Selasa, 18 Juni 2019

Genmuda – Kata leye-leye atau lebih dikenal dengan ungkapan bermalas-malasan seolah jadi istilah yang sering Kawan Muda dengar. Kekinian, kebiasaan satu ini cendrung dicap negatif dan harus anak muda hindari. (Katanya sih anak muda itu harus produktif.)

Di waktu liburan sekolah kayak sekarang emang lebih baik diisi oleh kegiatan positif dan seru. Tapi buat kamu yang engga ke mana-mana alias cuma jagain rumah lantaran engga mudik, lebih baik kamu sesekali ngabisin waktu buat ber-leye-leye.

Chief Strategy Officer situs game Strom8, Terence Fung, mengatakan kalo banyak manfaat dari waktu ‘berleye-leye’ bagi otak seseorang yang sehari-hari berhubungan dengan gadget atau alat komunikasi. Berikut pemaparan doi:

1. Jadi Lebih Fokus

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Walau kedengarannya berlawanan dari sikap produktif, namun supaya hasil pekerjaan mencapai maksimal istirahat mental dipercayai bisa membantu kamu supaya kembali dalam performa terbaik dan fokus. “Meluangkan waktu untuk bermain ponsel atau berjalan-jalan, akan membantu Anda untuk mengerjakan sesuatu dengan fokus yang lebih baik.” imbuh Fung.

2. Mampu mengatasi masalah dengan sudut pandang berbeda

(Sumber: Pinterest)
(Sumber: Pinterest)

Kawan Muda termasuk orang santai? Percaya atau engga, Fung bilang kalo sebuah penelitian menunjukan jika otak kita punya dua tipe — pertama dalam ‘keadaan fokus’, saat kita konsen belajar atau menerima materi di kelas. Yang kedua ketika ‘keadaan membaur’, dimana seseorang sedang santai atau melamun. Uniknya, CSO ini bilang bahwa dalam keadaan membaur itulah mereka justru lebih mudah memecahkan sebuah masalah.

3. Meningkatkan daya ingat

(Sumber: ginkthink.wordpress.com)
(Sumber: ginkthink.wordpress.com)

Saat leye-leye engga sedikit dari kita yang akhirnya malah tidur siang. Sebagaimana yang pernah ditulis sama Genmuda.com bahwa tidur siang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, kendati hanya dalam hitungan 20 menit. Fung pun setuju dan bilang jika cara tersebut bisa meningkatkan memori jangka panjang. “Ketika Anda kembali bekerja, pikiran Anda bebas untuk menerima informasi baru yang dapat meningkatkan kinerja daya ingat.”

4. Mendorong kreativitas

(Sumber: huffingtonpost.com)
(Sumber: huffingtonpost.com)

Percaya engga, kalo ngelamun aja kadang bisa dapat inspirasi loh (bukan ngelamun jorok ya). Dan sebuah penelitian pun membuktikan jika kreativitas seseorang akan berkurang ketika mereka kurang istirahat dari rutinitas sehari-hari. “Saat Anda mengambil waktu untuk santai, pikiran Anda dapat ikut rileks sehingga mampu mengalirkan proses berpikir kreatif.” imbuh Fung.

5. Menguatkan mental dan tubuh

(Sumber: Getty Images)
(Sumber: Getty Images)

Kepada karyawannya, Fung sendiri menganjurkan supaya mereka punya sedikit waktu buat bersantai dari rutinitas mereka di meja kerja. “Kita semua tahu bahwa duduk di meja (kerja) Anda dapat mendatangkan malapetaka pada bentuk tubuh dan kesehatan mata, jadi mulailah mengambil waktu istirahat secara teratur untuk peregangan dan mengalihkan perhatian Anda dari monitor,” kata Fung. “Ini akan meningkatkan stamina Anda dan tingkat energi dalam jangka panjang.”

Well, kalo melihat fakta di atas sih kayaknya kamu jadi punya pertimbangan lebih buat leye-leye selama liburan. Tapi Genmuda.com saranin leye-leyenya harus dilakukan di saat dan momen yang tepat ya, jangan pas ada arisan keluarga kamu malah leye-leye di ruang tamu. (Yang ada dicoret dari kartu keluarga). He-he.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.