daily Star
(Sumber: Getty Images)

Terlepas dari flopnya aksi De Gea di Piala Dunia kemarin, Kepa digadang-gadang sebagai kiper masa depan Spanyol. Di usianya yang masih muda, dia udah masuk dalam skuat Spanyol di Piala Dunia 2018.

Dalam prestasi di level junior, Kepa udah tampil sebanyak 22 kali bareng timnas Spanyol U-21 dan finis sebagai runner up. Sedangakn di level Spanyol U-19, dirinya berhasil mengantarkan Spanyol sebagai juara Euro U-19 musim 2011-2012.

Udah lama diincar Sarri

via: Metro.co.uk
(Sumber: Getty Images)

Saat Bilbao bentrok dengan Napoli setahun yang lalu, arsitek Chelsea sekarang, Maurizio Sarri mengaku udah mengincar Kepa karena gaya permainnnya.

“Dia sayang bagus. Sangat muda tapi sangat bagus.” puji Sarri kala itu.

Lebih tampil konsisten ketimbang Courtois

via: BBC
(Sumber: Getty Images)

Selain investasi jangka panjang, faktor lain yang bikin Chelsea rela ngerogoh kocek sebegitu besar buat dapetin Kepa adalah kualitasnya yang lebih baik daripada Courtois.

Baik dalam segi duel di udara, menahan tembakan, hingga memberikan umpan serangan dari belakang ke lini tengah dan depan The Blues.

Dengan demikian, transfer Kepa sekaligus menggeser posisi Alisson Becker sebagai kiper termahal di dunia, yang sebelumnya pindah dari AS Roma ke Liverpool dengan transfer 66,8 juta poundsterling. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.