Selasa, 23 Oktober 2018

Genmuda – Jelang hari Kemerdekaan Indonesia ke-73, ada lagi kabar positif yang dihadirkan oleh anak muda tanah air dalam ajang Viddsee Juree Awards Indonesia. Kompetisi ini adalah festival film pendek sebagai bentuk apresiasai buat komunitas pembuat film di Asia.

Untuk pemenang Gold Award disabet oleh Rein Maychaelson lewat film “Errorist of Seasons”. Film drama ini mengisahkan perjuangan seorang ayah yang mempertaruhkan uang pesangonnya untuk bisnis perahu karet demi membiayai sekolah anaknya.

Nama sutradaranya juga pernah berpartisipasi di Viddsee Juree Awards Indonesia 2016. Waktu itu Rein juga meraih Special Mention untuk film “Udin Telekomsel”.

“Saya selalu memiliki urgensi untuk bercerita dan menunjukkan keunikan negara ini; aneh sekaligus berwarna. Menunjukkan negara ini apa adanya, adalah tantangan kreatif yang menarik sekaligus bermasalah.” terang Rein dalam keterangan yang diterima oleh Genmuda.com.

Sedangkan film “Angka Jadi Suara” yang mengangkat buruh perempuan mengatasi pelecehan seksual yang terjadi di distrik industri garmen di Jakarta berhasil meraih Silver Award di festival ini.

via: viddsee
©viddsee

“Kami sangat senang karena diberi kesempatan untuk terlibat dan meraih juara kedua di Viddsee Juree. Ini merupakan kesempatan untuk belajar dan melanjutkan karya selanjutnya. Bagi sesama teman buruh perempuan, ini merupakan dukungan bagi perjuangan kami!” ungkap Dian Septi Trisnanti, aktivis serikat buruh yang menjadi sutradara fim ini.

Di posisi Special Mention, ada film “Oleh-oleh” garapan M Reza Fahriyansyah. Lewat film ini dia berusaha menghadirkan drama seorang ibu yang terbebani oleh tradisi memberi oleh-oleh kepada kerabat dan handi taulan.

“Terima kasih sudah menerima film ini dan merasakan serta mengerti apa yang saya ingin sampaikan. Semoga penghargaan ini bisa memberikan energi lebih agar saya tetap berkarya dan membuat film!” jelas Reza.

Ketiga pemenang tersebut dipilih langsung oleh panel juri yang terdiri dari pembuat film asal Thailand, Anusorn Soisa-ngim, penasihat Departemen Sinema dan Difusi Budaya Kamboja, Deependra Gauchan, dan sutradara Indonesia, Ismail Basbeth.

Sebagai bentuk apresiasi, pemenang Gold dan Silver berhak mendapatkan Dana Produksi dari Viddsee masing-masing senilai Rp 40 juta dan Rp 20 juta, lengkap dengan perlengkapan audio. Pemenang Gold Award juga berhak mengikuti paket 5 hari Program Film & TV Global di Los Angeles dari Motion Picture Association (MPA).

Di tahun 2018, Viddsee Juree Awards Indonesia sebelumnya udah dimulai sejak Maret dan berhasil dapet respon positif dari komunitas film melalui kampanye online serta roadshow offline di Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Semarang, dan Denpasar.

via: Viddsee
©viddsee

Periode dua minggu voting secara online juga dilaksanakan di Viddsee.com untuk Audience Choice Award, yang dimenangkan oleh animasi ‘TenBckles!’ arahan Michael Gavin.

Kawan Muda mau tau ketiga film yang barusan dibahas? Tonton aja di bawah ini. Dan kalo kamu mau tau film-film lainnya yang masuk kompetisi ini langsung aja liat di Viddsee!

Gold Award – “Errorist of Seasons”

Silver Award – “Angka Jadi Suara”

Special Mention – “Oleh-oleh”

Comments

comments