Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda – Tinggi biaya wisata ke dalam negeri jadi salah satu asalan kenapa banyak di antara kita yang lebih memilih untuk piknik ke luar negeri. Padahal Indonesia masih punya banyak daerah yang belum banyak anak milenial tau, loh.

Menjawab kebutuhan biaya piknik yang gak murah Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia dan Tiket.com ngadain program co-branding #tiketWonderfulIndonesia sebagai wujud dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang berlangsung di Skye Restaurant, Jakarta, Senin (4/3).

Sebagai pelopor Online Travel Agent (OTA) di Indonesia, tiket.com ikut mengampanyekan 15 destinasi wisata branding dari Kemenpar, yaitu Bandung, Bali, Jakarta, Kepulauan Riau, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi, Bunaken, Raja Ampat), Makassar, Lombok, Banyuwangi, Danau Toba, Palembang, Labuan Bajo, dan Padang, dan fokus pada generasi milenial.

Kenapa milenial?

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Pak Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, mengatakan bahwa dari target 20 juta wisatawan di tahun ini, 50 persennya berada di kelompok usia milenial. Menurutnya hal ini dikarenakan tiga alasan, mulai dari kebutuhan ‘pamer’ di media sosial, mudahnya mempelajari konten digital, dan jumlahnya yang sangat besar.

Selain tiga karakter tersebut beliau juga nambahin bahwa anak milenial yang paling nyambung dengan topik revolusi industri 4.0.

“Tourism 4.0 berbasis digital dan teknologi. Tanpa (anak) milenial tidak akan nyambung.” tambah pak menteri.

Dan guna menarik anak milenial buat piknik Tiket.com juga menggandeng sejumlah influencer dan komunitas untuk program #tiketWonderfulIndonesia, salah satunya bekerjasama dengan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) yang berada di bawah Kemenpar dengan program Sobat Jalan.

Tiga penawaran menarik buat 15 destinasi wisata branding

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Guna ngerealisasin itu semua, Tiket.com juga ngasih dukungan penuh dalam program 3 Senjata Pamungkas yang dimiliki Kemenpar, yakni Ordinary Effort, Extraordinary Effort, dan Super Extraordinary Effort. Salah satu senjata yang paling dekat buat diwujudin adalah Super Extraordinary Effort dalam hal Low Cost Terminal (LCT) dan Border Tourism (di Kepri dan Batam), dimana para turis yang membeli tiket pesawat ke Batam bakalan dapetin free shuttle dan penjemputan gratis dengan kode promo “WONDERFULSHUTTLE”.

Selain itu, kamu yang terbang ke salah satu dari 15 Destinasi Wisata Branding juga bisa mendapatkan potongan harga untuk tiket pesawat hingga hotel, lewat kode promo “WONDERFULTIKET” dan “WONDERFULHOTEL”. Sedangkan buat sisi Ordinary Effort, terdapat pula travel web series yang menggaet travel bloger dan GenPI.

“Ke depan kami juga akan berkolaborasi dengan konten kreator dari negara tetangga sehingga bisa mendatangkan wisatawan dari negara lain untuk datang ke Indonesia.” tegas Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer kepada media.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.