Sabtu, 24 Agustus 2019
HiburanMusik

Kalo Kata Mas Yovie Widianto: Gak Kemakan Usia, Ini Dia Tips Kahitna Buat Terus Eksis Sampai Sekarang

via wanita.meRevie Sylviana, Business Development Director LINE Indonesia pada peluncuran LINE Music Sticker, 22 Desember. (Sumber: wanita.me)

Genmuda – Siapa gak kenal Kahitna. Band yang digawangin mas Yovie Widianto ini salah satu band terkenal yang cross generation. Mulai dari ibu-ibu sampe remaja tau lagu-lagu mereka. Jadi, gak aneh kalo Kahitna jadi ikon perdana stiker musiknya Line.

Berumur kepala tiga, band yang lahir 1986 ini masih tetap eksis meski banyak band-band baru bertebaran di blantika musik. Kekompakan mereka terjaga lewat beberapa tips, seperti yang disampaikan Mas Yovie saat launching stiker musik pertama “Cerita Cinta Kahitna”

Gak cuma asal aja, buat menjaga kekompakan dan eksistensi mereka punya beberapa tips seperti yang disampaikan sama mas Yovie di acara launching stiker musik pertama “Cerita Cinta Kahitna” di Jakarta, 22 Desember lalu.

Konsisten

dokumentasi Line
Personil Kahitna dan jajaran perwakiilan Line foto bareng seusai acara, 22 Desember lalu. (Dokumentasi Line)

Kalo kata mas Yovie, ngejaga eksistensi band itu harus konsisten. Konsisten dalam berkarya dan berkreasi di bidang yang digelutin itu emang kunci sukses loh, gengs. Kahitna yang merupakan salah satu band tentunya wajib buat terus menciptakan karya-karya lagu yang bisa bikin para fans nya meleleh.

Gak diragukan lagi, suara emas para vokalis, lirik lagu ciptaan mas Yovie, dan alunan musiknya fix banget bikin hati para “Soulmate” klepek-klepek dan gak mau move on. Unchhhh.

Gak cuma berkarya bareng Kahitna, mas Yovie juga berkarya di project lain, seperti Yovie and Nuno serta ciptain lagu buat penyanyi lain. Karena prestasi itu, Kahitna makin dipercaya pecinta musik Indonesia.

Romantisme kekeluargaan

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

“Bukan masalah itu band nya keren dan hebat, tapi sebenernya lebih pada sisi kekeluargaan,” kata Mas Yovie. 

Yang namanya kelompok itu gak mungkin bisa bertahan kalo masing-masing individunya gak saling peduli. Rasa kekeluargaan dan saling peduli ini lah yang bikin Mas Yovie cs. makin erat tanpa hilang ditelan zaman.

Meski gak sering rencanain nongkrong bareng, mereka selalu nyempetin kumpul di momen tertentu, seperti pas Lebaran. Kalo udah erat rasa kekeluargaannya, dijamin deh yang namanya kesetiaan itu bakal ikut buat jadi penunjang keberhasilan.

Saling terbuka

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Setelah rasa kekeluargaan yang ditanam sama masing-masing personel Kahitna, kepercayaan dan keterbukaan akan selalu muncul di antara mereka. Kalo masing-masing individu punya masalah mereka berani buat sharing dan cari solusinya.

Rasa saling keterbukaan ini penting loh, gengs. Contohnya aja soal keuangan yang gak jarang jadi pemicu bubarnya grup band. Saling keterbukaan soal kepuasan dalam pembagian benefit jadi salah sat kunci Kahitna biar gak timbul konflik dan biar bisa saling menjaga perasaan.

Loyalitas dan kebebasan berkarya

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

“Mungkin sesuatu yang membedakan kami dengan band lain adalah di Kahitna itu kita bebas berkarya dalam hal apapun. Artinya, boleh buat solo, boleh buat apapun, tapi jangan lupa Kahitna,” terang Mas Yovie.

Gak cuma keterbukaan yang diutamain sama Kahitna, tapi kebebasan dalam berkarya juga jadi senjata ampuh mereka buat menjaga kesetiaan masing-masing anggota.

Kebebasan yang dikasih Kahitna ke para anggotanya semata-mata biar para personel gak merasa terkekang sama band. Berkarya dalam hal apapun yang digemarin gak bakal dihalangin oleh pihak Kahitna.

Justru, menurut mas Yovie, bila Kahitna ngelarang tiap personil buat bebas berkarya, mereka gak bakalan betah dan milih minggat cari band lain. Duh, salut banget deh sama abang-abang Kahitna. Unchhh lagi, ach.

Follow up tren dan nilai artistik

©Genmuda.com/2016 BBB
©Genmuda.com/2016 BBB

At last but not least, adalah up to date. Kecintaan para “Soulmate” pada Kahitna perlu dijaga. Caranya, dengan mastiin band itu gak ketinggalan zaman. Contohnya, saat kata “baper” ngetren di mana-mana, Kahitna bikin lagu dengan judul #Baper.

Meski usia udah gak semuda kids zaman now, konser Kahitna tetep dibanjiri remaja dan anak muda. Ini bukti kalo Kahitna emang band musik yang cross generation dan gak lekang sama waktu. Daebakkk!

Nah, gengs, itu dia tips dari Kahitna yang jadi senjata biar mereka tetep eksis dan terkenal. Gak mesti buat band, kalo kamu punya grup atau komunitas, tips diatas juga ampuh buat jaga eksistensi kamu dan organisasi kamu, loh. Semangattt! (tim)

Comments

comments