Selasa, 18 Desember 2018

Genmuda – Akhirnya ujung pekan tiba saatnya kamu mengisi waktu libur kamu buat refreshing, Kawan Muda! Biasanya, di akhir pekan kayak gini banyak orang-orang yang memutuskan buat stay di rumah bareng keluarga, hang out di tempat makan sama temen, atau pergi jalan-jalan sama si doi. Apapun kegiatannya, yang penting kalian bisa menikmati akhir pekan kalian ya!

Nah, kalo kamu yang suka nonton film di bioskop, di bulan Mei ini udah banyak nih film seru yang bisa nemenin akhir pekan kamu. Btw nih  gak kamu milih tempat duduk yang itu-itu aja saat di bioskop? Kenapa kamu pilih tempat duduk itu? Karena nyaman atau ada alasan lain? Eits, ternyata, pemilihan tempat duduk di bioskop mesti kamu perhatiin loh, supaya kamu tetep nyaman saat nonton. Jadi menurut sebuah penelitian, tempat duduk di bioskop yang terbaik adalah…

Yang gak kedeketan

Kalo filmnya lagi booming banget dan banyak yang penasaran, pasti siapapun rela buat duduk di bangku yang agak depan. Yang penting nonton deh, daripada nunggu di-spoiler-in terus sama temen. Tapi kebayang kan kalo kamu nonton di bangku yang lumayan depan? Ini bisa bikin kamu sakit leher loh guys, karena kepala kamu dipaksa untuk mendongak selama kurang lebih 90 menit.

Menurut anjuran dari Society of Motion Pictures and Television Engineers (SMPTE) Amerika Serikat, sudut pandang kamu ke posisi paling atas banget layar bioskop harus di bawah 35 derajat. Nah kalo ini udah terpenuhi, leher kamu gak akan pegal-pegal gengs! Lagipula, kalo kamu nonton bioskop di bangku yang lumayan depan itu gak cuma bikin leher kamu pegel aja, tapi juga mata kamu mesti kerja lebih keras dan lebih cepat, karena harus mengikuti pergerakan film dengan jarak pandang yang terbatas dan gak luas.

Yang gak kejauhan

Sebaliknya, sama halnya kalo kamu nonton kejauhan gengs. Hal ini malah bikin kamu sama-sama gak nyaman, loh. Bukan mempengaruhi kesehatan, tapi mempengaruhi kualitas audio dari film tersebut.

SMPTE menyarankan, sebaiknya sudut pandang di tempat duduk paling belakang gak lebih dari 36 derajat. Kalo sudutnya lebih dari itu, kamu akan terpecah fokusnya sehingga mata kamu gak cuma fokus ke layar aja, tapi ke hal lain yang ada di sekitarnya. Jadi jangan duduk terlalu belakang ya gengs, nanti yang ada kamu malah gak konsen nontonnya.

Yang gak terlalu deket sama audio

Bioskop yang biasa kita tonton itu pakai Dolby Digital yang mengahsilkan suara surround digital dari dua speaker yang berada di samping kiri dan kanan layar. Kalo kamu ambil posisi yang terlalu pinggir, suaranya jadi gak netral untuk telinga kita. Jadi, sebaiknya kamu pilih untuk duduk di bagian tengah, karena posisi itu ngasih efek suara yang netral untuk kamu, jadi bisa bikin kamu nyaman saat nonton.

Yang gak terlalu pinggir

Suasana teater bioskop Epicentrum XXI jelang penayangan ‘Indonesia Kirana’, Jumat (6/5) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Seperti yang udah dijelasin di poin sebelumnya, kalo kamu pilih tempat duduk yang terlalu pinggir itu akan bikin kamu agak kurang nyaman karena audio yang kamu terima kurang netral. Selain masalah audio, ketidaknyamanan lainnya yang bisa kamu rasain adalah di bagian mata. Ketika kamu duduk di pinggir, otomatis mata kamu akan kerja lebih keras karena harus mengikuti gerak film tersebut dengan kurang singkron. Jadi sekali lagi, bagian tengah adalah tempat terbaik kamu buat nonton dengan nyaman.

Terlalu pinggir (buat sebagian orang)

Sandiaga Uno di grand final Startuppedia ASEAN Challenge 2016 di Bioskop Cinemaxx FX Sudirman, Selasa (23/2) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Loh, katanya gak bagus kalo terlalu pinggir?

Meski ini gak terlalu direkomendasikan, tapi buat kamu yang beser alias suka bolak-balik ke kamar mandi, sebaiknya kamu duduk di bagian pinggir aja. Ini mencegah aksi penyorakan atau aksi penggerutuan pas kamu lewat di tengah adegan yang lagi seru-serunya. Jadi, duduknya di samping aja ya, supaya lebih gampang lari ke kamar mandinya.

Jadi dimana?

(Sumber: Istimewa)

Kesimpulannya, buat kamu yang mau nyaman dan seru nonton filmya, sebaiknya kamu duduk di barisan yang gak terlalu bawah, gak terlalu atas, dan juga gak terlalu pinggir. Kursi terbaik untuk nonton film di bioskop adalah kursi C-F nomor 8-14. Jadi gimana, mau coba nonton di salah satu tempat duduk ini? Silakan aja cobain sendiri. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.