Senin, 22 April 2019

Genmuda – Nyenengin, nyebelin, bikin sedih, bikin khawatir, dan bikin panik, semua itu ngegambarin gimana campur aduknya perasaan kamu saat harus tinggal jauh dari orang tua gara-gara kuliah. Belum lagi kalo udah tiba saatnya buat packing, kamu pun pasti bakal ngalamin yang namanya ribet.

Saat harus packing buat ngerantau selama kuliah, sebaiknya kamu bawa barang yang seperlunya aja. Engga peduli kamu nanti bakal ngekos atau tinggal di asrama, yang jelas umumnya kamu pasti bakal dapat ruang yang terbatas buat kamar kamu, apalagi kalo kamu sekamar bareng sama orang lain.

So, kalo kamu nanti engga bakal tinggal di rumah kamu sendiri selama kuliah, mending kamu engga usah nyusahin diri dengan ngebawa segudang barang ke tempat tinggal baru kamu. Daripada kamu akhirnya malah nyesel gara-gara harus bawa pulang barang-barangnya lagi, berikut ini adalah 7 dari sekian banyak barang yang dari awal engga perlu repot-repot kamu bawa ke kosan atau asrama kamu:

1. Printer

Pas awal mutusin pengen bawa printer, biasanya sih kamu pasti mikirnya biar engga repot-repot kalo lagi ada tugas. Tapi, sekalinya tintanya udah abis, kamu malah engga pakai-pakai lagi printer-nya. Apalagi ditambah dengan banyaknya warnet atau tempat nge-print di sekitar kampus kamu, kamu jadinya malah lebih bergantung ke berbagai alternatif tersebut.

2. Koleksi buku

Buat kamu yang suka baca buku, mending sebelum pindahan kamu pilih-pilih lagi deh buku mana aja yang benar-benar pengen kamu bawa buat nemenin kamu selama kuliah. Dengan banyaknya tugas, kegiatan UKM dan kepanitiaan, maupun jadwal hangout yang menanti kamu, kamu kemungkinan bakal punya lebih sedikit waktu buat ngebaca buku demi kesenangan kamu. Kalo kamu emang ngebet banget pengen baca buku, kamu download aja versi eBook-nya (kalo ada). Lagi pula, nanti rak kamu pasti bakal dipenuhi pula sama buku-buku kuliah kamu.

3. Speaker besar

Iya tahu deh kamu mah anaknya party abis. Terlepas dari itu, kamu pasti engga pengen meja atau kamar kamu kepenuhan (dan engga pengen mecahin gendang telinga kamu maupun orang lain), mending kamu urungin niat kamu buat bawa speaker yang segede gaban. Kalo buat seseruan di kamar doang, speaker hp, iPod, tablet, laptop atau gadget sejenisnya sih harusnya udah cukup. Bawa aja portable speaker yang lebih kecil jika emang kamu masih ngerasa kurang.

4. Baju selemari

Yang satu ini sering kali bakal jadi dilematis, khususnya buat para cewek. Kecuali selama empat tahun kuliah kamu sama sekali engga bakal balik-balik ke rumah, ini masih bisa kamu perhitungin buat kamu bawa. Sebaliknya, kalo kamu masih bakal balik ke rumah walau cuma setahun sekali, ada baiknya kamu pilih-pilih lagi baju yang mau kamu bawa biar engga menuh-menuhin lemari kosan atau asrama kamu.

5. Pernak pernik

Kamar kosan atau asrama kamu emang bakal jadi tempat tinggal kamu dalam beberapa waktu ke depan dan kamu bakal ngabisin waktu lebih banyak di sana daripada di rumah kamu. Namun demikian, engga perlu lah kamu sampai ngebawa pernak pernik ini itu buat ngehias kamar dan ngegambarin kepribadian kamu. Satu atau dua aja boleh, tapi engga perlu sampai bikin rak kamu kelihatan sempit. Bukannya makin menarik, yang ada kamar kamu malah jadi sarang debu.

6. Perabot dan alat elektronik jumbo

Bawa lemari, meja, kursi, atau kulkas (yang mini sekalipun) dari rumah awalnya emang tampak kayak ide bagus. Sayangnya, saat kamu ngelihat lagi kayak gimana ukuran kamar kamu, yang ada kamu malah bakal nyadar kalo kamu cuma bikin kamar kamu keabisan ruang dan berpotensi jadi kayak kapal pecah. Kecuali kamar kamu masih kosong melompong, gunain aja perabot yang udah tersedia dan isi dengan barang-barang seperlunya. Ini biar kamu engga capek juga pas kamu harus bebersih.

7. Alat masak sedapur

Penggorengan, panci, toaster, panggangan, rice cooker, engga semua dari barang-barang itu perlu kamu bawa. Di awal-awal kamu mungkin masih getol dan niat banget buat masak sendiri. Akan tetapi, lama kelamaan bakal ada saatnya kamu lebih milih buat makan di luar bareng teman-teman kamu ketimbang makan di kamar. Ditambah lagi dengan makin maraknya layanan delivery, mungkin kamu nanti cuma bakal masak pas udah mau akhir bulan. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer