Senin, 25 Maret 2019

Genmuda – Selamat tahun baru, Kawan Muda! Di pembuka tahun 2019 ini kita bakalan dihibur sama film-film seru, salah satunya adalah film kungfu “Master Z: The Ip Man Legacy” yang merupakan film spin-off dari “Ip Man”.

Diproduseri sendiri oleh Donnie Yen, film ini menampilkan sederet aktor laga asia yang kayaknya udah gak asing lagi buat Kawan Muda. Penasaran seperti apa serunya? Baca aja langsung review lengkapnya di bawah ini!

Tobatnya mantan guru wing chun

© Mandarin Motion Pictures (Hong Kong) Ltd.
© Mandarin Motion Pictures (Hong Kong) Ltd.

Masih berlanjut dari film ketiga “Ip Man” nih gengs, setelah kalah berduel dengan Master Ip (Donnie Yen), Cheung Tin Chi (Max Zhang) mantan guru Wing Chun akhirnya memutuskan tobat dari organisasi pembunuh bayaran. Ia kemudian memilih membuka toko sembako dan tinggal bersama anak laki-lakinya.

Maksud hati mau hidup dengan damai, Cheng Tin malah terlibat masalah dengan mafia Hongkong pimpinan Tsao Sai Kit (Kevin Cheng) karena berhasil menyelamatkan sepasang kakak beradik perempuan. Setelah kejadian tersebut Cheng Tin juga terus diteror sampai rumahnya dibakar oleh para mafia.

Masalah gak berhenti sampe di situ doang, ia juga harus diburu oleh pembunuh misterius bernama Tony (Tony Jaa) sekaligus berurusan sama Owen Davidson (Dave Bautista) seorang bandar narkoba kelas kakap yang berkedok bisnis hiburan malam di Hong Kong.

Yang bagus dan yang B aja

© Mandarin Motion Pictures (Hong Kong) Ltd.
© Mandarin Motion Pictures (Hong Kong) Ltd.

Film garapan sutradara “Crouching Tiger, Hidden Dragon: Sword of Destiny” (2016), Woo-Ping Yuen ini emang menawarkan sajian visual efek khas film “Ip Man”. Efek kamera slow motion dan angle kamera yang pas dalam setiap adegan kungfunya berhasil bikin penonton ‘nganga’ selama nonton.

Pujian lainnya juga cocok dikasih untuk Michelle Yeoh yang berperan sebagai Tso Ngan Kwan, pimpinan mafia Hongkong. Ia berhasil memerankan tokoh perempuan yang bijak, kalem, tapi tetep bisa sangar kalo keluarganya diusik. Lewat film ini penulis juga ngerasa kalo di usianya sekarang Michelle Yeoh masih tetep oke, bahkan masih jadi salah satu aktris wanita terbaik dalam film-film kungfu.

Di sisi lain, penceritaan film ini masih terkesan cari aman. Hal yang paling kentara ada pada sosok aktor luar asia yang selalu anti-klimaks seperti film-film Ip Man sebelumnya. Awalnya sih kuat terus jadi cupu di belakang. Gak jadi masalah besar sih, tapi kalo kamu suka nonton film Ip Man pasti bisa menebak jalan ceritanya bakalan kayak gimana.

Kesimpulannya

Sebagai sebuah spin-off, “Master Z: The Ip Man Legacy” masih cukup asik buat ditonton sama kamu yang suka film-film action. Ketidakhadiran guru Ip juga gak menghilangkan ruh seni bela diri Wing Chun yang ditawarkan oleh guru Cheng Tin Chi apalagi keduanya sama-sama digambarin sebagai jagoan yang cool dan family man banget.

Jadi kalo ngaku suka sama film-film Ip-Man harusnya kamu gak akan kecewa sama film spin off ini. Gak percaya? Yaudah nonton filmnya mulai tanggal 2 Januari 2019. Biar gak penasaran banget simak dulu nih trailernya di bawah. Selamat menonton!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.