Minggu, 22 Oktober 2017
Ngobrol Bareng

Janine Intansari, Dulunya Gak Suka Makeup Sekarang Malah Jadi ‘Addict’ Banget!

©Genmuda.com/2017 Everlyn©Genmuda.com/2017 Everlyn

Genmuda – Dunia kecantikan gak ada habisnya buat dibahas, mulai dari alat kecantikannya sampe orang-orang yang menekuni dunia tersebut. Apalagi profesi di bidang kecantikan sekarang didukung sama media sosial yang bisa mewadahi mereka buat terus aktif berkreasi dan lebih mengeksplor lagi bakatnya.

Contohnya Janine Intansari, nih Kawan Muda! Cewek kelahiran 6 September 1992 ini dikenal sebagai beauty influencer yang udah punya pengikut di Instagram sampe sebanyak 125 ribu. Cewek alumni Universitas Bina Nusantara jurusan Desain Komunikasi Visual ini akhirnya menggeluti dunia kecantikan, dan aktif buat bikin video tutorial makeup di channel Youtubenya “Janine Intansari.

Kamu pengen tau gimana akhirnya Janine seneng main makeup atau kepo sama hal tentang doi? Langsung aja baca ngobrol bareng Genmuda.com sama cewek cantik satu ini.

Genmuda: Hai Janine. Sekarang kesibukannya apa aja?

Janine: Aku sekarang sih lebih ke job-job di sosial media. Misalnya ada brand-brand yang approach aku ngajak kerjasama, barter, atau review di Instagram atau Youtube. Dan aku emang udah setahun ini udah full time jadi influencer.

Tapi sebenernya kepikiran buat bisnis lain sih, tapi kayaknya masih nabung dulu. Hehehe… Jadi sekarang aku lagi konsen aja di sini dan untungnya masih lancar-lancar aja.

 

Genmuda: Kamu kan co-founder dari Indobeautygram. Nah sebenernya itu kegiatannya ngapain aja sih?

Janine: Sebenernya Indobeautygram tuh lebih kayak community aja, jadi gak ada kayak monthly meeting gitu, malah paling sering ngomong di Line grup tentang makeup terbaru and sometimes kita ngadain meetup, mungkin kayak setahun sekali doang.

Semenjak dua tahun lalu paling kita bikin acara kecil-kecilan kayak mini anniversary. Yang dulu anggotanya cuma 15-20 orang sekarang jadi 100 lebih. Jadi lumayan lancar.

Aku emang co-founder-nya, tapi aku lebih ke kayak mengesampingkan dulu dan sekarang nyerahin itu ke Minyo (red. Temennya Janine). Aku tuh pengen banget di-feature Indovidgram, yaudah akhirnya bikin Indobeautygram, dan di Youtube kita bikin Indo Beauty Vlogger, supaya kita gak kesepian. Kemudian kita ajak orang-orang di Instagram buat ikutan Indobeautygram. Jadi kegiatannya lebih ke sharing aja sih.

 

Genmuda: Kalo suka makeup dari kapan dan belajar makeup dari siapa?

Janine: Believe it or not, pas SMP ada hari Kartini, mama aku kasih bedak dikit doang, tapi aku yang gak mau banget! Soalnya dulu tuh aku tomboy, kayak pake celana basket, rambutnya pendek kayak Nirina Zubir dan di-spike. Abis itu aku langsung ke kamar mandi sekolah dan cuci muka. That is my first impession towards makeup.

Tapi suatu hari ada sodara aku menikah dan dia didandani sama sodaraku yang lain. Dulu aku jadi pager ayu, dan pasti di makeup-in. Ternyata aku suka makeup-nya dan pas ngaca tuh kok cantik. Hehe…

©Genmuda.com/2017 Everlyn
©Genmuda.com/2017 Everlyn

Jadi aku ngerasa gak suka makeup mungkin karena emang aku gak bisa pake, bukan karena jelek. Dari situ aku udah eksplor dan foto, tapi belum sampe beli makeup sendiri.

Baru deh kelas 2 SMA aku kenal sama komunitas cosplay di Facebook kemudian ikutan cosplay, dan aku beli wig, perlengkapannya, hingga diajarin beli barang online. Dari situ aku ngerasa kalo cosplay gak pake makeup itu ada yang kurang. Terus aku liat lagi si karakter animenya, ternyata dia rambutnya dan alisnya biru. Yaudah, aku bikin alis aku jadi biru, dan aku gak peduli sama apa kata orang meskipun mereka mikir itu aneh.

Aku pengen ngubah (warna rambut) jadi unicorn gitu lucu dan aku juga belum pernah coba.”

Genmuda: Terus gimana cara menghadapi orang yang memandang kamu aneh?

Janine: Awalnya aku emang ragu, tapi akhirnya aku beraniin diri sejak aku cat warna rambut jadi ombre hitam merah. Dan aku makin yakin saat berkesempatan magang di Jepang selama 3 bulan, aku liat di daerah Harajuku saat malam hari Sabtu Minggu, semua orang itu turun ke jalan memamerkan kostumnya, baik cowok maupun cewek. Mereka sama sekali gak malu, dan gak ada yang ngejudge.

 

Genmuda: Kalo kira-kira ada yang minta kamu buat ganti ke basic kayak warna hitam gitu, mau gak? Dan kalo kira-kira mau dicat lagi, jadi warna apa?

Janine: Iya, tapi pas kuliah aku baru sadar kalo aku itu alergi cat rambut. Mulai dari bikin gatel-gatel, berdarah, sampe ngerasa kepalaku jadi lembek. Gatelnya pun menyebar ke badan sampe akhirnya aku berobat ke dokter. Sejak itu aku kecewa gak bisa cat rambut.

Tapi setelah beberapa tahun kemudian, aku nemu produk bleaching di minimarket. Aku coba buat pake itu, dan ternyata gak gatel. Mulai dari situ aku mikir, kalopun rambut aku gak warna-warni, at least bleaching bisa.

Kalo buat balik lagi ke basic, sebenernya mau aja, Tapi aku ngelakuin ini bukan buat orang lain sih, lebih ke diri aku sendiri aja. Mau aja sih balik ke warna hitam atau coklat, tapi mungkin gak sekarang. Soalnya kalo udah hitam tuh susah buat dibleachingnya, sedangkan aku masih pengen explore warna rambut aku, masih pengen nyoba-nyoba warna sih. Jadi belum kepikiran. Hehehe…

Kalo dicat lagi…. Warna Unicorn! Haha, aku pengen ngubah jadi unicorn gitu lucu dan aku juga belum pernah coba.

 

 

Genmuda: Makeup bagian apa yang paling kamu suka?

Janine: Bibir! Soalnya bibir aku tebel hahaha. Dulu tuh malah bibir aku lebih tebel dari sekarang, karena pas sekolah aku dibehel. Bahkan karena bibirnya maju banget aku jadi dibully sampe minta pindah sekolah sama orang tua, tapi sama mereka suruh tahan dulu.

Dan emang separah itu efek dari bullying tuh. Aku sampe sekarang masih inget sampe siapa aja yang ngatain aku. Tapi sekarang mereka kadang suka tiba-tiba ngehubungi aku lagi, jadi yaudah lah.

dok: Janine Intansari
dok: Janine Intansari

Nah, aku juga sering dibilang bibir aku disuntik lah, disedot pake lip sucker lah, padahal aku sama sekali gak melakukan itu. FYI, lip filler sama lip sucker itu lebih bahaya lip sucker loh. Karena kalo bibir kamu disedot gitu pake alat, ada kemungkinan darahnya itu menggumpal di situ dan malah ada yang sampe kayak meledak. Makanya aku sama sekali gak pake itu karena bibir ku udah tebel dari sananya.

 

Genmuda: Terus gimana cara nanggapin orang yang berpikiran ini itu soal makeup?

Janine: Awalnya sih aku biasa aja, tapi lama-lama kok orang-orang kayaknya mikir ‘kok bisa gitu banget’. Aku sampe pernah dikatain kayak pembantu kalo gak pake makeup. Emang apa yang salah gitu sama pembantu. Tapi orang-orang malah bisa dengan seenaknya ngejudge kayak gitu.

Aku pernah sampe yang sedih banget baca komentar-komentar di IG. Tapi setelah dinasehatin temen dan pacar, aku mikir gini, ‘Kalo ada 10 orang dan hanya 1 orang yang gak suka sama aku, –dan aku mikirin satu orang itu doang, kasian dong 9 orang lainnya padahal mereka sayang sama aku, tapi aku gak perhatiin dan anggep kasih sayang mereka.’

“Jadi sekarang kalo ada haters, aku gak peduli. Kalo ada komen-komen negatif di Instagram pun langsung aku block aja.”

 

Genmuda: Kamu kan anak desain animasi, terus kenapa gak jadi desain grafis aja? Ngerasa useless gak sih ilmu di DKV-nya?

Janine: Aku sebenernya udah pernah jadi desainer grafis gitu, pas magang di Jepang juga aku ngerjain kayak gitu. Tapi makin ke sini aku jadi ngerasa kalo passion aku ada di dunia makeup.

Aku sama sekali gak ngerasa kalo semua ilmu aku pas kuliah itu useless. Justru malah sangat berguna. Aku kan dulu belajar fotografi, belajar ngedit video, dan itu jadi kerjaan aku sekarang. Aku jadi bisa ngedit video buat di Youtube sendiri, meski sebenernya agak keteteran apalagi kalo lagi banyak acara.

Sebenernya pengen sih punya video editor khusus sendiri, tapi kayaknya gak sekarang. Kalo fotografer, paling aku pake pacar aku. Hehehe…

 

Genmuda: Nah kamu kan suka jalan-jalan, dimana sih tempat liburan favorit? Terus negara mana lagi yang pengen didatengi, dan siapa sih partner favorit jalan-jalannya?

Janine: Jepang dong! Aku tuh kan karena emang suka banget sama anime, makanya aku emang pengen ke Jepang. Sebenernya banyak banget negara tujuan, tapi kalo yang paling favorit dan aku pengen kesana lagi banget ya Jepang.

Aku juga mau ke Eropa, Afrika juga. Eh jangan salah loh, Afrika tuh bagus banget. Kalo di sini banyak binatang liar yang dikandangin gitu di kebun binatang, aku malah pengen kesana karena malah kita yang didalem mobil, dan mereka yang berkeliaran. Jadi, kayaknya seru banget aja kalo ke sana. Kalo partner favorit, jelas pacar aku.

 

Genmuda: Apa arti menjadi seorang beauty influencer buat kamu?

Janine: Sebagai beauty influence aku tentunya harus bisa meng-influence atau mempengaruhi yang lainnya buat seenggaknya kenal sama makeup. Aku sih seneng nunjukkin makeup aku ini. Kalo ada yang bilang aku beda banget saat sebelum makeup dan abis makeup, berarti bagus ya makeup aku. Dan aku mau terus berusaha buat selalu bikin konten-konten yang menarik buat semua orang.

©Genmuda.com/2017 Everlyn
Ini isi tas makeup Janine yang berhasil Genmuda.com kepoin ©Genmuda.com/2017 Everlyn

Genmuda: Pemerintah kan ada wacana buat menghapus beberapa media sosial, bahkan Youtube dan Instagram katanya akan dihapus. Gimana tanggapan kamu?

Janine: Hah serius? Aku malah gak tau loh. Eh parah banget ya kalo ditutup. Tapi bukan karena Instagram atau Youtube itu yang selama ini jadi ladang penghasilan aku, bukan.

Tapi menurutku bukan begitu caranya. Mungkin seharusnya orangnya yang menyebar kebencian di media sosial itulah yang ditindak, bukan dengan menutup media sosialnya. Menurutku sih itu bukan solusi yang bijak.

 

Genmuda: Tiga kata yang menggambarkan diri kamu?

Janine: Hm, apa ya. Energetic, unique and colorful.

 

Kemudian Janine dikasih ngejawab beberapa pertanyaan cepat dan pilihan dari Genmuda.com.

©Genmuda.com/2017 Everlyn
©Genmuda.com/2017 Everlyn

Genmuda: Rambut panjang apa rambut pendek?

Janine: Rambut pendek

 

Genmuda: Gak pake alis apa gak pake lipstik?

Janine: Gak pake soft lens! Haha. Soalnya aku paling gak bisa kalo gak pake soft lens, gak pede gitu. Pernah sempet iritasi sih, makanya sekarang aku mengurangi pake soft lens dan kemana-mana aku bawa kacamata.

 

Genmuda: Lip filler atau eyelashes extension?

Janine: Eyelashes extension. Soalnya bibir aku udah tebel jadi gak usah di filler lagi haha.

 

Genmuda: Cosplayer atau beauty influencer?

Janine: Beauty influencer.

 

Genmuda: Nude atau monochrome?

Janine: Nude

 

Genmuda: Jepang atau Korea?

Janine: Jepang dong!

©Genmuda.com/2017 Everlyn
©Genmuda.com/2017 Everlyn

Genmuda: Matte atau glossy?

Janine: Matte.

 

Genmuda: Matte atau Dewy?

Janine: Dewy.

 

Genmuda: Nikah muda apa nunggu siap?

Janine: Nunggu siap. Soalnya lagi nabung dulu hehe.

 

Genmuda: Satu lagi ya. Balikan sama mantan apa cari yang baru?

Janine: Hahaha. Balikan sama mantan aja deh. Tapi mantannya dia ya. (sambil nunjuk pacarnya).

 

Well, gitu deh Kawan Muda keseruan ngobrol bareng sama Janine Intansari. Kalo kamu kepo sama doi langsung aja follow Instagramnya. Doi sering loh, ngejawab langsung pertanyaan followers-nya seputar make-up. Siapa tau kamu bisa jadi beauty influencer selanjutnya! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.