Sabtu, 19 Januari 2019

Genmuda – Waktu di sekolah, kamu lebih percaya contekan dari temen yang jawaban nyontek juga atau dari temen pinter yang ngisi jawaban sendiri? Pilihannya udah pasti yang kedua. Santai aja karena insting anak sekolah di Indonesia kayak gitu, kok.

Sekarang, pertanyaannya diganti. Dalam mencari inspirasi fashion, kamu nyontek gaya berpakaian para seleb atau para desainer yang ada di belakang mereka? Hayo. Kemungkinan besar kamu pasti ngejawab yang pertama deh untuk pertanyaan ini.

Bukan salah kamu kalo sampai sekarang belum bisa nyari inspirasi dari mereka karena emang yang lebih sering disebutin media adalah clientnya daripada desainernya. Kenalin, di bawah ini adalah mereka yang bikin para seleb punya gaya sekeren itu.

1. Karla Welch

via coveteur.com
Karla Welch (kanan) berpose lucu sama anaknya, Clementine (kiri). (Sumber: coveteur.com)

Desainer yang punya “museum” fashion di rumahnya ini adalah orang yang ngelempar Justin Bieber, kliennya sendiri telur dalam sebuah acara roast Justin. Tapi, bukan itu mahakaryanya. Coba lihat penampilan Ruth Negga di depan publik, maka kamu tau kejeniusan desainer yang punya anak bernama Clementine ini. Welch mampu kombinasiin boots, blazer, dan kemeja jadi keliatan casual. Meski begitu, gaya andalannya adalah Levi’s dan kaos-kaos vintage.

2. Kate Young

via pinterest.com
Kate Young yang sebelah kiri, ya. (Sumber: pinterest.com)

Berawal dari asisten pemimpin redaksi majalah Vogue, ganti jabatan jadi salah satu jurnalis di majalah fashion itu, dan berakhir jadi penata gaya seleb-seleb yang ditemuinya ketika liputan. Kejeniusan fashionnya keliatan di Michelle Williams, Natalie Portman, Margot Robbie, Selena Gomez, Dakota Johnson, dan Sienna Miller.

Penata rias yang punya koleksi aksesoris mewah di tempat tinggalnya ini punya tips penting dalam membeli perintilan fasion. “Barang yang disukai saat pertama kali dilihat biasanya akan jadi yang paling membosankan satu jam kemudian,” tulisnya, dalam wawancara dengan hollywoodreporter.com, 2012.

3. Petra Flannery

via hollywoodreporter.com
Petra Flannery bersama Emma Stone. (Sumber: hollywoodreporter.com)

Penata riasnya Emma Stone, Zoe Saldana, Daisy Ridley dan Andrew Garfield ini tergolong low profile. Meski begitu, Instagram jelas mengenali sosoknya karena udah ngasih badge official account. Keberanian bereksperimen yang dimiliki cewek ini yang bikin kliennya tampil bold saat di red carpet.

Lain dari Kate Young yang hati-hati dalam memilih aksesoris, Flannery cenderung lebih easy going. “Kalau suka sesuatu, ya langsung saja kejar,” kata doi. Meski sering tampil di depan publik dengan kaos, ide fashion doi cocok banget untuk acara formal.

4. Rob Zangardi dan Mariel Haenn

via hollywoodreporter.com
Haenn dan Zangardi bener-bener “yin dan yang.” (Sumber: hollywoodreporter.com)

Rob Zangardi dan Mariel Haenn engga bisa dipisahin. Mereka berdua dikenal di Hollywood dengan “RandM.” Mereka juga tergolong baik hati karena tuangin semua ide fashion mereka dalam sebuah blog. Langsung aja contek di situ.

Semua konten situsnya nyimpulin satu hal. Kombinasi yang kontras itu penting. Mariel Haenn suka gaya yang “menghentak” sementara Zangardi lebih ke kalem dan “ngepop.” Makanya Jennifer Lopez, Jessica Biel, Gwen Stefani punya gaya seunik itu.

5. Ilaria Urbinati

via fashionista.com
Asik banget gayanya kak Urbinati. (Sumber: fashionista.com)

Bagi si cantik Urbinati, pakaian cowok serasa ada magnetnya sendiri. Doi merupakan salah satu penata rias yang jago kombinasiin fashion item cowok-cewek. Kalo lagi kehabisan akal, doi juga engga ragu bikin permintaan khusus ke penjahit. Ya, bikin baju custom.

Rami Malek salah satu artis yang doi kelola gayanya. Ada lagi Tom Hiddleston, Casey Affleck, Donald Glover, Bradley Cooper, James Marsden, Anya Taylor-Joy, dan Nina Dobrev yang lucu banget.

6. Jill Lincoln dan Jordan Johnson

via fashionista.com
Jill dan Jordan mirip banget. (Sumber: fashionista.com).

Duet penata rias yang lagi nyari anak magang untuk musim panas 2017 ini loh yang bikin kombinasi gaya Jennifer Lawrence bisa senyantai itu. Ya, Jill punya prinsip andalan “less is more,” sementara Jordan selalu “keep it simple.”

Meski begitu, mereka berdua merupakan lulusan sekolah desain dan udah menekuni dunia rias-merias artis sejak pekerjaan pertama mereka. Jill merupakan asistennya Isabel Dupre, senior majalah fashion Elle. Jordan adalah asistennya Rachel Zoe, penata rias yang kini udah bikin brand sendiri.

7. Rebecca Corbin-Murray

via jaiperdumaveste.com
Apapun pakaiannya, jam tangan dan gelang-gelang engga pernah dilupain Rebecca. (Sumber: jaiperdumaveste.com).

Kamu yang suka sama gaya berpakaiannya Emma Watson di dalam film, saat konferensi internasional, atau dalam kesehariannya perlu ikutin instagram Rebecca Corbin-Murray. Penata rias British ini selalu maksa kliennya buat berani.

“Kalau memang mau jadi bintang film sejati, ya berpakaian lah seperti bintang film meski ngerasa aneh!” kata dia dikutip telegraph.co.uk, 2016. Dalam kesehariannya, cara berpakaian Rebecca engga se-fairy tail kliennya, kok.

8. Law Roach

via Istimewa
Gaya nyentrik Law Roach. (Sumber: Istimewa).

Juri America’s Next Top Model ini selalu nyebut pekerjaannya sebagai “Image Architect.” Bukan cuma mix and match, kombinasi fashion item tertentu dipilihnya supaya menyampaikan pesan tertentu pula.

Makanya, Roach yang nyeni banget ini berani pakai baju aneka bentuk. Seperti, kemeja berbeludru, topi sulap, atau kombinasi sekeren coat, jeans, dan suede shoes serba hitam. Itu idenya untuk gaya cowok. Kalo ceweknya, liat aja pakaian Ariana Grande, Celine Dion, dan Zendaya.

9. Penny Lovell

via harper's bazaar
(Sumber: Harper’s Bazaar)

Seperti Roach, Penny juga pengen menyampaikan pesan dan mengekspresikan dirinya bukan lewat pakaian. “Dress to impress” keliatannya bukan gaya personal desainer Inggris ini. Kecuali, saat doi merancang tata pakaiannya Anne Hathaway, Rose Byrne, dan Taylor Schilling yang impressive.

10. Jeff Staple

via cbc-net.com
Jeff Staple

Who the F*** is Jeff Staple!? Pernah liat fashion item urban, geeky, dan kekinian yang ada label STAPLE DESIGN? Nah, itulah produk rancangannya cowok berdarah Tionghoa-Amerika ini. Doi juga lah sosok yang mendesain beberapa sepatu Adidas, Fila, Airwalk, dan Puma.

Meski cowok botak ini engga jadi penata rias artis besar, karya-karya doi secara engga langsung membangun image para seleb. Karena itulah kurang afdol rasanya jika Staple engga masuk daftar ini. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.