Senin, 17 Desember 2018

Genmuda – Siapa sih yang gak seneng punya koneksi internet ngebut? Mau streaming film lancar, mau video call gak putus-putus, atau mau download lagu pun gak pake nunggu lama.

Di Indonesia perkembangan internet dengan jaringan fiber emang udah mulai menjamur di sejumlah daerah. Tujuannya sih sederhana, yaitu bikin koneksi internet kamu makin cepet.

Tapi Kawan Muda tau gak, di balik efek internet cepet ternyata ada banyak efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu, terutama dalam waktu istirahat malam.

Tanpa banyak orang sadari internet cepat secara gak langsung dapat mengubah perilaku seseorang. Dalam jangka panjang, efek ini bisa mengakibatkan kacaunya waktu tidur, sehinga bisa menimbulkan masalah serius seperti mood yang berubah-ubah hingga gangguan syaraf.

Berdasarkan penelitian terbaru dari Journal of Economic Behavior and Organization, para peneliti mengkhawatirkan bahwa penggunaan gadget dengan internet cepat di malam hari dapat menggangu pola tidur seseorang.

Hal ini diperkuat lagi oleh laporan ScienceAlert yang menunjukan ada pengaruh besar antara akses internet dengan gadget yang mereka gunakan sebelum tidur.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang main gadget sebelum tidur dengan koneksi internet cepat punya waktu tidur 25 menit lebih lama ketimbang yang gak punya internet, dengan rata-rata waktu tidur antara 7-9 jam setiap malam.

“Internet cepat mendorong lebih banyak penggunaan gadget secara berlebihan. Hal ini membuat mereka (pengguna gadget) untuk terus terjaga di malam hari untuk bermain game atau browsing.” berdasarkan catatan penelitian tersebut.

Solusinya

via: tenor

Gak ada cara paling mudah untuk memulainya dari diri kita sendiri. Para peneliti sepakat, kesadaran akan batasan menggunakan internet adalah cara paling tepat untuk menjaga kesehatan dan waktu tidur kamu.

Mereka menganjurkan pula untuk selalu mematikan Wi-Fi atau memasang mode pesawat pada smartphone di malam hari. Jauhkan pula tubuh kamu dari cahaya biru yang dihasilkan barang elektronik, minimal setengah jam sebelum tidur. (sds)

Comments

comments