Senin, 11 Desember 2017
Gaya HidupKesehatan

Pesta-pesta Akhir Tahun Datang, Ini 8 Usaha yang Harus Kamu Lakuin biar Badan “Party-Ready”

©Genmuda.com/2017 TIMSebelum party, foto dulu. (©Genmuda.com/2017 TIM)

Genmuda – Keseruan pesta akhir tahun terasa lebih awet bila tiap momennya diabadikan, apalagi diunggah ke medsos. Karena tiap postingan pasti dilakuin dalam bentuk foto atau video, maka penampilan fisik juga perlu dijaga biar gak malu-maluin diri sendiri.

Jadi, gak ada salahnya sama sekali loh memperbaiki pola hidup cuma demi tampil kece ketika pesta-pesta jelang akhir tahun. Bahkan sebelum akhir tahun aja udah ada pesta, yaitu DWP. Untuk mempersiapkan badan, usaha-usaha di bawah ini yang harus kamu lakuin.

1. Kurangi kalori

via istimewa

Selain dengan mengurangi makan, kalori bisa dikurangi dengan berhenti minum manis-manis. Soalnya, satu gelas es teh manis mengandung kalori sekitar 90 kkal, atau sekitar sepertiga kalori nasi uduk. Kebanyakan minum manis sama aja kayak makan satu atau lebih porsi makanan berat, loh.

2. Kurangi garam

Idealnya, tubuh gak boleh mengonsumsi lebih dari 2.300 miligram sodium tiap hari. Bertambah satu gram aja bisa bikin berat badan bertambah sekitar 4 kilogram. Karena sodium terkandung juga di dalam garam, ini saatnya kamu mengurangi garam. Kurangi aja, loh. Gak perlu stop sepenuhnya.

3. Pilih sumber protein tepat

Meski enaknya kayak surga dunia, daging berlemak jelas gak baik untuk menjaga berat badan. Coba makan daging tanpa lemak atau ganti sekalian jadi berbagai kacang-kacangan (tahu dan tempe termasuk) atau ikan (kalo bisa yang laut. Kalo gak bisa, ikan tawar dan payau juga oke).

4. Makan malam sebelum matahari terbenam

via: giphy

Kamu yang beraktivitas ketika matahari terbit sebaiknya gak perlu makan sama sekali setelah matahari terbenam. Soalnya, itu adalah waktu tubuh berisitirahat. Misalnya kamu ingin makan malam-malam, mungkin itu bukan lapar melainkan bosan.

5. Tidur sebelum tengah malam

Selain butuh tidur sekitar 8-9 jam tiap hari, tubuh juga butuh tidur sebelum tengah malam. Tubuh yang kurang tidur bakal mengalami berbagai gangguan metabolisme, salah satunya adalah lemas, susah konsentrasi, dan penimbunan lemak di bagian-bagian tubuh yang besar.

6. Olahraga

Perbaikan pola hidup seperti poin-poin di atas juga perlu diiringi sama olahraga. Standarnya, dibutuhin olahraga 150 menit olahraga aerobik standar dan sekitar 150 menit olahraga otot dalam seminggu biar tubuh fit. Tapi, gak ada salahnya angka itu ditingkatin dan olahraganya dirutinin 5 hari.

7. Perawatan wajah dan rambut

via gfycat.com

Badan udah bagus, masa wajah masih jerawatan dan rambut kusut, sih? Makanya, lakuin juga perawatan wajah sesimpel cuci muka paling enggak dua kali sehari dengan sabun yang tepat. Atau, lakuin tips-tips di sini. Terus, biar rambut makin kinclong, nih ada lagi tipsnya.

8. Perbaiki dandanan

Supaya penampilan makin cetar! sekalian juga perbaiki dandanan kamu, gaes. Coba pilih krim wajah yang tepat dengan kondisi kulit kamu dan pastinya lakuin beberapa trik makeup yang simpel tapi cantik.

Gak ada salahnya kok liat-liat video tutorial makeup. Buat cowok, yah yang penting lo tampil kece, tetep wangi, gak salah kostum, dan pastinya badan lo fit.

Coba deh lakuin 8 tips di atas dari sekarang dan rasain perubahannya ketika pesta tiba. Dijamin deh foto-foto pesta akhir tahun kamu bakal memuaskan.

©Genmuda.com/2017 TIM
Para penggemar Alan Walker joget sambil nyanyi bareng. Beruntunglah mereka yang dateng bersama temen atau orang kesayangan di SHVR Invasion, Jumat (22/9).
©Genmuda.com/2017 TIM.

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas

Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.